icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Apa Itu Kredit? Ini Jenis, Fungsi, dan Tujuannya
icon-lang
icon-lang

Apa Itu Kredit? Ini Jenis, Fungsi, dan Tujuannya

By Tim Blog Amartha - 26 Dec 2023 - 3 min membaca

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, apa itu kredit? Kredit merupakan salah satu layanan pinjaman dana dari suatu lembaga keuangan bagi nasabahnya. Dana hasil kredit ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti membeli barang, menambah aset, atau mengembangkan bisnis. 

Sebagai salah satu fasilitas keuangan yang banyak dibutuhkan, maka tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui lebih jauh tentang kredit. Mulai dari pengertian, jenis, fungsi, hingga tujuan dari kredit itu sendiri. 

Apa itu Kredit?

Kredit adalah pinjaman uang yang diberikan oleh lembaga keuangan kepada suatu individu atau perusahaan. Syarat pengembalian dana pinjaman tersebut akan dikenakan bunga atau biaya tambahan dengan jangka waktu tertentu.

Secara umum, kredit dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi keuangan di mana pihak pemberi pinjaman (kreditur) memberikan sejumlah uang kepada pihak penerima pinjaman (debitur) dengan syarat pengembalian dana pokok dan bunganya dalam jangka waktu tertentu.

Kredit dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Beberapa contoh penggunaan kredit antara lain untuk membeli rumah, kendaraan, peralatan elektronik, atau untuk modal usaha.

Kredit diberikan di Indonesia memiliki landasan yang dijadikan acuan dalam pelaksanaannya. Landasan ini yaitu UU No.10 tahun 1998 pasal 1 dan 2.

Jenis-jenis Kredit

Setelah mengetahui apa itu kredit, selanjutnya mari kenali jenis-jenis kredit yang ada. Berikut jenis-jenisnya:

1. Kredit Jangka Waktu

- Kredit jangka panjang: kredit dengan masa cicilan lebih dari 3 tahun.

- Kredit jangka menengah: kredit dengan masa cicilan antara 1 sampai 3 tahun.

- Kredit jangka pendek: kredit dengan masa cicilan maksimum 1 tahun.

2. Kredit Perekonomian

- Kredit pertanian: kredit yang ditujukan kepada masyarakat yang menekuni usaha perikanan, perkebunan, peternakan.

- Kredit perindustrian: kredit yang ditujukan kepada para pelaku industri, mulai dari industri kecil hingga besar.

- Kredit profesi: kredit ini ditujukan bagi masyarakat yang bekerja dalam berbagai profesi, seperti guru, dokter, atau profesi lainnya.

- Kredit impor - ekspor: kredit yang ditujukan kepada pedagang yang aktif melakukan ekspor dan impor, berlaku untuk semua jenis produk yang diperjualbelikan.

3. Kredit Macam

- Kredit pembeli: kredit yang digunakan untuk mendapat barang, pembelian menggunakan uang muka dan barang akan langsung diterima setelahnya.

- Kredit aksep: kredit bank berupa pinjaman dengan batas plafond tertentu. 

- Kredit penjual: kredit yang digunakan untuk membeli barang dengan cara mencicil. Barang bisa langsung diterima, setelah itu baru dilakukan pembayaran angsuran.

4. Kredit Ekonomi

- Golongan ekonomi menengah dan konglomerat: kredit ini ditargetkan pada pengusaha menengah dengan kekayaan di atas Rp600 juta.

- Golongan ekonomi lemah: kredit ini ditargetkan pada pengusaha dengan kekayaan maksimum Rp600 juta (tidak termasuk tanah dan bangunannya).

5. Kredit dari Segi Kegunaan

- Kredit investasi: kredit yang digunakan untuk perluasan usaha atau proyek tertentu.

- Kredit Modal Kerja (KMK): kredit yang diperuntukan untuk meningkatkan jumlah produksi dalam operasional suatu bisnis.

6. Kredit dari Segi Jaminan

- Kredit dengan jaminan: kredit yang membutuhkan jaminan dalam proses pengajuannya. Jaminan ini bisa dalam bentuk barang berwujud, tidak berwujud, atau jaminan orang. Kredit jenis ini akan mengeluarkan uang pinjaman dengan jumlah yang setara jaminan yang diberikan oleh debitur. 

- Kredit tanpa jaminan: kredit yang diberikan tanpa perlu jaminan tertentu. Kredit ini dinilai berdasarkan karakter, prospek usaha, serta loyalitas nasabah kepada bank terkait.

