icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Pasti Untung! 15 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Wajib Dicoba
icon-lang
icon-lang

Pasti Untung! 15 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Wajib Dicoba

By Tim Blog Amartha - 22 Nov 2023 - 3 min membaca

Apakah bisa membuka usaha rumahan modal 50 ribu rupiah? Tentunya, banyak ide usaha modal kecil yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan menguntungkan.

Terutama mengingat kemajuan digital yang kini menjadi peluang usaha, sehingga hanya dengan gawai seperti smartphone serta laptop, kamu sudah bisa menjalankan usaha dan dapat untung dari rumah. 

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini kalau kamu ingin mendapatkan sumber penghasilan tambahan! Sejalan dengan hal ini, berikut berbagai ide usaha rumahan yang bisa kamu jalani hanya bermodalkan 50 ribu rupiah saja.

15 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Rupiah yang Wajib Dicoba

Bagi fresh graduate, ibu rumah tangga, maupun karyawan kantoran yang ingin menambah penghasilan, berbagai ide usaha modal 50 ribu rupiah di bawah ini populer dan diminati, sehingga keuntungan yang kamu dapat bisa berlipat ganda.

1. Les Privat

Ide usaha yang pertama adalah mengajar les privat dari rumah. Kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris hingga menguasai mata pelajaran seperti Matematika hingga Kimia, bisa memanfaatkannya dengan menjadi guru les privat.

Kamu bebas memilih jenjang murid yang ingin kamu ajar sesuai standar kemampuan. Jenjang tersebut akan mempengaruhi tarif mengajar per jam juga, sehingga bila ingin keuntungan yang lebih tinggi sebaiknya pilih murid di sekolah menengah atas atau mahasiswa.

2. Jasa Tulis dan Ketik

usaha modal satu juta

Selanjutnya, ada jasa tulis dan ketik yang bisa kamu modifikasi dengan menyediakan paket-paket menarik. Jasa tulis yang dimaksud bisa tulisan tangan atau menulis tulisan di media online, seperti artikel atau blog post.

Kamu pun bisa menawarkan jasa ketik untuk mahasiswa, seperti jasa ketik jurnal hingga jasa ketik makalah. Peminat dari jasa tulis dan ketik ini cukup tinggi, mulai dari pelajar hingga mahasiswa, sehingga peluang usahanya stabil karena akan selalu dibutuhkan.

3. Kedai Makanan dan Minuman

Usaha rumahan modal 50 ribu rupiah yang satu ini jadi  ide paling umum yang mudah menjalankannya. Kamu bisa menjual makanan ringan dan minuman kemasan, atau menjual kuliner kaki lima yang sedang viral.

Contohnya, mulai dari seblak, basreng, hingga bubble tea. Kamu bisa memanfaatkan 50 ribu rupiah untuk membeli bahan-bahan makanan dan minuman tersebut, sebab bahan utamanya adalah tepung yang relatif terjangkau.

4. Laundry Rumahan

Opsi usaha berikutnya adalah laundry rumahan yang bisa mencuci pakaian, selimut, handuk, keset, hingga sepatu. Bahkan, kamu bisa menawarkan jasa laundry untuk mencuci helm juga. Tinggal pilih fokus laundry yang ingin kamu lakukan! 

Alternatif lain, kamu bisa juga mengadakan laundry serba ada yang menerima permintaan cuci dan setrika selain pakaian.

Kamu bisa memanfaatkan usaha rumahan modal 50 ribu untuk membeli peralatan laundry yang dibutuhkan, seperti cairan pembersih atau deterjen, sikat, hingga lap kanebo.

5. Cuci Motor dan Mobil

Kamu bisa membuka tempat cuci motor dan mobil sebagai usaha rumahan modal 50 ribu rupiah. Potensi pelanggannya adalah tetangga di sekitar rumah. 

Peralatan yang perlu kamu siapkan mulai dari spons, deterjen khusus, microfiber, lap kanebo, hingga selang air. Sediakan pula ruang untuk mencuci kendaraan, bisa garasi atau halaman rumah.

6. Jasa Jahit Pakaian

AMF03076.jpg

Bila kamu memiliki keahlian menjahit, ditambah ada mesin jahit menganggur di rumah, maka membuka jasa jahit pakaian adalah opsi usaha rumahan yang menarik untuk dicoba. 

Sebab, kebutuhan jasa jahit selalu dibutuhkan ketika terdapat pelanggan yang ingin reparasi pakaian hingga mengecilkan ukuran pakaian.

7. Jasa Potong Rambut

Memotong rambut saat ini bukanlah hanya sekedar kebutuhan, tetapi sudah menjadi gaya hidup untuk mengikuti tren. Sehingga pelanggan yang akan menggunakan jasa ini pastinya akan terus ada.

Jasa potong rambut bisa dilakukan cukup mudah dilakukan asalkan kamu memiliki tekat kuat untuk belajar dan uptodate mengenai tren. Jasa potong rambut ini juga merupakan bisnis yang cocok untuk pemula.

