icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Raup Penghasilan Hingga Belasan Juta Per Bulan Berdayakan Pelaku UMKM Souvenir Lokal
icon-lang
icon-lang

Raup Penghasilan Hingga Belasan Juta Per Bulan Berdayakan Pelaku UMKM Souvenir Lokal

By Tim Blog Amartha - 14 Dec 2023 - 3 min membaca

Solo, Jawa Tengah, adalah kota yang kaya akan budaya dan sejarah yang selalu menyimpan cerita dan hal unik yang tak pernah habis untuk dinikmati.

Sebagai salah satu kota yang sarat akan budaya dan industri kreatif, tak mengherankan jika ada banyak pelaku UMKM yang lahir dan berkembang di kota ini. Salah satu contohnya adalah Ibu Dewi Mayangsari yang telah membuka usaha jahit souvenir selama 8 tahun lamanya, yakni sejak tahun 2016.

Awal usaha ini dibangun karena banyaknya kain perca sisa produksi dari garmen dan industri kain rumahan dari hasil kenalannya. Dengan kondisi seadanya dan baru merintis, Ibu dan suami memilih usaha ini dikarenakan mereka mempunyai pengalaman dalam membuat tas dan dompet. 

Keahliannya dalam menjahit dan mengolah bahan menjadi souvenir tas atau dompet yang cantik membuat Ibu Dewi Mayangsari selalu kebanjiran orderan. Sejak saat itu, hasil karya souvenir Ibu Dewi Mayangsari laris di pasaran, karena souvenir Ibu memiliki ciri khas bentuk dan paduan bahan yang lebih kreatif untuk setiap produk yang dibuatnya. Saat ini ia mengaku telah memiliki pelanggan rutin untuk mengisi 10 toko yang tersebar di sekitar area Solo, dan Yogyakarta. Bahkan tak jarang juga Ibu mendapat pesanan perseorangan hingga pesanan souvenir untuk dikirim ke pulau Dewata, Bali.

AMF03130.jpg

“Ibu memang sejak dulu suka menjahit dan mengolah bahan/kain unik untuk dibuat menjadi tas atau dompet seperti ini. Awalnya saya belajar sendiri, lalu mulai mengajak teman-teman yang ingin belajar menjahit dan sekarang juga bekerja bersama saya”.

Meski usaha Ibu Dewi terus berkembang sejak 8 tahun silam, namun usaha Ibu sempat terhenti akibat musibah pandemi yang menimpa beberapa tahun lalu. Banyak toko yang mulai tutup dan berdampak pada pesanan souvenir yang terus menurun. Akhirnya Ibu dan suami mulai beralih dengan berjualan masker yang saat itu sangat dibutuhkan. 

Perlahan-lahan nafas jualan tas dan dompet souvenir Ibu Dewi mulai muncul lagi dan terus berkembang hingga saat ini.

Perkembangan Usaha Souvenir Bersama Amartha
 AMF03137.jpg

Saat ini, Ibu Dewi telah memiliki empat karyawan yang bekerja menjahit bersamanya yang bisa memproduksi 100 – 500 produk dalam satu minggu. Hasil dari kerajinan tangan dari Ibu Dewi Mayangsari dan teman-temannya dijual seharga Rp8.000 - Rp30.000 ke toko-toko supplier untuk dijual kembali secara rutin. 

Dari hasil keuntungan ini, Ibu bisa mendapatkan penghasilan bersih hingga Rp3 juta per minggunya yang digunakan untuk mengontrak rumah dengan area yang cukup besar agar dapat menampung semua hasil jahitannya. Tidak hanya ekonomi saya membaik, tapi anak saya juga sudah sekolah dengan tenang.

Selama tiga tahun bergabung dengan Amartha, Ibu merasa bersyukur karena modal dari pendana baik Amartha dapat Ibu gunakan untuk menyetok bahan kain, benang dan juga pembelian alat menjahit yang amat diperlukan untuk melancarkan usaha ini.

“Saya sangat berharap semakin banyak undangan acara UMKM seperti bazaar, agar hasil souvenir saya dan teman (penjahit) lain semakin banyak dikenal orang”.

“Saya juga berharap di kedepannya dapat membuka outlet sendiri untuk menjual hasil kreasi jahitan dari bahan-bahan sisa yang saya dan teman-teman buat. Semoga ini bisa tercapai juga dari dukungan pendana di Amartha”

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Mari kita dukung bisnis pengusaha UMKM di Indonesia agar bisa terus memberdayakan mereka. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha.

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

3 Tahun Tekuni Usaha Roster Terapkan Mindset Perempuan Tangguh

Cerita Mitra

Mencicipi UMKM Jalangkote Kuliner Tradisional Asal Makassar yang Raup Hingga Rp20 Juta Per Bulan

Cerita Mitra
ibu suryanah tempe (1)

Produksi Tempe Rumahan Omset Hingga Belasan Juta Rupiah dari Usaha Selama 18 Tahun

Cerita Mitra
usaha souvenir

Raup Penghasilan Hingga Belasan Juta Per Bulan Berdayakan Pelaku UMKM Souvenir Lokal

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png