icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Untung Besar! 15 Ide Usaha Modal 1 Juta dan Tipsnya
icon-lang
icon-lang

Untung Besar! 15 Ide Usaha Modal 1 Juta dan Tipsnya

By Tim Blog Amartha - 28 Nov 2023 - 3 min membaca

Banyak orang beranggapan, usaha dengan modal kecil tidak bisa memberikan keuntungan besar. Gara-gara anggapan yang keliru ini, banyak orang membatalkan niat berbisnis karena modalnya terbatas. Padahal, ada banyak pilihan usaha modal 1 juta rupiah yang bisa dicoba.

Apalagi di era digital saat ini, berbisnis online kecil-kecilan pun bisa memberikan keuntungan menjanjikan. Sehingga hanya dengan modal awal Rp1 juta saja, kamu sudah bisa merintis usaha sampingan.

15 Ide Usaha Modal 1 Juta Rupiah dan Tips Menjalankannya

Ingat, memulai bisnis itu harus bermodalkan ide yang kreatif. Kalau bisa, ide bisnisnya harus out of the box dan sesuai dengan modal yang dimiliki. Jika modal yang kamu punya berkisar di nilai 1 jutaan, ini dia beberapa ide usaha yang bisa dicoba:

1. Jasa Print

jasa print

Apakah kamu adalah mahasiswa yang punya printer sendiri di kosan? Jika iya, kamu bisa mencoba bisnis satu ini. Dengan modal Rp1 jutaan, kamu bisa menggunakannya untuk membeli kertas HVS dan tinta printer.

Jika printer tersebut sudah dilengkapi fitur scanner, cobalah untuk menawarkan jasa scanning sekaligus. Salah satu keuntungannya adalah bisnis ini sangat simpel untuk dijalankan dan punya peluang besar bagi para mahasiswa.

2. Jasa Pembuatan Hampers

Banyak orang mengira bahwa paket hadiah hanya dibutuhkan di hari-hari tertentu saja, misalnya hari raya. Padahal di hari-hari biasa juga ternyata banyak yang mencari hampers, misalnya untuk wisuda, pernikahan, atau untuk teman dan pacar.

Sebagai salah satu ide usaha modal 1 juta rupiah, kamu hanya membutuhkan dana untuk kotak, kertas kado, plastik, pita, keranjang hampers, selotip, atau kebutuhan kemasan lainnya. Untuk isi hampers, modalnya bisa diambil dari DP pembeli.

3. Jasa Pembuatan Buket

Masih berhubungan dengan hadiah, selanjutnya kamu bisa membuka jasa pembuatan buket bunga, boneka, atau snack. Sama seperti hampers, usaha buket tidak membutuhkan modal besar untuk mulai dieksekusi.

Kamu hanya butuh 1 jutaan untuk membeli kertas dan pita sebagai bahan merangkai buket. Isinya bisa bervariasi, bisa berupa bunga, boneka, snack, atau bahkan rangkaian buket berisi uang, tergantung pesanan pelanggan.

4. Jasa Dropshipping

jasa dropshipper

Apakah kamu pernah mendengar tentang mekanisme dropshipping? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu opsi usaha modal 1 juta rupiah yang mudah dan menarik untuk dicoba. Bahkan, bisa jadi kamu tidak butuh modal sama sekali.

Hal ini karena usaha dengan mekanisme dropship memudahkan pebisnis untuk berjualan tanpa harus menyetok dan memproduksi barang sendiri. Kamu hanya perlu menjual ulang produk dari supplier saja. Jadi, modal yang dimiliki bisa dipakai untuk beriklan online.

5. Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

Masih bingung ingin menentukan jenis jualan yang menguntungkan? Cobalah berjualan camilan atau makanan ringan! Salah satu keuntungan utamanya yaitu segmen pasarnya sangat luas.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, hampir semua orang menyukai camilan sebagai makanan selingan. Dengan modal sekitar 1 juta rupiah, kamu sudah bisa membuat aneka jenis camilan murah meriah seperti keripik singkong, keripik pisang, dan lain-lain.

6. Bisnis Kue Kering

Jika kamu punya hobi atau skill membuat kue, tidak ada salahnya kalau kamu memanfaatkan hobi tersebut sebagai sumber penghasilan. Modalnya tidak perlu besar, di awal kamu bisa membuat 1-2 toples saja dahulu.

Kemudian, coba tawarkan kepada teman-teman, keluarga, atau orang sekitar. Seiring bertambahnya pesanan, kamu bisa mulai menambah variasi rasanya. Biasanya, bisnis kue kering akan sangat diminati menjelang hari raya.

7. Usaha Minuman Kekinian

bisnis minuman

Selain bisnis makanan, selanjutnya kamu bisa mencoba berbisnis aneka minuman kekinian yang sedang tren di media sosial. Pastikan untuk memilih jenis minuman yang sedang banyak digemari.

Bahkan, kamu juga bisa mulai menciptakan tren minuman terbaru, misalnya dengan menjual kopi racikan sendiri. Modal yang dimiliki bisa dipakai untuk membeli botol kemasan dan bahan minumannya.

8. Bisnis Kaos Pre Order

Bisnis di bidang fashion memang tidak pernah redup. Salah satu alternatif usaha modal 1 juta di bidang fashion yang bisa kamu coba adalah berjualan kaos dengan sistem PO atau Pre Order.

Artinya, baju kaos tersebut hanya akan diproduksi kalau ada pemesan yang berminat saja. Nah, agar biaya produksinya semakin kecil kamu bisa menetapkan batas minimum pemesanan setiap kali membuka PO.