Fungsi Kredit

Selain mengetahui apa itu kredit dan jenis-jenisnya, sebaiknya kamu juga mengetahui fungsi kredit. Adapun fungsinya yaitu sebagai berikut:

1. Membantu Masyarakat Memenuhi Kebutuhannya

Kredit dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan konsumtif maupun produktif. Kredit konsumtif dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membeli rumah, kendaraan, atau barang elektronik. Kredit produktif dapat digunakan untuk memulai atau mengembangkan usaha.

2. Meningkatkan Daya Guna Uang

Kredit dapat meningkatkan daya guna uang dengan cara menggerakkan uang yang tidak produktif menjadi produktif. Uang yang disimpan di bank akan disalurkan kembali kepada pihak yang membutuhkan, sehingga dapat digunakan untuk kegiatan ekonomi yang produktif.

3. Meningkatkan Peredaran dan Lalu Lintas Uang

Kredit juga dapat meningkatkan peredaran dan lalu lintas uang di masyarakat. Hal ini karena kredit dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti konsumsi, investasi, dan produksi.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Kredit dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penyaluran produk ekspor sampai ke pasar luar negeri. Devisa yang didapatkan akan masuk ke dalam kas negara. Hasilnya, stabilitas ekonomi akan meningkat berkat kegiatan ekspor tersebut. Selain itu, Indonesia juga akan lebih kompetitif di pasar skala internasional. 

Baca Juga: Penting! Ini 5 Bahaya Kartu Kredit yang Perlu Diwaspadai

5. Merevolusi Pola Pikir Masyarakat

Masyarakat yang sudah mengetahui apa itu kredit akan memiliki pola pikir yang sedikit berbeda. Mereka bisa memanfaatkan layanan kredit yang ada untuk meningkatkan level usaha dan tidak hanya mengandalkan kantong sendiri untuk mengembangkannya.

6. Memperlancar Distribusi Barang dan Jasa

Kredit dapat memperlancar distribusi barang dan jasa dengan cara memberikan modal kepada produsen. Modal tersebut dapat digunakan oleh produsen untuk membeli bahan baku, membayar tenaga kerja, dan membiayai kegiatan produksi lainnya. 

Dengan demikian, produsen dapat menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak, yang selanjutnya akan memperlancar distribusi barang dan jasa.

7. Memajukan Usaha

Sebagian pengusaha langsung mengambil langkah mundur ketika mendengar besaran modal yang dibutuhkan untuk membangun suatu bisnis. Dengan mengetahui apa itu kredit, diharapkan mereka akan lebih termotivasi untuk memajukan bisnis tersebut. 

Para pengusaha tidak perlu menunda waktu untuk memajukan bisnisnya untuk mengumpulkan dana terlebih dahulu karena ada kredit yang bisa digunakan.

Tujuan Kredit

Selain memiliki fungsi, kredit juga memiliki tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuannya yaitu sebagai berikut:

1. Mendapatkan Keuntungan

Tujuan utama dari layanan kredit tentunya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini diperoleh dari bunga yang diberikan kepada nasabah dari bank sebagai balas jasa telah memberikan kredit. Selain itu, keuntungan juga didapatkan dari biaya administrasi kredit yang dibebankan kepada nasabah. 

2. Membantu Pemerintah

Tujuan kredit berikutnya yaitu untuk membantu pemerintah. Semakin banyak kredit yang digunakan oleh nasabah, maka semakin banyak pula dana yang dapat digunakan untuk pembangunan dalam berbagai sektor riil. 

3. Membantu Bisnis Nasabah

Selain bertujuan untuk membantu pemerintah, kredit juga bertujuan untuk membantu mengembangkan bisnis nasabah. Nasabah yang memerlukan dana untuk investasi ataupun untuk dana modal kerja bisa memanfaatkan kredit.

Selain itu, nasabah juga bisa memanfaatkan dana kredit untuk kebutuhan konsumsi pribadi. Dengan adanya dana kredit, debitur dapat mengembangkan dan memperluas bisnisnya dengan lebih mudah. 

Itulah informasi mengenai apa itu kredit, fungsi, dan tujuannya. Bila tertarik untuk menjadi salah satu bagian dari siklus kredit, kamu bisa menjadi investor di P2P lending Amartha. Mulai modalin dari Rp100.000 aja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Tunggu apalagi?

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

apa itu kredit

Apa Itu Kredit? Ini Jenis, Fungsi, dan Tujuannya

Keuangan

Penting! Ini 5 Bahaya Kartu Kredit yang Perlu Diwaspadai

Gaya Hidup

2019 Bebas Utang, Ini Caranya

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png