icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Selain Gaji. Ini Tipsnya!
icon-lang
icon-lang

5 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Selain Gaji. Ini Tipsnya!

By Team Amartha Blog - 16 Dec 2022 - 3 min membaca

Bila kamu bekerja sebagai karyawan, pekerjaan penuh waktu tersebutlah yang menjadi sumber penghasilan aktif sekarang ini. Namun, walaupun sudah mempunyai pekerjaan, tidak jarang masih ada yang ingin uang tambahan selain gaji. Apakah kamu juga demikian? 

Dengan kemajuan jaman, cara mendapatkan uang selain dari gaji dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan, hanya dengan bermodalkan jaringan internet, kamu bisa memperoleh uang tambahan tersebut.

Cara Mendapatkan Uang Tambahan Selain Gaji

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan selain dari gaji, antara lain:

1. Berjualan Foto Serta Video secara Online

Jika kamu suka mengambil gambar dan video, kamu bisa menjual fotomu secara online. Sembari menjalankan hobimu, kamu juga bisa mendapatkan uang. Banyak pemilik bisnis maupun perusahaan yang memerlukan konten stok untuk kebutuhan marketing, iklan hingga websitenya. 

Para pembeli juga terus menerus mencari konten yang unik, dan fresh agar dapat menggaet pelanggan lebih banyak. Cara mendapatkan uang tambahan selain gaji ini bisa dilakukan dengan membuat web fotografi kemudian menjual foto di sana. Kamu juga bisa mendaftar ke sejumlah marketplace serta mengupload konten digital. 

2. Tester Website

Cara mendapatkan penghasilan tambahan harian lainnya juga bisa dengan menjadi tester website. Jika kamu tertarik dengan web development serta web design, lebih baik jangan menyia-nyiakan begitu saja. Pekerjaan ini bisa dilakukan sebagai freelancer serta bisa menghasilkan cuan yang sangat cepat. 

Namun, jika ingin menggeluti profesi ini, kamu harus memiliki kemampuan berpikir yang logis dan kritis. Selain itu kamu juga harus memiliki skill komunikasi, dan pengetahuan yang baik mengenai desain dan fungsi website. 

Biasanya, sistem pembayarannya berbasis proyek, kemudian tarif yang akan kamu dapatkan bergantung dari metode testing serta kebijakan pasar. Biasanya, user testing akan memberikan pembayaran mulai dari 4 hingga 120 dollar per test. 

Baca Juga: Mau Dapat Penghasilan? Ini Dia Hobi yang Menghasilkan Uang

3. Membuat Blog

Cara lain mendapatkan uang tambahan bagi karyawan yang lainnya adalah membuat blog. Blogging merupakan cara memperoleh uang secara online yang sangat cocok bagi kamu yang memiliki keahlian menulis. 

Banyak orang yang membuat blog untuk sekedar curhat, bahkan membagikan pengalamannya. Kamu bisa membuat blog tentang apa yang kamu sukai. Kemudian jika sudah memiliki banyak pengunjung blog, kamu dapat memonetasinya. 

4. Bergabung dengan Program Afiliasi

Cara mendapatkan uang tambahan selain gaji yang tidak boleh dilewatkan adalah bergabung ke dalam bisnis afiliasi. Dengan bergabung dalam bisnis ini, kamu bisa memperoleh komisi sebagai affiliate dengan cara mempromosikan layanan, produk maupun bisnis ke berbagai macam platform. 

Ketika pelanggan mengklik link tersebut serta membeli produk yang mereka tawarkan, kamu akan mendapatkan keuntungan beberapa persen. Biasanya, blogger bisa mendapatkan uang mulai dari ratusan sampai ribuan dollar dari program ini. Jumlah pendapatan yang diperoleh bergantung dari jumlah program yang diikuti. 

5. Mengisi Survey Berbayar

Sekarang, cukup banyak perusahaan yang mau membayar peserta untuk mengikuti survey yang mereka buat. Umumnya, survey ini digunakan  untuk membantu membuat keputusan dalam bisnis contohnya seperti produk yang harus dijual hingga menentukan iklan. 

Ternyata, banyak cara mendapatkan uang tambahan selain gaji. Namun, yang harus menjadi perhatian adalah, setelah berhasil mendapatkan uang tambahan, jangan lupa untuk menyisihkannya. 

Kamu bisa menyisihkannya ke dalam bentuk investasi. Investasi adalah salah satu jenis passive income papper asset yang bisa dijadikan pilihan untuk menambah pundi-pundi keuntungan. Salah satunya dengan berinvestasi mulai dari Rp 100.000 di microfinance marketplace Amartha. Pendanaan di Amartha pasti aman karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK dan kamu juga juga bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Daftar orang terkaya di dunia

10 Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2024

Keuangan
ilustrasi orang terkaya di indonesia

Daftar 6 Orang Terkaya di Indonesia

Gaya Hidup
layanan keuangan digital

Apa Itu Layanan Keuangan Digital? Ini Jenis dan Manfaatnya!

Teknologi dan Inovasi
pos keuangan rumah tangga

Pasangan Wajib Tahu! 7 Jenis Pos Keuangan Rumah Tangga

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png