icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?
icon-lang
icon-lang

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

By Tim Blog Amartha - 6 Apr 2024 - 3 min membaca

Ada berbagai langkah untuk bisa mewujudkan akselerasi bisnis di tengah zaman yang semakin modern. Salah satu langkah yang digemborkan dan diharapkan oleh pemerintah yakni UMKM Go Digital.

Dengan perkembangan media digital dan berbagai aktivitas yang sudah tersinkronisasi secara online, maka UMKM pun perlu semakin mengenal dunia digital. Mari simak artikel berikut untuk lebih mengenal tentang Go Digital yang ditargetkan untuk UMKM Indonesia, ketahui juga tujuan-tujuannya.

Mengenal tentang UMKM Go Digital

Saat ini, berbagai media digital sudah menjadi kebutuhan penting bagi berbagai kalangan. Jadi, jangan heran jika kini banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi jual-beli secara online dibandingkan datang langsung ke toko, supermarket, dan berbagai tempat berdagang lainnya.

Maka dari itu, digitalisasi pun perlu dipertimbangkan bagi para pelaku UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah, karena ada berbagai manfaat dan potensi yang bisa digali.

UMKM Go Digital merupakan sebuah gebrakan yang mengajak para pelaku UMKM untuk masuk dan memanfaatkan berbagai jenis platform digital atau online.

Hal ini berkaitan dengan berbagai aspek bisnis, mulai dari pemasaran produk, proses transaksi jual-beli, pemanfaatan berbagai teknologi, hingga berbagai adaptasi terhadap tren yang sedang berkembang.

Ada berbagai langkah dan tips yang bisa dilakukan untuk memulai digitalisasi dalam UMKM, misalnya:

1. Membuat toko online atau website untuk melakukan transaksi, kegiatan pemasaran, dan berbagai kegiatan bisnis lainnya. Buatlah tampilan yang menarik dan ramah pengguna, supaya semakin banyak pengunjung.

2. Memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk, melakukan promosi, memberikan informasi penting, hingga membuat dan membagikan berbagai konten menarik.

3. Jika akan memakai media sosial untuk pemasaran produk, maka ada baiknya mengenal tentang karakteristik dari jenis media sosial yang akan dipakai, supaya hasilnya lebih optimal.

4. Memanfaatkan sistem pembayaran digital, misalnya mobile banking dan dompet digital.

5. Melakukan berbagai riset pasar sesuai dengan target yang diharapkan

6. Melakukan berbagai interaksi dengan pelanggan, misalnya ketika sedang memanfaatkan media sosial.

7. Sebelum memasuki pasar digital, pelajari terlebih dahulu tentang cara menggunakan platform digital, supaya tidak ada kendala di tengah jalan.

Tujuan UMKM Go Digital

Ada berbagai tujuan atau target yang diharapkan dari Go Digital ini bagi berbagai kalangan UMKM di tanah air. Secara umum, berikut ini adalah berbagai tujuan yang diharapkan, simak masing-masing penjelasannya.

Menargetkan 30 Juta UKM yang Bergabung dengan Platform Digital

Tujuan pertama ini adalah hal yang utama digadangkan oleh pemerintah. Saat ini, bisa dibilang memang sudah cukup banyak UMKM di Indonesia yang semakin masuk dan memanfaatkan digitalisasi.

Pada tahun 2022, sudah sebanyak 19 juta UMKM yang bergabung ke berbagai platform digital. Masyarakat yang semakin ‘melek’ dengan teknologi membuat kalangan UMKM pun memanfaatkan hal tersebut, sehingga semakin banyak bisnis yang sudah disinkronisasi dengan berbagai kemajuan digital.

Namun, diharapkan angka tersebut dapat terus meningkat hingga mencapai target 30 juta pada tahun 2024.

Meningkatkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Untuk mendukung perkembangan UMKM dan membuat masyarakat Indonesia, terdapat sebuah gerakan yang bernama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Gerakan ini sebenarnya sangat dapat dikaitkan dengan gagasan UMKM Go Digital.  Dengan masuknya berbagai UMKM ke dalam platform digital, maka semakin banyak orang yang dapat lebih mengenal tentang produk-produk dalam negeri.

Hal ini akan semakin efektif jika target pasar yang diharapkan adalah kaum anak muda yang sangat dekat dengan dunia digital.

Jadi, bisa disebutkan bahwa adanya Go Digital bisa menjadi salah satu langkah untuk memajukan gerakan mencintai produk dalam negeri.

Baca Juga: Apa Itu Digitalisasi UMKM? Ini Pengertian dan Strateginya

Meningkatkan Transaksi dengan Memanfaatkan Digitalisasi

Gerakan UMKM Go Digital sebenarnya tidak hanya mengajak para pelaku UMKM untuk memakai platform digital. Namun, digitalisasi ini juga diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi UMKM.

