icon-langEN
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman
icon-lang
icon-lang

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

By Team Amartha Blog - 28 Mar 2023 - 3 min membaca

Menjelang bulan yang penuh berkah tiba, membuat persiapan keuangan Ramadhan menjadi satu hal harus kamu lakukan. Pasalnya, tidak sedikit dari kita yang kurang menyiapkan keuangan dengan benar, sehingga pos keuangan menjadi berantakan karena harus memenuhi kebutuhan selama sebulan penuh. 

Jangan sampai momen yang begitu dinantikan ini harus disambut dengan kecewa karena kurangnya persiapan keuangan saat Ramadhan. Nah, agar ibadah puasa tetap lancar dan keuangan tetap terjaga, berikut tips beberapa persiapan keuangan Ramadhan yang harus kamu lakukan. 

Tips Persiapan Keuangan Ramadhan yang Tepat

Ini 7 persiapan dalam hal keuangan saat bulan Ramadhan diantaranya adalah: 

1. Buat Rencana Keuangan

Cara mengatur keuangan selama Ramadhan yang pertama adalah membuat rencana keuangan sebelum bulan yang penuh berkah tersebut dimulai. Caranya adalah dengan memisahkan dana untuk belanja kebutuhan sehari-hari dengan bijak. 

Seperti, menetapkan anggaran untuk kebutuhan masak berbuka dan sahur, menyisihkan dana untuk membayar angsuran, biaya listrik, dan kuota internet, hingga menyiapkan dana darurat. Selain itu, jangan lupa menyisihkan sebagian dana untuk bersedekah selama bulan Ramadhan. . 

2. Belanja Lebih Awal

Umumnya, harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan selama bulan puasa. Untuk itu, atur keuangan saat Ramadhan dengan sebaik-baiknya agar tidak habis sebelum waktunya. 

Caranya adalah dengan berbelanja kebutuhan pokok sebelum memasuki bulan Ramadhan. Namun, tetap bersikap bijak dan tidak melakukan “panic buying” khususnya di masa pandemi seperti saat ini. 

3. Utamakan Kebutuhan

Selama bulan puasa, kamu akan melihat banyak sekali penawaran diskon besar-besaran yang menarik. Jika mudah tergiur, rencana keuangan yang telah dibuat pasti akan kacau. Untuk itu, tahan keinginan untuk belanja dan selalu utamakan kebutuhan terlebih dahulu. Dengan kata lain, hindari semua pengeluaran yang kurang penting agar terhindar dari pemborosan. 

4. Kelompokkan Pengeluaran

Persiapan keuangan Ramadhan berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengelompokkan setiap pengeluaran selama sebulan penuh. Kamu harus piawai dalam memilah antara pengeluaran untuk belanja kebutuhan pokok dengan pengeluaran Hari Raya. 

Misalnya, membeli baju lebaran, kue lebaran, memberi hadiah atau THR (Tunjangan Hari Raya) kepada keluarga terdekat, hingga pengeluaran untuk transportasi mudik lebaran. Jangan lupa siapkan pula dana untuk membayar zakat fitrah untuk seluruh keluarga. 

5. Catat Pengeluaran Harian

Cara pengelolaan keuangan di bulan Ramadhan berikutnya adalah dengan mencatat semua pengeluaran harian secara terperinci. Cara yang satu ini bermanfaat agar kamu bisa memantau kemana saja uang yang dikeluarkan selama satu hari sekaligus untuk mengingatkan agar bisa lebih berhemat.

Baca Juga: Aplikasi Pendukung Untuk Sempurnakan Ibadah Ramadhan

6. Buat Daftar Menu Selama Ramadhan

Mengatur keuangan selama Ramadhan agar lebih hemat juga bisa dilakukan dengan cara membuat daftar menu makanan untuk berbuka dan sahur selama satu bulan penuh. Hindari pula terlalu sering berbuka puasa di restoran atau tempat makan lainnya. Selain lebih hemat, kamu juga tidak pusing untuk memikirkan ide menu yang akan dimasak setiap hari karena semua sudah tercatat secara terperinci. 

7. Komitmen dengan Rencana Keuangan

Cara terbaik agar dana yang kamu miliki tidak boros adalah terus berkomitmen dengan rencana keuangan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebab, semua persiapan tersebut akan terasa sia-sia jika kamu mengabaikan dan bahkan tidak punya komitmen untuk menjalankannya. 

Selain membuat persiapan keuangan Ramadhan, ada cara praktis yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan pahala selama bulan puasa sekaligus memiliki passive income untuk tabungan masa depan yang aman.

Caranya adalah dengan melakukan pendanaan crowdfunding di Amartha microfinance marketplace. Mulai modalin Rp100.000, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kapan lagi bisa dapat penghasilan tambahan, sekaligus berikan dampak kebaikan dengan ikut memberdayakan perempuan CEO UMKM di pedesaan. Tunggu apalagi, yuk mulai modalin di Amartha, sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

4 Tips Menabung Saat Bulan Ramadhan. Dijamin Terkumpul!

Keuangan

Puasa Tanpa Sahur Saat Ramadan, Bagaimana Hukumnya?

Gaya Hidup

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Bisnis

3 Ide Kreatif di Bulan Ramadhan, Bulan Puasa Menjadi Berkah

Tips Bisnis

Intip 5 Ide Jualan di Bulan Puasa Menguntungkan

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png