icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta Tanpa Pusing
icon-lang
icon-lang

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta Tanpa Pusing

By Tim Blog Amartha - 5 Dec 2023 - 3 min membaca

Apakah gaji 3 juta cukup untuk satu bulan? Tentu saja! Terdapat banyak cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta. kamu hanya harus menerapkan mindset yang tepat agar seluruh kebutuhan dapat terpenuhi dengan jumlah gaji tersebut.

Menentukan tujuan keuangan yang jelas menjadi salah satu cara ampuh untuk membantu kamu merasa cukup dengan gaji 3 juta. kamu akan lebih realistis dalam mengalokasikan pengeluaran serta terhindar dari tindakan impulsif yang membuat boros. 

Mari simak hingga akhir untuk pembahasan mengatur keuangan yang lebih lengkap berikut ini!

Cara Mengelola Keuangan dengan Gaji 3 Juta untuk Sebulan

Mulai dari menyusun perencanaan pengeluaran hingga mengevaluasi keuangan per bulan, berikut manajemen pengelolaan gaji 3 juta agar cukup hingga akhir bulan.

1. Menyusun Perencanaan Pengeluaran per Bulan

Untuk memudahkan kamu mengelola gaji, tentukan jenis pengeluaran yang harus kamu utamakan. Apakah itu membayar cicilan, biaya pendidikan, atau belanja bulanan, catat berbagai pengeluaran tersebut di dalam perencanaan.

Kemudian, lihat pengeluaran mana yang sebenarnya bukan prioritas sehingga bisa kamu hapus dari daftar perencanaan.

2. Menerapkan Prinsip Hidup Hemat

Cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta selanjutnya, kamu perlu membatasi menggunakan uang untuk kegiatan yang tidak terlalu penting. Contohnya, mulai dari jalan-jalan ke mall hingga jajan di luar kebutuhan primer. 

Bila satu atau dua kali saja, kegiatan tersebut masih wajar untuk kamu jadikan ajang refreshing atau self reward. Namun, bila sudah rutin setiap bulan, maka kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut dan mulai menekan pengeluaran hanya untuk hal-hal prioritas saja.

3. Menghindari Kredit Barang

Memaksimalkan gaji 3 juta bisa kamu lakukan jika menghindari pengeluaran di luar kebutuhan pokok, salah satunya adalah kredit barang. Bila ingin kredit, kamu bisa melakukannya ketika telah memiliki penghasilan lebih. 

Kamu pun bisa menabung terlebih dahulu untuk mencapai keinginan membeli barang impian, sehingga terhindar dari siklus kredit barang.

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta satu ini akan membantu kamu lebih leluasa dalam mengelola keuangan, terutama bila kamu sudah menikah dan kebutuhan pokok semakin bertambah. 

Tambahan penghasilan dapat kamu temukan dari pekerjaan sampingan, seperti berjualan secara online hingga menjadi freelancer. Intinya, cari sumber penghasilan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama kamu.

5. Menabung dengan Rutin

Meskipun gaji 3 juta, kamu masih bisa menabung sedikit demi sedikit. Selalu sisihkan gaji di awal sebanyak 10% hingga 15% untuk tabungan, agar tidak terpakai dalam pengeluaran yang tidak penting.

Selain menabung di bank, berinvestasi menjadi pendana di Amartha bisa menjadi opsi yang menarik. Kamu dapat berkontribusi mulai dari modal kecil untuk mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan.

6. Mengevaluasi Keuangan per Bulan

Setiap pergantian bulan, kamu bisa mengevaluasi keuangan dari bulan sebelumnya untuk memastikan bahwa pengelolaannya sesuai. Bila terdapat aspek pengeluaran yang melebihi budget, pangkas dan alokasikan untuk pengeluaran lain yang lebih penting.

Evaluasi per bulan menjadi cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta yang membantu kamu memutuskan dengan bijak antara kebutuhan serta keinginan. Kamu pun bisa termotivasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga pengelolaan keuangan selanjutnya lebih efektif.

Membuat Mindset Penting Gaji 3 Juta Semua Kebutuhan Terpenuhi

Untuk membantu kamu mengelola gaji 3 juta sebagai modal memenuhi kebutuhan setiap bulan, terapkan mindset atau pola pikir berikut ini.

Percaya Diri dan Berani Memulai

Kamu tidak harus memiliki IQ tinggi seperti ahli ekonomi untuk mengelola keuangan, sebab bila berani memulai dan percaya terhadap kemampuan sendiri maka semua akan lebih mudah.

Termasuk dalam mengelola gaji 3 juta, yang bisa kamu lakukan secara efektif asalkan pandai menyikapi keberadaan uang.

