icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Manisnya Keuntungan Usaha Tani dari Budidaya Strawberry
icon-lang
icon-lang

Manisnya Keuntungan Usaha Tani dari Budidaya Strawberry

By Tim Blog Amartha - 29 Feb 2024 - 3 min membaca

Siapa yang tak suka dengan strawberry, buah kecil berwarna merah dengan rasa manis yang menyegarkan? Strawberry adalah salah satu buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang begitu baik, serta kandungan folat atau vitamin B9 dan potasium. Ditambah lagi, buah strawberry juga kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman yang membuat buah ini menjadi favorit banyak orang.

Buah yang kaya akan vitamin ini juga banyak dijadikan olahan makanan dan minuman untuk disajikan sehari-hari. Karena banyaknya manfaat guna yang diberikan oleh buah strawberry, membuat buah ini banyak memiliki peminat. Peluang usaha inilah yang digunakan oleh Ibu Cuminah, mitra usaha Amartha untuk mulai melakukan budidaya strawberry.

Ibu Cuminah dan suami mengakui jika sektor UMKM ini mampu mendatangkan keuntungan yang cukup tinggi, sehingga berkebun strawberry menjadi peluang dan prospek menjanjikan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

Sekedar informasi, strawberry dapat tumbuh pada kurang lebih 1.000-1500 meter dari permukaan laut. Budidaya tanaman strawberry ini sendiri dipengaruhi beberapa faktor serupa  cuaca, tanah dan indikator lain. Strawberry tidak akan tumbuh dengan sempurna jika curah hujan datang setiap hari. Sebaliknya, tanaman ini dapat tumbuh dengan maksimal curah hujan sebanyak 600-700 mm per tahun di tempat di area mereka ditanam.

Meskipun buah ini termasuk ke dalam kategori tanaman subtropis yang dapat tumbuh baik di sebagian besar wilayah Indonesia, nyatanya strawberry lebih mudah beradaptasi di dataran tinggi dengan suhu sekitar 17-20 derajat Celcius. Ditambah dengan asupan sinar matahari selama 8-10 jam setiap harinya untuk membantu strawberry tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, tak semua area di Indonesia baik untuk pertumbuhan tanaman strawberry. 

Perjalanan Usaha Budidaya Strawberry

AMF08157.jpg

Salah satu area yang dapat digunakan untuk melakukan budidaya strawberry ini adalah daerah Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat, yang merupakan tempat tinggal Ibu Cuminah.

Ibu Cuminah dan suami memang belum terlalu lama menjalankan budidaya strawberry ini. Terhitung baru menginjak empat tahun mereka melakukannya. Sebelumnya, Ibu Cuminah dan suami berfokus untuk usaha tani tanaman lain seperti, jagung, cabai hijau, kacang merah, bawang dan masih banyak lainnya. Ibu telah menjalankan usaha tani ini selama 20 tahun yang juga merupakan usaha turun temurun. Barulah sekitar empat tahun belakangan Ibu Cuminah mulai mengembangkan usahanya ke budidaya strawberry. Selama empat tahun itu pula, Ibu sudah bergabung di Amartha dan mendapatkan permodalan.

Alasan Ibu sebagai petani memilih usaha budidaya strawberry, adalah karena strawberry hanya membutuhkan dua bulan untuk siklus berbuah dari pembibitan. Buah ini juga mudah ditanam dan bisa panen dalam dua hari sekali. Selain hasil panennya yang terbilang cepat, buah ini juga banyak diminati oleh wisatawan.

Sebut saja dalam sekali panen, Ibu Cuminah bisa mendapatkan 3 tray buah strawberry. Dalam 1 tray berisi 12 kilo buah strawberry dengan omset sekitar 700-800 ribu.

Ibu mengatakan jika hasil dari budidaya strawberry yang belum lama ia lakukan ini, memang belum mencapai angka fantastis namun semakin meningkat seiring waktu.

“Alhamdulillah mbak, walau belum seberapa. Hasil dari budidaya strawberry ini Ibu sudah bisa membeli motor dan juga membelikan kendaraan untuk anak ke sekolah. Ibu yakin kalau usaha stroberi ini bisa jadi besar dan akan terus ada banyak peminat”

Sebagai petani, Ibu Cuminah bekerjasama dengan distributor untuk pengiriman strawberry yang dijual ke kota-kota besar, seperti area bandung, Jakarta, Sukabumi dan daerah wisatawan lainnya. Hasil strawberry tersebut juga dikirim ke supermarket hingga pasar induk yang ada di kota-kota besar di Indonesia.

Harapan Usaha Budidaya Strawberry Bersama Amartha 

AMF08182 (1).jpg

Ibu mengaku jika usaha budidaya strawberry ini dapat berkembang setiap waktu karena juga ada andil dari Amartha.

“Saya bersyukur sekali karena bisa mendapat modal sebesar 10 juta dari Amartha. Ibu jadi bisa gunakan untuk menambah lahan baru untuk (tanam) strawberry, buat beli bibit, pupuk, dan juga vitamin tanaman.”

Tak berhenti hanya empat tahun ini. Ibu Cuminah memiliki keinginan untuk membeli lahan lagi yang lebih besar agar strawberry yang dihasilkan jadi lebih banyak. Lahan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya sayur atau buah-buahan lainnya. Ibu percaya semakin banyak lahan yang bisa ia kelola maka ia juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

“Saya berharap bisa punya lahan yang lebih besar. Supaya panennya lebih banyak dan bisa buka lapangan pekerjaan untuk orang lain juga. Biar bagi-bagi rezeki juga.”

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Jangan sampai usaha dari Ibu Cuminah berhenti karena tidak mendapatkan akses pendanaan. Ini saatnya kita bersama-sama dukung bisnis pengusaha UMKM wanita tak hanya Ibu Cuminah, tapi juga pengusaha lainnya di seluruh Indonesia agar mereka bisa terus meningkatkan kesejahteraan merata. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha.

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS
 

Artikel Terkait

Manisnya Keuntungan Usaha Tani dari Budidaya Strawberry

Cerita Mitra

Bangun Kembali Harapan Dari Hasil Bisnis Jahit Rumahan

Cerita Mitra

Harapan Besar Terukir dari Legitnya Kue Putu Cangkir

Cerita Mitra

Tak Ada Jam Malam, Sumber Rezeki dari Warung Nasi Kuning Khas Makassar

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png