icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Tips di Tempat Bekerja: Cara Ciptakan Lingkungan kerja yang Positif dan Produktif
icon-lang
icon-lang

Tips di Tempat Bekerja: Cara Ciptakan Lingkungan kerja yang Positif dan Produktif

By Team Amartha Blog - 18 Nov 2021 - 3 min membaca

Tips di Tempat Bekerja untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Positif

Produktivitas di tempat kerja erat kaitannya dengan lingkungan yang positif. Namun, tidak semua karyawan berhasil menciptakan lingkungan kerja yang positif. Nah, bagi yang ingin memiliki lingkungan kerja positif, berikut kami paparkan tips di tempat bekerja agar bisa mewujudkan lingkungan yang nyaman.

1.   Jangan Pernah Ragu untuk Bertanya

Sumber Foto: iStockphoto

Bertanya tidak hanya sekedar tips di tempat bekerja yang baru saja. Bertanya juga penting untuk kamu yang sudah lama bekerja di suatu perusahaan. Contohnya pada saat rapat atau proyek, kemudian bertanyalah jika ada yang tidak kamu mengerti.

Pertanyaan tidak hanya sekedar dalam konteks komunikasi pribadi dengan rekan kerja saja. Namun, bertanya juga menjadi bagian penting di dalam aktivitas bekerja agar pekerjaan kamu tidak tersendat karena ketidaktahuan terhadap suatu urusan atau pekerjaan.

2.   Selalu Respect Terhadap Rekan Kerja

Sumber Foto: Unsplash

Sikap hormat tidak hanya harus kamu tunjukan kepada atasan saja. Menunjukkan rasa hormat atau respect merupakan cara bersikap di tempat kerja agar lingkungan tempat kamu bekerja menjadi positif.

Di lain sisi, respect juga merupakan salah satu sikap profesionalitas di tempat kerja. Tunjukan rasa hormat kamu kepada setiap orang yang ada di kantor tanpa memandang apa jabatan mereka.

3.   Selalu Menghargai Pencapaian Rekan Kerja

Sumber Foto: Pexels

Cara membuat tempat kerja nyaman berikutnya adalah menghargai prestasi atau pencapaian yang diraih oleh rekan kerja. Tunjukan rasa bangga terhadap rekan kerja yang berhasil meraih suatu prestasi di tempat kerja. Jangan lupa juga untuk mengucapkan “selamat” saat mereka meraih pencapaian tertentu.

Saat kamu menghargai pencapaian orang lain, maka yakinlah bahwa orang lain tersebut juga akan melakukan hal yang sama kepadamu. Cara ini bahkan bisa menjadi ‘jembatan’ untuk berteman dan mengenal satu sama lain lebih dekat.

Baca Juga: Viral Anak Magang Digaji 100 Ribu Sebulan. Gimana Aturan Kerja Anak Magang?

4.   Sabar Menjadi Kunci Sukses di Tempat Kerja

Sumber Foto: Pexels

Sabar adalah tips di tempat bekerja berikutnya. Setiap rekan kerja memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang membuat kita nyaman dan ada juga yang terkadang membuat kita jengkel. Kunci sukses untuk menghadapi mereka yang membuat kita jengkel hanya kesabaran.

Jangan pernah menanggapi rekan kerja yang membuat kamu sering jengkel. Karena pada saat kamu ribut dengan rekan kerja yang menjengkelkan, mood kamu saat bekerja akan langsung hilang.

5.   Menyelesaikan Masalah secara Cepat

Sumber Foto: Freepik

Masalah yang kami maksud di sini tidak hanya sekedar masalah pekerjaan saja. Termasuk juga masalah-masalah pribadi kamu dengan rekan kerja. 

Agar bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif, kamu harus bisa menyelesaikan semua permasalahan tersebut secepatnya.

Selain itu, hindari juga masalah-masalah yang datang dari pekerjaan maupun rekan kerja. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif. Selain itu, lingkungan kerja yang bermasalah juga akan membuat kamu mudah stres.

6.   Selalu Menjaga Komunikasi dengan Baik

Sumber Foto: Pexels

Komunikasi juga merupakan salah satu kunci sukses agar lingkungan kerja menjadi lebih positif. Menjaga komunikasi tidak hanya sekedar antara kamu dan atasan saja. Kamu juga harus menjaga komunikasi dengan rekan kerja maupun bawahan dengan baik.

Komunikasi yang baik juga bisa mencegah berbagai kesalahpahaman yang kerap terjadi antara atasan dan bawahan. Selain itu, komunikasi yang baik juga akan menjaga hubungan kamu dengan rekan kerja yang lain berjalan lancar.

Dengan tips di tempat bekerja di atas, sedikit banyaknya kini kamu tahu harus melakukan apa saat berada di lingkungan kerja. Nah, pastikan kamu menyisihkan pendaptanmu untuk dana darurat di kemudian hari.

Siapkan dana darurat dengan mengalokasikannya ke P2P Lending Amartha. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan setiap mendanai mitra usaha. Yuk daftar sekarang!

Tags:

Artikel Terkait

what is the digital economy

What is the Digital Economy? Learn How Digitalization is Making SEA an Engine of Growth!

role of entrepreneurship

The Role of Entrepreneurship: Driving Economic Transformation in Emerging Markets

women's financial inclusion

How Women's Financial Inclusion Can Transform Their Lives

value creation

A Value Creation Comes by Scaling Impacts through Innovation & Transformation

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png