Jika bisa memanfaatkan media digital dengan baik, maka UMKM bisa meningkatkan ‘kelas’-nya, misalnya dengan membuat transaksi bisnisnya semakin tinggi.

Ada banyak jenis platform digital yang bisa dipakai, mulai dari toko onlinewebsite, hingga media sosial. Dibutuhkan strategi tersendiri untuk mengoptimalkan setiap jenis platform.

Setiap bisnis pun bisa memiliki target pasar dan strateginya masing-masing. Sebagai contoh, para penjual pakaian bisa memanfaatkan media sosial Instagram atau Tiktok sebagai media promosi, lalu menarik peminatnya untuk melakukan transaksi di toko online mereka.

Meningkatkan Kreasi Produk UMKM

Selanjutnya, digitalisasi bisa memberikan dorongan bagi para pelaku UMKM untuk semakin berkreasi terhadap produk bisnis mereka.

Media digital dapat memberikan referensi untuk kreasi tersebut, berbagai informasi dan pembelajaran juga bisa dicari di sana. Hal ini bisa memberikan berbagai inspirasi untuk membuat kreasi produk terbaik sesuai dengan konsep bisnis mereka.

Selain itu, banyak pelaku UMKM yang bisa melihat berjalannya bisnis-bisnis lain, baik yang sejenis maupun tidak. Pengetahuan tersebut bisa membuat mereka lebih siap untuk menyusun kreativitas terbaik dalam menjalankan bisnis.

Dengan semakin meningkatnya kreativitas bisnis dan kreasi produk, maka pelaku UMKM semakin bersaing. Mulai dari pasar dalam negeri dengan berbagai kalangan target pasar, lalu akan lebih baik lagi jika bisa memperluas jangkauan pasar hingga ke berbagai negara lain.

Sebenarnya, ada banyak sekali potensi UMKM di Indonesia yang bisa dikembangkan untuk bersaing di pasar internasional. Namun, memang ada berbagai proses yang perlu diperhatikan, salah satunya yakni semakin melek terhadap digitalisasi.

Mempermudah Permodalan untuk Pelaku UMKM

Selain bisa bermanfaat untuk meningkatkan transaksi dan kreasi produk, adanya digitalisasi juga bisa membuat para pelaku UMKM semakin mudah untuk mendapatkan akses terhadap permodalan.

Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk orang-orang yang saat ini sedang berniat untuk membangun usaha atau bisnisnya.

UKM Go Digital Bersama Amartha

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya kini kamu semakin paham tentang program dan target yang diharapkan pemerintah terkait digitalisasi di kalangan UMKM. Pada dasarnya, berbagai target di atas memang bisa menjadi manfaat dan terobosan baru bagi berbagai kalangan pebisnis di Indonesia.

Adanya digitalisasi memang bisa bermanfaat untuk berbagai aspek bisnis. Salah satunya yakni tentang mempermudah akses untuk mendapatkan modal UMKM. Terkait kemudahan mendapatkan modal, para pemilik usaha mikro bisa mengajukan pinjaman kelompok dari Amartha untuk mendukung bisnis yang dijalankan.

Selain bisa menggunakan modal yang diperoleh untuk berbagai kegiatan produktif, pemilik modal juga bisa mendapatkan program pendampingan UMKM. Dengan begitu, maka perjalanan bisnis mereka akan lebih didukung dan didampingi, termasuk dalam aspek digitalisasi.

Dengan pinjaman kelompok ini, ada macam-macam keuntungan yang bisa didapatkan, yaitu sebagai berikut:

1. Bisa mengajukan pinjaman dengan langkah yang mudah.

2. Dapat mencairkan dana dengan diproses dengan cepat, tanpa adanya potongan untuk biaya administrasi.

3. Pengajuan pinjaman dilakukan secara berkelompok, tentunya dengan risiko yang telah terukur.

4. Peminjam mendapat pendampingan UMKM secara berkala, dengan fasilitas layanan yang ramah dan amanah.

Kamu juga bisa berpartisipasi dalam membantu UMKM untuk go digital. Caranya dengan turut serta dalam mendukung akses permodalan mereka melalui microfinance marketplace Amartha. Selain membantu dalam digitalisasi UMKM, kamu juga mendapatkan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun dengan modalin mulai dari Rp100.000 aja. Yuk, mulai mendanai sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

umkm go digital

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

apa itu UMKM

Pengertian UMKM, Jenis, Fungsi, dan Cara Mendaftarnya

digitalisasi UMKM

Apa Itu Digitalisasi UMKM? Ini Pengertian dan Strateginya

Perbedaan UKM dan UMKM

Mau Berbisnis? Kenali Perbedaan UKM dan UMKM

Transformasi Digital UMKM: Manfaat dan Upaya yang Dilakukan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png