icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM dengan Cepat!
icon-lang
icon-lang

Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM dengan Cepat!

By Team Amartha Blog - 24 Oct 2022 - 3 min membaca

Membangun bisnis sendiri memang bukan merupakan hal yang mudah, ini pula yang dirasakan oleh pelaku bisnis UMKM. Permasalahan utama yang kerap menghalangi pendirian sebuah bisnis adalah kurangnya modal usaha UMKM. Nyatanya, banyak jenis bisnis yang bisa dikelola dengan modal yang terbatas. 

Walaupun demikian, jika memiliki modal yang cukup tentu akan membuat kamu bisa lebih berinovasi sehingga bisnis cepat berkembang.

3 Cara Memperoleh Modal Usaha UMKM

Untuk bisa mendapatkan modal usaha dengan cepat, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini. 

1. Gunakan Tabungan Pribadi

Cara mendapatkan modal usaha kecil yang paling cepat dan aman adalah dengan menggunakan tabungan sendiri. Banyak pelaku usaha yang mempunyai tabungan bisnis yang suatu saat bisa digunakan untuk membangun bisnisnya. Hanya saja, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi mengingat besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah bisnis. Keuntungannya, kamu tidak perlu pusing harus menyisihkan uang untuk membayar hutang ke pihak lain. 

2. Menjual atau Menggadaikan Aset

Jika tidak memiliki tabungan atau nilainya masih kecil, cara berikutnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menjual harta pribadi. Bisa berupa perhiasan, kendaraan, barang elektronik, dan sebagainya. 

Jika tidak ingin kehilangan aset pribadi tersebut, kamu bisa menggadaikannya. Ini merupakan alternatif lain untuk mendapatkan pinjaman modal usaha UMKM. Hanya saja, modal dari menggadaikan aset tidak sebesar jika aset tersebut dijual. 

3. Mengajukan Pinjaman 

Cara lain mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman yang bisa dilakukan ke beberapa platform, antara lain:

  • Ke Pemerintah

Dalam rangka memulihkan ekonomi nasional, pemerintah memberikan bantuan modal usaha bagi UMKM melalui program BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro). Untuk bisa mendapatkan bantuan ini, kamu harus menjalani prosedur mulai dari menyiapkan semua data yang diperlukan, mengisi formulir, hingga mengecek status melalui permohonan situs https://eform.bri.co.id/bpum

  • Ke Microfinance Marketplace

Cara mendapatkan modal usaha UMKM berikutnya adalah dengan  mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan melalui microfinance marketplace. Yaitu platform online yang menghubungkan antara lenders dengan para peminjam. Proses pengajuan dana di platform ini relatif cepat dan bisa diajukan dari mana saja dan kapan saja. Namun ingat, pilihlah microfinance marketplace yang sudah mendapat izin resmi dari OJK. 

  • Ke E-Commerce dan Dompet Digital

Platform e-commerce saat bukan hanya tempat untuk berjualan online, begitu pula dompet digital bukan hanya sebagai alat untuk transaksi pembayaran. Fungsi lain dari kedua platform ini adalah sebagai tempat untuk mengajukan pinjaman modal usaha bagi penggunanya. 

Ini merupakan tren baru untuk mendapatkan modal usaha UMKM 2022 yang cocok untuk pinjaman jangka pendek. Kamu bisa memanfaatkan pinjaman ini untuk biaya operasional, seperti membayar paket data dan pulsa, membayar tagihan listrik, dan lain-lain.   

  1. Ke Kredit Tanpa Agunan

Satu lagi platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan modal bisnis, yaitu ke KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang banyak dijumpai di beberapa bank dan lembaga pembiayaan resmi lain. Walaupun menyediakan pinjaman tanpa harus menyediakan barang jaminan, namun kamu harus cermat dengan syarat yang ditetapkan oleh lembaga KTA tersebut. Misalnya, dengan memperhatikan sistem pembungaan yang diterapkan, periode bunga yang dikenakan, dan lain sebagainya.  Itulah ketiga cara yang praktis dan cepat untuk mendapatkan modal usaha.

Jika kamu berencana mengumpulkan dana untuk modal bisnis, kamu bisa juga mulai untuk meningkatkan jumlah tabungan dengan melakukan pendanaan di Amartha. Selain membantu orang lain yang membutuhkan modal usaha UMKM, sebagai lender atau pemberi modal kamu bisa mendapatkan imbal hasil sebesar 15% flat per tahun. Menarik bukan?

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Amartha Housewarming Party Bertajuk Amartha Village: “New Home, Stronger Growth”

Galeri Acara
pemberdayaan perempuan

Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

Tentang Amartha

Weekend Berdampak Nyata dengan Dukung UMKM Berdaya

Promo Pendana

Kenali Investasi dan Caranya Melalui Amartha Earn!

Produk Terbaru Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png