Merasa Cukup dengan Gaji 3 Juta

Berikutnya, kamu tidak perlu membandingkan gaji kamu dengan gaji teman yang lebih besar. Kamu hanya perlu merasa cukup dengan jumlah gaji tersebut, sehingga fokus kamu adalah bagaimana tidak boros dan bisa hemat menggunakan gaji agar cukup hingga akhir bulan.

Menguatkan Mental dan Pikiran

Menyempurnakan dua mindset sebelumnya, kamu harus bermental kuat dan memiliki kendali pikiran yang kuat pula. Tujuannya agar kamu tidak mudah tergoda dengan lifestyle lingkungan sekitar, seperti gaya hidup teman yang rutin belanja ke mall setiap minggu.

Kendalikan pikiran agar tetap konsisten dalam hidup hemat, sehingga cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta pun dapat diwujudkan dengan efisien.

Tips Mengatur Keuangan yang Efektif

Mengelola gaji 3 juta akan lebih efektif dengan menerapkan berbagai tips di bawah ini.

Menerapkan Pola 10-20-30-40

Pola alokasi keuangan ini rincian ilustrasinya adalah sebagai berikut:

- 10% atau Rp300 ribu, untuk amal dan hiburan 

- 20% atau Rp600 ribu, untuk tabungan dan tujuan jangka panjang (dana pendidikan, dana pensiun)

- 30% atau Rp900 ribu, untuk melunasi hutang dan membayar cicilan

- 40% atau Rp1,2 juta, untuk kebutuhan pokok sehari-hari

Kamu bisa memodifikasinya sesuai kondisi serta prioritas kehidupan saat ini. Hal terpenting adalah kamu memiliki alokasi pos-pos pengeluaran yang terukur dan terstruktur setiap bulan, sehingga gaji 3 juta pun jadi lebih efektif.

Segera Membayar Tagihan

Apabila telah menerapkan pola alokasi keuangan tersebut, kamu pun dapat segera melunasi tagihan per bulan yang ada. Ini menjadi cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta yang efektif, sebab kamu memprioritaskan pengeluaran yang utama terlebih dahulu agar segera lunas.

Konsisten Mengelola Keuangan

Mengingat kebutuhan yang dinamis serta pendapatan yang bisa bertambah, kamu harus konsisten dalam mengelola dan mencatat pemasukan serta pengeluaran. Sehingga, kamu terbiasa dan sudah paham cara menyikapi uang agar selalu cukup setiap bulannya.

Membuat Tujuan Keuangan yang Jelas

Satu lagi tips agar gaji 3 juta cukup untuk kamu, yaitu menyusun tujuan keuangan dengan jelas. Ini membantu mengetahui ke mana saja alokasi gaji kamu, jadi terhindari dari budaya impulsif.

Adapun membuat tujuan keuangan bisa lebih mudah dengan tips berikut ini:

  • Realistis dalam menyusun target keuangan
  • Mengkategorikan tujuan keuangan menjadi jangka pendek dan jangka panjang. Contoh tujuan keuangan jangka pendek, yaitu menabung Rp100 ribu per bulan untuk membeli tas. Sedangkan, tujuan jangka panjang bisa berupa biaya pendidikan hingga dana darurat
  • Buat daftar pengeluaran rutin per bulan, seperti biaya listrik, biaya makan, hingga biaya transportasi
  • Tidak melupakan pengeluaran sekunder, seperti memberi orang  tua hingga 

Semoga setelah mengetahui cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta, kamu bisa lebih efisien dalam mengelolanya. Jangan lupa selalu menyisihkan uang untuk tabungan agar kamu memiliki dana simpanan yang cukup.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain menabung di bank, berinvestasi menjadi pendana di Amartha bisa menjadi opsi pendapatan pasif yang menarik.

Buat kamu yang baru ingin memulai pendanaan di usia muda, Amartha bisa jadi pilihan platform p2p lending pilihanmu. Pendanaannya bisa dimulai dari modal kecil, yaitu 100 ribu rupiah aja! Disini kamu bisa mendapatkan  imbal hasil pendanaan hingga 15% flat per tahun yang cair setiap minggunya.

Sebagai prosperity platform, Amartha telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019.

Tunggu apalagi? Yuk download Amartha dan mulai modalin mitra UMKM pilihan kamu!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Contoh hidup sederhana

Ingin Hidup Hemat? Contoh Hidup Sederhana Ini!

Gaya Hidup
Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta Tanpa Pusing

Keuangan

6 Cara Mengatur Keuangan yang Tepat Untuk Keluarga Muda

Gaya Hidup

6 Cara Menghemat Uang dengan Anggaran Yang Terbatas

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png