icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Waspada! 9 Daftar Investasi Bodong, Cek Yuk!
icon-lang
icon-lang

Waspada! 9 Daftar Investasi Bodong, Cek Yuk!

By Team Amartha Blog - 10 Dec 2022 - 3 min membaca

Semua masyarakat tentu harus menghindari investasi ilegal yang bisa menyebabkan kerugian secara finansial. Sebab, kemunculan berbagai investasi bodong terus bermunculan di era digitalisasi seperti saat ini. Dalam hal ini Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus gencar melakukan penertiban terhadap investasi ilegal. Berikut 9 daftar investasi bodong yang perlu kamu waspadai!

Daftar Investasi Bodong Tahun 2022

1. PT. Zoelfie Investasi Consultant

PT. Zoelfie Investasi Consultant adalah salah satu daftar investasi bodong OJK. Merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan bisnis dan UMKM di Indonesia. Perusahaan ini melakukan kegiatan manajer investasi dan perdagangan berjangka komoditi tanpa mengantongi izin dari OJK.

2. PT. One More International

Perusahaan ini memiliki duplikasi dari nama PT. One More International Asia atau PT. One More International Indonesia  dan memiliki situs https://onemoreinternational.co.id. Adapun praktik yang kegiatan usaha yang dihentikan yaitu penawaran investasi tanpa izin dari OJK.

3. Galaxy Mine Digital Advertising Money

Daftar investasi bodong selanjutnya adalah Galaxy Mine Digital Advertising Money yang merupakan aplikasi money game dengan modus menonton iklan dan mendapatkan komisi mulai dari 20% hingga 40%.

4. Scventures

SCVentures atau Standard Chartered Venture adalah layanan keuangan dan investasi yang memiliki situs www.scventuresvip.com. Perusahaan ini adalah salah satu jenis investasi bodong money game dengan modus perdagangan berupa aset kripto.

5. SFIN

Diketahui, situs https://sales-finance.com/JceICh atau SFIN adalah salah satu investasi money game bodong yang mengiming-imingi penggunanya dengan keuntungan mulai dari 8% hingga 30% per harinya.

6. Wue.cc

Selanjutnya terdapat situs money game yang perlu kamu waspadi yaitu https://wue.cc/. Website ini melakukan praktik money game dengan iming-iming imbal hasil sebesar 3% per hari dan bonus referral sebanyak 6% setiap harinya.

7. SharePay

Website https://SharePay.work adalah situs dari SharePay yang menjalankan praktik money game dengan imbal hasil 10 - 15 US Dollar. 

8. PT. Eklanku Indonesia Cemerlang

PT. Eklanku Indonesia Cemerlang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Financial Technology Marketplace yang menyediakan layanan pembayaran digital. Aplikasi marketplace ini menggunakan skema berjenjang yang tidak memiliki izin dari OJK.

9. Digipay

Duplikasi Digipay pada situs http://digipay.atwebpages.com/ juga perlu kamu waspadai karena terbukti sebagai salah satu daftar investasi bodong di Indonesia. Situs ini merupakan penyelenggara dompet digital yang tidak memiliki kantong izin dari OJK.

Baca Juga: Berikut 5 Investasi yang Aman dari Inflasi Tinggi

Waspada Investasi Bodong!

Dari 9 daftar investasi ilegal yang dikeluarkan dari pihak OJK tersebut, kita perlu mewaspadai agar tidak merugikan banyak pihak. Terlebih jika kamu berencana ingin menginvestasikan dana dalam jumlah besar, tentu kamu harus berhati-hati dalam memilih lembaga investasi. Adapun kiat menghindari investasi bodong bisa kamu lakukan dengan cara seperti berikut:

1. Cek Perizinan Lembaga Investasi

Langkah pertama, kamu perlu memastikan apakah lembaga investasi tersebut telah mengantongi izin resmi. Setidaknya, lembaga tersebut harus memiliki izin dari OJK, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Koperasi dan UKM.

2. Keuntungan Besar dan Tidak Masuk Akal

Selanjutnya, jangan mudah  diiming-imingi seperti mendapatkan jaminan untung besar. Kamu juga perlu mewaspadai jika terdapat lembaga investasi yang menjamin tidak memiliki risiko kerugian dan keuntungan tidak masuk akal.

3. Rencanakan Investasi yang Jelas

Pastikan kamu merencanakan investasi yang jelas dan sesuai profil risiko dengan melakukan riset sebanyak mungkin terkait literasi keuangan. Rencanakan investasi kamu secara terukur agar terhindar dari penipuan dari oknum-oknum investasi bodong.

Dari beberapa daftar investasi bodong di atas, kini kamu dapat berinvestasi dengan aman bersama Amartha. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam layanan modal usaha UMKM di Indonesia, Kamu bisa berinvestasi dengan mudah untuk memajukan pelaku UMKM di pedesaan agar lebih sejahtera!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Tips Hemat Anak Kost

6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

Keuangan
risk dan return

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Tentang Amartha

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png