icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta
icon-lang
icon-lang

Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta

By Team Amartha Blog - 6 Mar 2023 - 3 min membaca

Apakah kamu ingin membuka bisnis cafe tapi memiliki modal yang minim? Tidak perlu khawatir karena kamu dapat membuka usaha cafe modal 5 juta. Sebenarnya, untuk masalah kebutuhan modal, bisnis cafe ini bisa dikatakan cukup fleksibel. 

Cafe sendiri merupakan tempat nongkrong yang sering dikunjungi untuk acara santai atau ngumpul bersama. Dengan adanya hal ini, tentu peluang bisnis ini masih terbuka sangat lebar. 

Cara Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta

Memang, harus diakui bila bisnis cafe umumnya memiliki sejumlah fasilitas dan memerlukan modal tidak sedikit. Walaupun demikian, bisnis ini tetap dapat dijalankan dengan modal yang terbatas. Berikut langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Tentukan Tujuan Usaha dengan Jelas

Karena kamu ingin membuka usaha cafe modal 5 juta, terlebih dahulu pastikan menentukan tujuannya dengan jelas. Jika hanya sekedar membuka cafe tentu akan mudah, hal yang paling penting adalah bagaimana cara membuat agar cafe tersebut tetap eksis serta terus dilirik oleh konsumen. 

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Perlu diketahui, modal usaha cafe pinggir jalan tentu tidak murah. Memilih tempat strategis yang akan dijadikan sebagai lokasi usaha menjadi langkah berikutnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, umumnya lokasi pinggir jalan besar membutuhkan biaya yang tidak murah. 

Oleh sebab itu, lebih baik menggunakan tempat yang memang sudah ada contohnya di halaman depan rumah. Kamu juga bisa menyewa lahan kosong yang berada di pinggir jalan. Dengan kreativitas dan ide yang tepat, cafe sederhana dapat kamu ubah menjadi cafe berkelas.

3. Tentukan Konsep Cafe yang Paling Tepat

Konsep cafe akan mempengaruhi minat konsumen. Oleh sebab itu pastikan jika konsep yang diusung menarik perhatian konsumen serta beda dari yang lain. Contohnya konsep kekinian yang nyaman dan interior unik untuk foto-foto. 

Contohnya, kamu bisa membuka usaha cafe di desa, sehingga konsep yang kamu usung merupakan konsep pedesaan. Dengan konsep ini, modal Rp5 juta tentu lebih dari cukup karena yang kamu jual bukan kemewahan tapi lebih pada suasana cafe yang nyaman. 

Baca Juga: Berapa Modal Usaha Angkringan? Ini Rinciannya

4. Memiliki Target Pasar yang Jelas

Karena memiliki modal yang minim, target pasar yang nantinya dibidik dapat disesuaikan. Kamu bisa memilih target pasar seperti mahasiswa atau pekerja kantoran. Kemudian, pilih harga yang terjangkau sehingga akan menarik minat konsumen. 

Jangan salah, walaupun dibanderol dengan harga terjangkau, tetapi rasa minuman dan makanan yang disajikan harus enak. Bukan hanya itu, penyajian menu juga harus terlihat menarik serta menggugah selera sehingga konsumen akan tertarik untuk mencoba berbagai macam menu yang tersedia. 

Dengan harga murah, serta tampilan menarik, target pasar yang kamu miliki bisa semakin luas dari apa yang kamu rencanakan sebelumnya. 

5. Tentukan Apa Menu yang Akan Dijual

Menu yang akan dijual juga harus direncanakan dari awal. Hal ini penting agar kamu bisa mengetahui besarnya estimasi yang diperlukan, utamanya untuk membeli bahan makanan. 

Bila bingung memilih apa menu yang akan disajikan, kamu bisa memilih paket usaha mini cafe. Umumnya, paket usaha ini sudah merancangkan menu-menu yang akan ditawarkan. Contohnya untuk menu minuman seperti teh dan kopi. Sedangkan, untuk menu makanan seperti mie instan, sosis bakar, bakso bakar dan lainnya. 

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar berhasil membuka usaha cafe modal 5 juta. Namun, jika kamu belum ingin membuka cafe sendiri, tidak ada salahnya untuk ikut membantu UMKM lain yang sedang menjalankan bisnis cafe tradisional di seluruh Indonesia. Dengan cara berinvestasi di microfinance marketplace Amartha mulai modalin dari Rp100.000 aja! Siap dapatkan imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun? Ayo modalin usaha ibu Mitra favoritmu.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan
perusahaan fintech

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tips Bisnis

5 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png