icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Kapan Waktu yang Tepat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak?
icon-lang
icon-lang

Kapan Waktu yang Tepat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak?

By Team Amartha Blog - 12 Feb 2021 - 3 min membaca

Dana pendidikan anak adalah kebutuhan penting yang harus disiapkan oleh para orangtua. Pasalnya, pendidikan adalah kebutuhan jangka panjang yang perlu disiapkan dari jauh-jauh hari. Lalu, kapan waktu yang tepat menyiapkan dana pendidikan anak?

Pentingnya Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Ketika anak lahir, masih cukup jarang orangtua yang membicarakan tentang persiapan dana pendidikan. Padahal pembicaraan tersebut sangatlah penting dan menjadi hal wajib bagi pasangan orang tua yang mempunyai buah hati.

Alih-alih membahas hal tersebut, justru para orangtua lebih gemar membahas hal yang sedang terjadi. Misalnya, perlengkapan anak saat baru dilahirkan. Seharusnya tetaplah berfokus kepada persiapan dana pendidikan si kecil nantinya. 

Dana pendidikan anak tentu saja telah menjadi kebutuhan pokok yang perlu diperhatikan oleh para orangtua. Bahkan dana ini bisa menguras sebagai besar pendapatan yang dihasilkan oleh para orang tua. Maka dari itu, persiapkanlah jauh-jauh hari. Bila perlu saat Anda dan pasangan memulai pernikahan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dan Pensiun Sekaligus? 

Cara Merencanakan Dana Pendidikan Anak yang Tepat 

dana pendidikan anak
Photos by istockphoto

1. Tentukan Instansi Pendidikan yang Diinginkan 

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak ialah menentukan instansi pendidikan mana yang diinginkan.

Lakukan pertimbangan jenis instansi pendidikan aoa yang terbaik versi Anda. Lihat juga bagaimana akreditasi, sarana prasarana, jarak tempuh dari tempat tinggal. 

2. Lakukan Riset Terkait Besaran Dana Pendidikan Anak 

Jika sudah menemukan instansi pendidikan yang diinginkan, berikutnya lakukan riset terkait besaran biayanya.

Catat beberapa poin penting terkait instansi pendidikan tersebut seperti uang bulanan, buku-buku, seragam dan biaya lainnya. Termasuk biaya transportasi yang dibutuhkan selama bersekolah nanti. 

3. Lakukan Evaluasi Terkait Keuangan 

Penting bagi Anda untuk melakukan evaluasi terkait keuangan. Hitung berapa banyak pendapatan yang diperoleh setiap bulannya dan berapa uang yang perlu disisihkan guna keperluan pendidikan.

Intinya jangan sampai mengganggu kebutuhan lainnya. Mulai dari sewa rumah, cicilan dan biaya pokok lainnya. 

4. Pilih Antara Asuransi atau Tabungan Khusus Pendidikan 

Guna mempermudah persiapan dana pendidikan, cobalah tentukan antara asuransi atau tabungan khusus pendidikan.

Apabila memilih tabungan khusus pendidikan, mak perbulannya harus menyetorkan dana tertentu.

Sementara asuransi merupakan kombinasi antara tabungan dan asuransi jiwa berjangka. 

5. Lakukan Investasi 

Terakhir, lakukanlah investasi. Ada begitu banyak produk investasi yang dapat Anda coba. Mulai dari emas, surat hutang negara, produk reksadana atau P2P Lending . Saat ini investasi P2P Lending banyak diminati karena prosesnya yang mudah dan modal yang kecil.

Selain itu, P2P Lending juga menawarkan keuntungan yang bersaing. Amartha sebagai salah satu perusahaan investasi P2P Lending yang aman menawarkan keuntungan hingga 15% flat per tahun.

Untuk menyiapkan dana pendidikan yang optimal bagi si kecil, sebaiknya Anda mulai mempersiapkannya sejak dini.

Bahkan ketika Anda bersama pasangan tengah memulai mahligai pernikahan. Bukan terburu-buru, persiapan ini sangat penting demi masa depan si kecil yang gemilang. 

Artikel Terkait

Kapan Waktu yang Tepat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak?

Keuangan

Bagaimana Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dan Pensiun?

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png