icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 10 Contoh Usaha Mikro yang Paling Banyak Diminati!
icon-lang
icon-lang

10 Contoh Usaha Mikro yang Paling Banyak Diminati!

By Tim Blog Amartha - 17 Feb 2024 - 3 min membaca

Saat ini, ada berbagai inovasi tentang usaha mikro yang bisa kamu terapkan dengan memanfaatkan perkembangan tren dan teknologi yang ada. Sebagai referensi, dalam artikel ini akan dibahas tentang 10 contoh usaha mikro yang paling banyak diminati.

Salah satu usaha tersebut mungkin saja sesuai dengan minat kamu, jadi mari simak hingga tuntas! Selain itu, akan dijelaskan pula cara dan tips memulai usaha mikro.

Apa yang Dimaksud Usaha Mikro?

Sebelum lebih lanjut membahas tentang 10 contoh usaha mikro, sebaiknya kamu pahami dulu tentang usaha mikro. Kamu mungkin sudah familiar dengan istilah UMKM atau yang merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Nah, usaha mikro adalah salah satu bagian dari istilah tersebut.

Secara umum, usaha mikro dapat diartikan sebagai jenis usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha perorangan dengan kriteria tertentu yang sudah diatur dalam Undang-Undang.

10 Contoh Usaha Mikro dengan Potensi Keuntungan Besar

Saat ini, ada berbagai ide kreatif untuk membangun usaha mikro, termasuk jenis usaha yang berpotensi untuk mencapai keuntungan dalam jumlah besar.

1. Kuliner Kekinian

Bisnis kuliner adalah salah satu contoh usaha mikro yang tak tak pernah mati, karena makanan menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Untuk memulai usaha ini, kamu bisa memilih menjual makan-makanan yang sedang tren seperti cake, mencoba makanan sehat seperti vegan food atau salad, atau bisa mencoba juga menjajakan makanan unik hasil karya sendiri serta fusion food.

Agar keuntungan yang didapatkan lebih maksimal, jangan ragu untuk berinovasi resep ataupun packaging yang menarik, disertai promosi yang baik. Pahami tips-tips berbisnis untuk membuat usaha yang beromzet kurang dari Rp10.000.000 bisa berkembang menjadi salah satu usaha menengah yang dikenal banyak orang.

2. Jual Ayam Potong

Usaha Ternak Ayam

Meski jarang diperhatikan, potensi usaha mikro ayam potong terbilang cukup besar mengingat banyaknya makanan yang berbahan dasar dari daging ayam. Kamu hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000 untuk merintis usaha ini, terutama jika kamu hanya membuka jasa potong saja.

Dana tersebut bisa digunakan sebagai modal menyewa sepetak tempat di halaman ruko atau bisa juga dengan memanfaatkan lahan kosong di depan rumah, serta untuk pembelian alat-alat seperti pisau, meja tatakan potong dan banyak lainnya. Dengan pemasaran yang tepat, usaha kecil-kecilan ini menjadi bisnis yang lebih besar, terutama untuk para ibu-ibu yang memiliki power of mouth.

3. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis cocok untuk menjadi pilihan usaha karena saat ini kebutuhannya terus meningkat. Misalnya, untuk mendesain logo, konten branding produk, hingga berbagai kebutuhan media sosial. Selain modal laptop dan perangkat desain pada umumnya, kamu juga perlu skill kemampuan desain untuk menjalankan usaha ini.

Jika kamu masih pemula, kamu bisa mengambil kurusu singkat seharga mulai dari Rp1.500.000 per course serta perangkat laptop di bawah Rp10.000.000 untuk laptop bekas yang mumpuni dalam mendesain.

4. Kursus Online

Ada berbagai jenis bidang yang bisa menjadi peluang untuk menjalankan usaha kursus, termasuk kursus yang dilakukan dengan metode online. Misalnya, kursus bahasa asing contohnya kursus bahasa Korea, Jepang, atau Perancis  yang kini banyak diminati. Selain itu kamu juga bisa membuka kursus berbagai jenis keterampilan digital, dan hobi tertentu seperti musik atau kesenian.

Hal ini bisa menjadi peluang untuk usaha mikro, terlebih jika kamu punya kemampuan yang mumpuni di bidang tertentu. Untuk tarif harganya pun dapat kamu sesuaikan berdasarkan level kesulitan atau lamanya waktu kursus, bahkan mungkin dengan modal 0 rupiah!