Baca Juga: Pasti Untung! 15 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Wajib Dicoba

9. Bisnis Aksesoris Wanita

Berikutnya, kamu bisa mencoba berjualan pernak-pernik atau aksesoris wanita, mulai dari aksesoris rambut maupun perhiasan seperti gelang dan kalung. Tidak perlu menjual aksesoris yang mewah supaya modalnya tidak besar.

Contohnya kamu bisa berjualan bando, anting-anting, jepit rambut, atau gelang dan kalung kekinian yang murah meriah tapi banyak disukai. Atau jika kamu bisa, cobalah untuk membuat atau merangkai aksesoris sendiri.

 10. Jasa Desain

Punya kemampuan di bidang desain grafis? Hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai ladang usaha yang menguntungkan. Kamu bisa menawarkan jasa desain konten media sosial, kaos, desain poster, dan lain-lain.

Modal yang dimiliki bisa kamu manfaatkan untuk berlangganan lisensi foto atau video untuk mengedit desain. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk membeli aplikasi desain premium.

11.  Jasa Menulis

young-writer-taking-notes.jpg

Ada banyak sekali jenis usaha digital yang bisa kamu tawarkan sebagai ide usaha modal 1 juta rupiah. Selain jasa desain, kamu bisa menawarkan jasa menulis dan dipasarkan secara online via website atau media sosial.

Kamu bisa menawarkan jasa menulis artikel ataupun jasa mengetik makalah dan tugas sekolah. Biasanya, banyak pemilik usaha digital yang butuh artikel untuk keperluan marketing. Selain itu, anak sekolah biasanya butuh jasa ketik untuk mengerjakan tugasnya.

 12. Bisnis Baju Preloved

Punya banyak baju yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai lagi? Kamu bisa coba menjualnya dengan harga menarik. Selain menggunakan baju milik sendiri, kamu juga bisa mencari baju lain dari teman atau keluarga.

Kemudian, modal yang dimiliki bisa dipakai untuk membeli gantungan baju atau untuk biaya promosi. Kamu juga bisa memakainya untuk berburu baju preloved dari penjual lain dengan harga murah, lalu menjualnya kembali.

13. Jasa Jahit Pakaian

AMF03076.jpg

Masih dari industri fashion, selanjutnya kamu bisa mencoba bisnis menjahit. Biasanya, banyak orang yang merasa kurang puas membeli baju sendiri karena tidak sesuai dengan selera mereka.

Terkadang, ada juga yang butuh jasa jahit pakaian untuk memperoleh pakaian yang sesuai dengan ukuran badan mereka. Nah, dengan modal 1 juta kamu bisa menyiapkan mesin jahit sederhana berikut benang, gunting dan alat penting lainnya untuk memulai jasa menjahit ini.

14. Jasa Cuci Sepatu

Ide usaha selanjutnya yang tidak butuh modal besar adalah jasa cuci sepatu. Modal yang kamu punya bisa dipakai untuk membeli peralatan mencuci dan deterjen atau pembersih khusus sepatu.

Tapi, kamu juga harus memiliki keahlian mencuci sepatu dengan teknik yang benar supaya sepatunya tidak rusak. Meski terlihat sepele, biaya jasa cuci sepatu umumnya cukup mahal, terutama kalau kamu menerima jasa mencuci sepatu branded.

15. Bisnis Bengkel Motor

bisnis bengkel motor

Bisnis bengkel motor masih menjadi salah satu usaha dengan peluang yang menggiurkan di tahun 2023. Pasalnya, motor merupakan jenis kendaraan yang memiliki banyak peminat dan pengguna di Indonesia. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaporkan bahwa total ada 152,51 juta kendaraan bermotor di Indonesia per Desember 2022. Dari jumlah tersebut, sebanyak 83,27% merupakan kendaraan motor. 

Data tersebut sudah bisa menjadi salah satu hal yang mendasari peluang besar dari bisnis bengkel. Bahkan di desa, sepeda motor merupakan moda transportasi yang paling umum digunakan. Nah, Anda bisa memanfaatkan ide  usaha modal 1 juta dengan membuka bisnis bengkel motor untuk melayani perbaikan dan perawatan sepeda motor untuk masyarakat sekitar. Selain itu, Anda juga dapat menjual spare part dan aksesoris motor sebagai produk tambahan.

Pinjaman Modal Usaha UMKM Bersama Amartha

Tak bisa dipungkiri, memang banyak sekali tantangan menjalankan usaha. Adakalanya pertumbuhan bisnis terhambat karena arus keuangan tidak lancar, serta kekurangan modal yang kian terjadi. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa dapatkan pinjaman modal usaha kelompok mingguan produktif dan pendampingan di Amartha. 

Pengajuan pinjaman modal usaha di Amartha itu mudah, aman, dan terpercaya, dengan cicilan ringan dan jangka waktu pengembalian hingga 50 minggu. Pencairan dana juga cepat tanpa potongan admin. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai pinjaman kelompok mingguan Amartha.

Artikel Terkait

usaha modal satu juta

Untung Besar! 15 Ide Usaha Modal 1 Juta dan Tipsnya

Tips Bisnis

5 Jenis Kerja Online di Rumah yang Menjanjikan Untukmu

Keuangan

Belum Dapat Kerja, Ini 5 Ide Bisnis Yang Bisa Dicoba Untuk Tambah Penghasilan

Ide Usaha Saat Imlek di Tengah Pandemi

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png