Peralatan yang diperlukan cukup mudah diperoleh dan bahkan diantaranya mungkin sudah kamu miliki di rumah, seperti gunting, sisir, dan hairdryer. Bisnis ini bisa kamu lakukan sebagai selingan ataupun dikembangkan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 20 Ide Usaha di Kampung Modal Kecil Beserta Keuntungannya

8. Jual Produk Handmade

Kamu bisa memanfaatkan keterampilan dan kreativitas dengan menjual produk buatan tangan, atau handmade, yang menerapkan konsep DIY (do it yourself) agar lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

Kamu dapat membuat produk menarik seperti buket bunga hingga kotak tisu dari bahan daur ulang seperti botol plastik. 

9. Layanan Penitipan Hewan Peliharaan

Kamu bisa menyediakan layanan penitipan hewan sebagai usaha rumahan modal 50 ribu rupiah yang menguntungkan. Ini menjadi peluang usaha yang memiliki pasar tersendiri, sebab para pemilik hewan yang bekerja seringkali meninggalkan peliharaannya tanpa pengawasan.

Ambil peluang tersebut dengan membuka tempat penitipan hewan di rumah, dengan durasi tertentu serta layanan seperti pemberian makan dan minum.

10. Konter Pulsa

mendapatkan passive income

Kebutuhan akan pulsa tidak pernah surut, mengingat pulsa dibutuhkan untuk mengaktifkan paket internet hingga berkomunikasi via telepon dan SMS. 

Untuk membuka konter pulsa di rumah, daftar terlebih dahulu ke penyedia pulsa yang legal. Setelah itu, lakukan promosi kepada keluarga hingga teman. Jadi, kamu punya calon pelanggan tetap untuk usaha tersebut.

11. Jual Item Preloved

Apabila kamu memiliki barang-barang yang masih dalam kondisi prima namun sudah tidak dipakai lagi, atau preloved, maka menjualnya kembali bisa menjadi usaha menguntungkan. 

Contoh barang-barang preloved yang umumnya dijual mulai dari baju, celana, tas, hingga buku. Kamu bisa membuka lapak di rumah, atau menjualnya secara online di e-commerce seperti OLX, Carousell, hingga Shopee. 

12. Jual Tanaman Hias

Tren mengoleksi tanaman hias yang viral semasa pandemi kini masih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan hobi mengoleksi tanaman hias memiliki sederet manfaat, seperti jadi pelepas stres hingga mempercantik suasana rumah.

Kamu bisa membeli bibit tanaman hias untuk ditumbuhkan dan dijual ke para pecinta tanaman hias. 

13. Rental Game

Jika kamu adalah gamer dan memiliki sejumlah kaset game konsol, menyewakannya menjadi pilihan usaha rumahan untuk kamu coba. 

Peminat game konsol yang dimainkan melalui kaset cukup banyak, namun harga kaset yang cukup tinggi membuat orang lebih memilih pergi ke rental saja. Jadi, coba buka rental game di rumah dan tetapkan tarif yang wajar menyesuaikan popularitas game!

14. Menjadi Dropshipper

jasa dropshipper

Usaha dari rumah dengan modal minim satu ini juga telah berlangsung cukup lama. Dropshipper berarti kamu menjadi perantara antara supplier dan konsumen, dengan menjadi penjual yang mempromosikan produk saja tanpa harus stok produk.

15. Menjadi Reseller

Serupa dengan dropshipper, namun perbedaannya terletak di stok barang yang kamu pegang sendiri. Kamu bisa menerapkan sistem pre-order produk agar tidak harus mengeluarkan modal besar di awal. 

Reseller pun umumnya bisa mendapat harga produk lebih murah dari supplier. Jadi ketika dijual kembali, keuntungannya didapat dari selisih harga yang berlaku.

Inilah deretan lima belas usaha rumahan modal 50 ribu rupiah yang bisa menjadi cara mendapatkan sumber penghasilan tambahan yang mudah untuk dicoba.

Pinjaman Modal Usaha UMKM Bersama Amartha

Tak bisa dipungkiri, memang banyak sekali tantangan menjalankan usaha. Adakalanya pertumbuhan bisnis terhambat karena arus keuangan tidak lancar, serta kekurangan modal yang kian terjadi. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa dapatkan pinjaman modal usaha kelompok mingguan produktif dan pendampingan di Amartha. 

Pengajuan pinjaman modal usaha di Amartha itu mudah, aman, dan terpercaya, dengan cicilan ringan dan jangka waktu pengembalian hingga 50 minggu. Pencairan dana juga cepat tanpa potongan admin. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai pinjaman kelompok mingguan Amartha.

Artikel Terkait

cara usaha sukses

10 Cara Usaha Sukses dan Berkembang Pesat

Tips Bisnis
usaha telur ayam

Usaha Telur Ayam: Peluang, Cara Bisnis, dan Tipsnya

Tips Bisnis
Usaha Ternak Ayam

Rincian Modal Usaha Ternak Ayam Kampung untuk Pemula

Tips Bisnis
modal usaha sembako

Berapa Modal Usaha Sembako? Berikut Rinciannya

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png