TENTANG AMARTHA



Cerita tentang kami berawal dari sebuah Lembaga Keuangan Mikro yang bertujuan untuk menjembatani pelaku usaha di pedesaan yang memiliki keterbatasan untuk mendapatkan permodalan

Sekarang melalui FinTech kami memodernisasi pembiayaan mikro dengan membangun platform peer-to-peer lending (P2P) dilengkapi sistem credit scoring untuk menganalisa kelayakan calon peminjam. Melalui P2P, kami menghubungkan pelaku usaha mikro di sektor ekonomi informal langsung dengan pemberi modal.

Kami percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memulai dan mengembangkan usaha, termasuk bagi mereka yang memiliki berbagai keterbatasan atau tidak memiliki kelayakan untuk mendapat akses layanan perbankan.

Ekonomi Informal


Sektor usaha informal banyak dilakukan oleh masyarakat berpendidikan rendah, bermodal kecil dan prasejahtera tanpa akses ke layanan keuangan. Di sisi lain sektor ini merupakan pemberi kerja bagi lebih dari 99 juta rakyat Indonesia.

Credit Intelligence System


Marketplace kami dilengkapi algoritma khusus sehingga credit scoring yang diberikan akan mencerminkan profil risiko dari calon peminjam. Pendekatan teknologi kami memastikan investor memiliki informasi yang lengkap dan menyeluruh sebelum membuat keputusan berinvestasi.

Impact Investing


Investasi Anda akan disalurkan langsung ke pelaku usaha mikro sehingga mereka memiliki kesempatan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Tim lapangan kami hadir mendampingi setiap peminjam sehingga investasi anda aman sekaligus menciptakan impact bagi masyarakat.

Kinerja Amartha


Selama 6 tahun kami sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp. 52 miliar kepada 27,000 lebih pengusaha dan 99.95% angsuran lancar.

PRINSIP PEMBIAYAAN



Amartha

MENCEGAH BEBAN HUTANG BERLEBIH

Amartha

SISTEM BAGI HASIL/MARGIN YANG BERTANGGUNG JAWAB

Amartha

TRANSPARAN


Amartha

KEADILAN BAGI PEMINJAM DAN INVESTOR

Amartha

KERAHASIAAN DAN KEAMANAN DATA

Amartha

KETEPATAN WAKTU MERESPONS DAN BANTUAN

SURAT DARI FOUNDER AMARTHA



Halo,

Bermula pada 2009, saya bertemu dengan seorang ibu paruh baya yang tinggal di Desa Ciseeng, Bogor. Warung kelontongnya terpaksa tutup karena seluruh uang yang ia miliki habis untuk pengobatan anaknya. Ibu tersebut membutuhkan Rp 500.000 untuk kembali membuka warung kecilnya. Saya meminjamkan dengan kesepakatan bahwa ia akan mengembalikan beserta bagi hasil dari keuntungan usaha. Ia setuju.

Saya memutuskan untuk mengawali proyek di Desa Ciseeng dimana mayoritas penduduk tidak memiliki akses layanan perbankan dan rentan ada praktik rentenir yang membebankan hutang hingga dua kali lipat. Proyek awal tersebut membuat saya semakin yakin bahwa dengan menyediakan modal bagi masyarakat pedesaan dan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dapat membuat sebuah perusahaan berkelanjutan bagi kehidupan masyarakat prasejahtera. Berjalan dari pemikiran tersebut, Amartha resmi didirikan April 2010.

Pengalaman berharga dengan melayani lebih dari 20.000 anggota, mengajarkan kami untuk menjembatani kesenjangan sosial seharusnya menjadi sebuah gerakan dimana semua orang dapat berpartisipasi untuk memberdayakan sesama. Pemikiran ini yang mendorong Amartha bertransformasi dari lembaga keuangan mikro menjadi peer-to-peer lending.

Salam ekonomi inklusif,

Andi Taufan Garuda Putra

TIM KAMI



Tim Amartha terdiri dari para profesional muda serta lulusan universitas-universitas terbaik di dunia yang memiliki keahlian dan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing. Pada setiap anggota tim kami, terdapat antusiasme dan passion yang sama yaitu ingin turut serta berkontribusi menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

PENGHARGAAN