5. Usaha Budidaya Tanaman Hias

Usaha mikro tanaman hias juga menjadi salah satu jenis usaha yang tak lekang oleh waktu. Tanaman hias selalu memiliki pesona yang tidak pernah redup dengan selalu adanya jenis tanaman hias yang menjadi primadona di setiap masanya.

Sebut saja beberapa jenis tanaman gantung, tanaman sukulen, tanaman anggrek, aglonema dan banyak jenis tanaman yang cocok untuk di dalam ruangan, hingga berbagai jenis tanaman langka yang bisa menjadi koleksi menarik.

Modal awal yang bisa kamu siapkan dimulai dari Rp1.500.000-Rp3.000.000 untuk estimasi menyiapkan 10-20 buah pot kecil hingga sedang, bibit, tanah subur hingga area penanaman. Tak lupa juga proses perawatan tanaman hias berupa pembelian pupuk dan vitamin.

6. Jasa Laundry

laundry (2)

Di area perkotaan potensi keuntungan bisnis laundry nyatanya masih sangat menjanjikan. Jasa laundry juga bisa menjadi pilihan tepat, terutama jika kamu bisa memberikan layanan kilat. Modal penting yang dibutuhkan yaitu peralatan laundry dan lokasi yang cukup untuk melakukan berbagai proses laundry

Kamu bisa mulai dengan membeli 2 -3 unit mesin cuci dan 1 unit pengering, 2 unit setrika, rak pakaian, etalase, deterjen dan pewangi, serta kertas nota. Untuk tempat, kamu bisa memanfaatkan ruang atau lahan kosong di rumah.

Usaha mikro ini kamu bisa mulai dengan modal sekitar Rp10.000.000 - Rp20.000.000 saja, bisnis laundry kiloan bisa mendatangkan omset beberapa kali lipat lebih besar jika disertai dengan pemilihan lokasi yang tepat misalnya dekat dengan kawasan kostan, proyek, atau area perkantoran.

7. Layanan Perbaikan Gadget

Kamu punya kemampuan mengutak atik alat elektronik? Jangan biarkan bakatmu sia-sia. Saat ini, berbagai jenis gadget sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang, misalnya smartphone dan laptop. Maka dari itu, layanan perbaikannya pun bisa menjadi salah satu dari rekomendasi contoh usaha mikro yang patut kamu pertimbangkan karena adanya kebutuhan layanan perbaikan namun tak semua orang mampu memperbaiki sendiri.

Modalnya? di bawah Rp5 juta saja bahkan kamu sudah bisa menjalankan usaha mikro ini dengan hanya mengandalkan alat-alat perkakas untuk perbaikan gadget yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pasti Untung! 15 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Wajib Dicoba

8. Menjual Pakaian

Fashion adalah salah satu peluang usaha yang tidak ada matinya, karena terus berkembang, bisa jadi menyesuaikan tren atau justru membuat tren baru. Kamu bisa menjadikan bisnis penjualan pakaian menjadi salah satu referensi menarik jika ingin memulai usaha mikro dengan modal di bawah Rp10.000.000.

Agar modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sebagai langkah awal cobalah untuk mencari distributor pakaian atau konveksi yang tepat. Meskipun tidak berasal dari merek besar, saat ini ada banyak sekali distributor pakaian dengan harga murah dan berkualitas terutama produk lokal.

Namun, jika kamu merasa kesulitan untuk membuat toko pakaian dalam skala besar, kamu bisa memulainya dengan toko kecil atau justru hanya memanfaatkan toko online seperti jasa reseller.

9. Warmindo

Warmindo adalah singkatan dari warung makan Indomie alias mie instan. Meski khusus hanya menjual berbagai olahan Indomie, belakangan warmindo kian populer di kalangan anak muda. Bahkan kini muncul beberapa franchise warmindo yang menawarkan kerjasama.

Namun kamu juga bisa kok memulai usaha mikro ini dengan modal yang terjangkau, apalagi jika kita bisa memanfaatkan ruang kosong atau halaman di rumah sendiri. Untuk membeli alat dan bahan untuk berdagang, kamu bisa mulai dengan modal sekitar 10 juta hingga 20 juta dengan potensi keuntungan bisnis 

Warmindo sendiri bisa mencapai dua kali lipat jika berada di area yang tepat disertai pemasaran yang baik. Oleh karena itu, tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan media sosialmu agar target pasar semakin luas.

