icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / Banyak Dicari, Berapa Gaji Kerja di Jurusan IT?
icon-lang
icon-lang

Banyak Dicari, Berapa Gaji Kerja di Jurusan IT?

By Team Amartha Blog - 23 Sep 2020 - 3 min membaca

Di era digital seperti saat ini, teknologi informatika mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal inilah yang menjadikan jurusan IT (Information Technology) menjadi salah satu jurusan favorit dan banyak diminati, karena memiliki prospek yang bagus dengan gaji yang menggiurkan. Untuk mengetahui berapa besaran gaji kerja jurusan IT, berikut ini penjelasan selengkapnya:

  • Junior Programmer

Junior programmer menjadi salah satu pilihan pekerjaan di bidang IT yang banyak diminati. Peluang kerja untuk posisi ini juga cukup luas dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan database dan software. 

Keahlian yang harus dikuasai oleh seorang junior programmer, antara lain bahasa HTML/XML, ASP, PHP, C++, Visual Basic, Cold Fusion, dan lain sebagainya. Untuk besaran gaji posisi junior programmer yaitu sekitar Rp5.000.000,00 per bulan, bahkan bisa lebih dari itu.

  • Network Administrator

Network administrator juga menjadi salah satu pekerjaan di bidang teknologi informasi (IT) yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tugas seorang network administrator yaitu menjaga sistem tetap berjalan dengan lancar dan aman, serta menangani berbagai gangguan yang terjadi. 

Tidak hanya itu saja, seorang network administrator juga memiliki tugas untuk membuat email server, DNS server, FTP server, dan lain-lain. Untuk besaran gaji yang diperoleh dari pekerjaan ini yaitu sekitar Rp60.000.000,00 per tahunnya atau sekitar Rp5.000.000,00 per bulannya. 

  • Web/Graphic Designer

Perkembangan digital yang sangat pesat menjadi faktor pendorong lahirnya berbagai situs baru, khususnya di Indonesia. Hal inilah yang membuat web/graphic designer menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki prospek bagus dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Tugas seorang web designer adalah mendesain dan menata tampilan web. 

Dalam menjalankan tugasnya, seorang web designer biasanya akan bekerja sama dengan seorang programmer untuk mendesain tampilan dan isi untuk sebuah situs web. Untuk besaran gaji seorang web designer yaitu kisaran Rp60.000.000,00 per tahun atau rata-rata sekitar Rp5.000.000,00 per bulannya. 

  • System Analyst

Tugas dari seorang system analyst adalah menangani sebuah sistem. Pekerjaan ini menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan yang terbilang kompleks, seperti membuat analisa bagi perusahaan atau klien secara lengkap, mulai dari mendefinisikan kebutuhan sistem sampai dengan pembuatan database dan hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem tersebut. 

Bahkan tidak hanya itu saja, seorang system analyst juga harus bisa membuat perhitungan anggaran yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek-proyek yang ditanganinya. Karena job desk yang sangat kompleks dan rumit, seorang system analyst harus bekerja sama dengan programmer yang akan membantunya mengaplikasikan analisis program yang sudah disusun. 

Meski gaji yang diterima tidak terlalu besar untuk ukuran pekerjaan di bidang IT, namun cukup menjanjikan yaitu sekitar Rp72.000.000,00 per tahun atau kisaran Rp6.000.000,00 per bulannya. 

Besaran gaji kerja di bidang teknologi informasi (IT) memang tinggi, namun biaya perkuliahan yang harus dikeluarkan juga cukup besar. Oleh karena itu, Anda bisa memulai berinvestasi sebagai bekal melalui bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan investasi, seperti Amartha. Dapatkan imbal hasil sampai 15% Flat per tahun dan Amartha sudah berlisensi OJK lho!

Artikel Terkait

Banyak Dicari, Berapa Gaji Kerja di Jurusan IT?

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png