icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 6 Faktor yang Pengaruhi Kepuasan Pelanggan. Wajib Catat!
icon-lang
icon-lang

6 Faktor yang Pengaruhi Kepuasan Pelanggan. Wajib Catat!

By Team Amartha Blog - 10 Jun 2022 - 3 min membaca

Kepuasan pelanggan adalah kunci utama keberlangsungan suatu bisnis. Maka demikian, sudah pasti setiap bisnis apapun selalu bertekad memberikan yang terbaik untuk pelanggan mereka. 

Jika faktor-faktor pemuas pelanggan dapat terpenuhi secara optimal, maka loyalitas mereka pun dapat tercipta dan bertahan. Dengan demikian, pendapatan atau profit bisnis pun memperoleh peningkatan.

Di antara ketatnya persaingan bisnis, bisnismu dapat tetap berdiri kokoh di tengah guncangan apapun. Hal ini dikarenakan oleh kepuasan pelanggan yang terpenuhi. Nah, memang apa saja sih faktor-faktor yang memberi pengaruh pada rasa puas pelanggan? Berikut jawabannya:

1. Kualitas Barang atau Jasa

Aspek terpenting yang harus pebisnis perhatikan agar meraih tingkat kepuasan pelanggan optimal yakni kualitas barang atau jasa yang ditawarkan. Maka dari itu, kamu sebaiknya konsisten untuk menyediakan barang atau jasa berkualitas.

Dengan kualitas yang mumpuni, pelanggan dapat terpuaskan dan rasa ragu menghilang. Tidak hanya itu, kualitas yang baik pun menjadi pemasaran terbaik, karena pelanggan yang puas dapat merekomendasikan barang atau jasa tersebut pada orang lain.

2. Mutu Pelayanan

Faktor yang berpengaruh pada rasa puas pelanggan pun dapat berasal dari mutu pelayanan yang diberikan pengelola bisnis, seperti pemilik dan karyawan. Hal tersebut sangat krusial khususnya bagi pebisnis yang menyediakan jasa. 

Hal ini dikarenakan, penilaian pelanggan pada bisnismu sedikit banyak bisa dipengaruhi oleh mutu pelayanan itu sendiri. Maka dari itu, kamu sebaiknya memastikan agar konsisten memberikan mutu pelayanan terbaik, khususnya sesudah kegiatan jual-beli.

3. Ketetapan Harga

Ketika hendak memutuskan untuk membeli barang atau jasa, pelanggan tentunya akan membandingkan harga barang atau jasa yang sama antara sejumlah merek. Hal yang pengaruhi kepuasan pelanggan ini berarti, penetapan harga pun mempengaruhi rasa puas pelanggan. 

Nah, kamu sebaiknya konsisten meriset pasar sebelum menetapkan harga suatu barang atau jasa yang hendak dijual. Apabila memungkinkan, kamu dapat memberikan harga terjangkau, dengan mutu yang baik. Dengan begitu, pelanggan tidak akan merasa kecewa.

Baca Juga: Customer Value: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengukurnya

4. Pengalaman Berbelanja yang Positif

Kerap disebut customer experience, hal ini pun dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pengalaman ini sejalan dengan kemudahan dalam proses pembelian. 

Hal ini berarti, proses belanja yang fleksibel, mudah, dan cepat — memiliki minat pelanggan yang besar. Beberapa bonus seperti bebas ongkos tambahan, bebas ongkos kirim, serta varian metode pembayaran, pun dapat mempengaruhi rasa puas pelanggan.

5. Pengalaman Pelanggan atau Orang Lain

Testimoni pelanggan atau orang lain dapat menjadi indikator kepuasan pelanggan bisnismu. Inilah yang akhirnya akan berkontribusi pada pengalaman berbelanja yang ia peroleh. Hal ini disebabkan pelanggan dapat langsung membandingkan pengalaman orang lain dan pengalaman yang diperoleh sendiri. 

Jika pelanggan pun memperoleh pengalaman baik layaknya yang didapat orang lain, ia pun dapat merasa puas serta konsisten memilih produkmu di antara kompetitor lainnya.

6. Strategi Pemasaran

Faktor terakhir yang dapat berpengaruh pada kepuasan pelanggan dalam bisnis, yakni strategi pemasaran. Secara tidak sadar, strategi bisnismu dalam pembuatan promosi dan  iklan pun mempengaruhi ekspektasi pelanggan. 

Saat bisnismu berlebihan dalam berpromosi keunggulan produk serta layanan, tanpa menyematkan kondisi faktualnya, maka pelanggan bisa jadi merasa kecewa sebab apa yang diperoleh tidaklah cocok dengan apa telah mereka lihat serta yakini dari penawaran bisnismu.

Jadi, itulah 6 faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kamu sebaiknya memperhatikan faktor-faktor tersebut agar kepuasan para pelanggan dapat meningkat dan bisnis pun berjalan lancar. Apabila kamu belum memiliki suatu bisnis, maka kamu juga bisa mendaftar sebagai pemberi pinjaman (lender) di Amartha.

Dengan berinvestasi mulai dari 100 ribu di Amartha, maka kamu juga membantu perkembangan bisnis UMKM di Indonesia, lho! Selain turut serta dalam memberikan dampak positif, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

umkm go digital

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

apa itu UMKM

Pengertian UMKM, Jenis, Fungsi, dan Cara Mendaftarnya

ilustrasi: peran UMKM dalam perekonomian Indonesia

Kontribusi dan Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

usaha ternak yang menjanjikan

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png