10. Fotografi dan Videografi

Terakhir, ada usaha fotografi dan videografi yang belakangan ini menjadi ide menarik untuk dilakukan. Mengapa? Salah satunya karena pada era yang serba digital ini, kebutuhan konten menjadi hal yang penting bagi banyak orang, mulai dari memenuhi kebutuhan pribadi hingga berbagai kebutuhan profesional seperti bisnis.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ada berbagai peralatan yang perlu dipersiapkan untuk usaha ini. Lalu, kemampuan fotografi dan videografi tentu menjadi poin penting. Akan lebih baik lagi jika kamu sudah memiliki pengalaman di bidang ini.

Cara Memulai Bisnis

usaha modal 5 juta

Setelah mengetahui tentang contoh usaha mikro, maka kini saatnya kamu tahu apa saja yang perlu dilakukan ketika memulai bisnis. Inilah cara-cara memulai usaha mikro yang sebaiknya kamu pahami!

Tentukan Jenis dan Ide Usaha Mikro

Langkah pertama, kamu perlu menentukan jenis usaha apa yang akan dilakukan. salah satu dari 10 contoh usaha mikro di atas dapat menjadi pertimbangan.

Lakukan Riset

Kedua, penting bagi kamu untuk melakukan riset pasar, khususnya untuk jenis usaha yang sudah kamu pilih. Cari tahu berbagai informasi penting, misalnya kondisi pasar, harga jual produk, minat pelanggan, dan sebagainya.

Persiapan Modal Usaha

Dalam memulai segala jenis usaha, maka pondasi penting yang perlu kamu persiapkan adalah modal usaha. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan memakai akses permodalan.

Persiapan Tempat Strategis

Persiapan lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah lokasi atau tempat usaha. Carilah tempat yang strategis sesuai dengan jenis usaha dan target pasar yang kamu harapkan.

Mengurus Izin Usaha

Karena UMKM diatur oleh perundang-undangan, maka penting bagi kamu untuk mengurus izin usaha.

Memikirkan tentang Keuntungan Usaha

Selanjutnya, kamu juga perlu menyusun berbagai perhitungan bisnis, salah satunya tentang keuntungan usaha yang ditargetkan.

Tips Memulai Usaha Mikro

AMF03097.jpg

Setelah mengetahui berbagai cara penting di atas, yuk simak juga tips untuk membuka usaha mikro yang bisa kamu ikuti, misalnya sebagai berikut:

Manfaatkan Teknologi

Saat ini, perkembangan teknologi sudah berkembang pesat dan sebaiknya kamu manfaatkan untuk berbagai strategi usaha. Misalnya, dalam melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial.     

Layani Pelanggan dengan Maksimal

Selanjutnya, pastikan kamu memberikan pelayanan maksimal kepada setiap pelanggan, supaya mereka datang kembali lain waktu.

Bangun Relasi

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu membangun relasi dengan pelaku usaha lainnya. Selain itu, penting juga untuk membangun relasi seluas-luasnya dengan berbagai pihak lain, misalnya vendor terpercaya untuk keperluan yang sesuai dengan bisnis kamu.

Itulah berbagai penjelasan tentang usaha mikro dan 10 contoh usaha mikro yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Dari 10 jenis usaha tersebut, kamu bisa menentukan mana yang paling cocok, bisa dilihat dari minat atau kondisi di sekitar kamu.

Pada dasarnya, ada cara dan tips yang bisa kamu lakukan ketika akan memulai usaha, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Salah satu langkah awal yang penting untuk kamu perhatikan yaitu menyiapkan modal.

Pinjaman Modal Usaha UMKM Bersama Amartha

Tak bisa dipungkiri, memang banyak sekali tantangan menjalankan usaha baik di Ibukota maupun di kampung. Salah satunya saat jika arus keuangan tidak lancar, serta kekurangan modal. Namun tenang saja, kamu bisa mengajukan akses permodalan mikro melalui Amartha. Dapatkan pengajuan mudah dan cepat, serta mendapatkan pendampingan berkala dengan layanan yang amanah dan ramah.

Kamu bisa dapatkan pinjaman modal usaha kelompok mingguan produktif serta pendampingan di Amartha.  Pengajuan pinjaman modal usaha di Amartha itu mudah, aman, dan terpercaya, dengan cicilan ringan dan jangka waktu pengembalian hingga 50 minggu. Pencairan dana juga cepat tanpa potongan admin. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai pinjaman kelompok mingguan Amartha.

Artikel Terkait

ide jualan makanan modal kecil

Wajib Coba! 15 Ide Jualan Makanan Modal Kecil yang Menjanjikan

Tips Bisnis
usaha ternak yang menjanjikan

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

Tips Bisnis
10 contoh usaha mikro

10 Contoh Usaha Mikro yang Paling Banyak Diminati!

Tips Bisnis

Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png