icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 10 Wanita Inspiratif Yang Bangun Bisnis Startup di Indonesia
icon-lang
icon-lang

10 Wanita Inspiratif Yang Bangun Bisnis Startup di Indonesia

By Team Amartha Blog - 12 Aug 2022 - 3 min membaca

Kata siapa jika dunia startup hanya dapat didominasi oleh laki-laki, wanita juga dapat sama besarnya dalam berkontribusi pada lingkungan ini. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya wanita inspiratif yang berkecimpung di dunia bisnis Indonesia.

Sebagian produk inspiratif mereka sudah familiar di telinga kamu. Berikut ini 10 daftar wanita dalam bisnis startup Indonesia yang dapat menginspirasi:

1.Veronika Linardi (Qerja)

Wanita satu ini menjadi “otak” di balik situs informasi gaji dan mencari kerja bernama Qerja. Veronika Linardi mengambil kesempatan dengan menciptakan kemudahan masyarakat Indonesia untuk mencari kerja dan membahas persoalan gaji. Bisnis startup ini menjadi lebih efisien dan banyak digunakan oleh para milenial.

2. Diajeng Lestari (HijUp)

Kamu mungkin familiar dengan e-commerce HijUp yang menjadi platform busana muslim dan muslimah sejak 2011. Pendirinya adalah wanita hebat bernama Diajeng Lestari, yang mana saat ini sudah mengembangkan bisnisnya ke berbagai negara, seperti Malaysia, India dan 50 negara lainnya.

3. Mesti Ariotedjo (WeCare.id)

Salah satu wanita inspiratif Indonesia di balik startup WeCare.id adalah Mesti Ariotedjo yang merupakan seorang dokter. Pada tahun 2015, ia mendirikan startup ini yang tujuannya adalah untuk mengumpulkan dana bagi pasien dengan keterbatasan finansial. Pada tahun 2020, dana yang terkumpul sudah lebih dari Rp 8 miliar dan sebanyak 400 unit kesehatan sudah terbantu dengan ini.

4. Amanda Cole (Sayurbox)

Kamu mungkin sudah familiar dengan platform yang satu ini. Ya, Sayurbox adalah platform yang bertujuan untuk memudahkan untuk membeli sayuran segar tanpa harus ke pasar. Pendirinya adalah wanita hebat bernama Amanda Cole. Sayurbox tidak hanya membantu kamu dalam mudahnya order sayuran, tujuan utama platform ini adalah membantu petani yang kesulitan menjual hasil tanamannya.

5. Catherine Hindra Sutjahyo (Zalora)

Platform Zalora tentu sudah terkenal dan dekat di masyarakat yang hobi berbelanja baju dan berbagai outfit lainnya. Catherine Hindra Sutajhyo menjadi wanita inspiratif di balik platform tersebut. Zalora menjadi pusat belanja busana terbesar sejak tahun 2022. Pelanggannya tidak hanya datang dari Indonesia, tetapi juga dari negara Singapura dan banyak lainnya.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Menjadi Womenpreneur di Usia Muda

6. Hanifah Ambadar (Female Daily)

Buat kamu yang suka review skincare di website dan platform Female Daily, kamu harus tahu terlebih dahulu siapa wanita di baliknya. Hanifah Ambadar memulai bisnisnya dari bentuk forum pada tahun 2005. Saat ini, Female Daily sudah menjadi salah satu platform terbesar yang digunakan oleh wanita di seluruh Indonesia dalam hal kecantikan, hobi, pola asuh dan sebagainya.

7. Cynthia Tenggara (Berrykitchen)

Berrykitchen merupakan bisnis katering online pertama di Indonesia, yang mana didirikan oleh Cynthia Tenggara. Saat ini, pelanggan Berrykitchen sudah meluas dari para pekerja kantor atau ibu rumah tangga yang ingin memberikan makanan sehat kepada anaknya.

8. Leonika Sari (Reblood)

Aplikasi Reblood yang berfungsi untuk berbagi informasi tentang donor darah merupakan buatan wanita yang menginspirasi, yaitu Leonika Sari. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mengatasi masalah kekurangan kantong darah di Indonesia, serta meningkatkan jumlah para pendonor.

9. Nabilah Alsagoff (Doku)

Nabilah Alsagoff menjadi wanita di balik aplikasi payment bernama Doku. Kamu tentu pernah mendengar aplikasi satu ini ketika berjalan-jalan di mall atau makan di restoran. Founder aplikasi ini adalah seorang wanita yang sudah mendirikan bisnisnya sejak tahun 2005.

10. Fransiska Hadiwidjana (Prelo)

Platform startup Indonesia Prelo menjadi tempat untuk kamu yang ingin menjual barang preloved dengan mudah. Aplikasi ini dibuat oleh wanita hebat bernama Fransiska Hadiwidjana. Fokus bisnis pada aspek preloved atau barang bekas membuat aplikasi ini banyak membantu masyarakat Indonesia. 10 sosok wanita inspiratif di atas dapat menjadi contoh bagi kamu yang ingin mulai membangun bisnis.

Semangat wanita-wanita inspiratif di atas untuk menjadi womenpreneur, sama dengan ratusan ibu mitra dan perempuan tangguh di Amartha. Jadi, yuk kita dukung mitra Amartha untuk mengembangkan bisnisnya dengan melakukan pendanaan dengan menjadi lender mulai dari 100 ribu aja.

Tak hanya berdampak positif, di microfinance marketplace Amartha, kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kamu juga tak perlu khawatir, karena Amartha sudah resmi berizin dan diawasi oleh OJK sehingga modalin pasti lebih aman dan nyaman.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Cara Membuat Surat Izin Usaha Kecil Secara Online

Tips Bisnis

Mudah! Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Pemula

Tips Bisnis

Ingin Kerja di Startup? Yuk, Ketahui Dulu Plus Minusnya

Gaya Hidup

Lingkungan Bisnis: Pahami Pengertian dan Jenisnya

Banyak Startup Besar Gagal di RI, Ternyata Ini Alasannya!

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png