icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Menilik Produksi UMKM Kerajinan Anyaman Rotan Milik Ibu Sarniwa
icon-lang
icon-lang

Menilik Produksi UMKM Kerajinan Anyaman Rotan Milik Ibu Sarniwa

By Tim Blog Amartha - 22 Jan 2024 - 3 min membaca

Ibu Sarniwa adalah satu mitra Amartha dari beberapa ibu rumah tangga lainnya yang membuka bisnis kerajinan anyaman rotan di Makassar, Sulawesi Tengah.

Saat ditemui di rumahnya, Ibu Sarniwa antusias menceritakan pengalamannya selama membuka bisnis kerajinan rotan ini. Dia mengatakan bahwa sudah hampir 10 tahun lamanya membuka bisnis ini untuk membantu meringankan perekonomian keluarga. Saat ini, suami bekerja sebagai tukang ojek yang sesekali membantu Ibu untuk mengantarkan pesanan dari hasil kerajinan rotan yang Ibu kerjakan. 

Perjalanan Usaha Produksi Anyaman Rotan

Awalnya Ibu Sarniwa belajar menganyam dari mertuanya yang juga sudah lebih dahulu membuka bisnis ini. Setelah itu mulai ikut usaha orang lain di kampungnya. Setelah mendapatkan kepercayaan diri dan ilmu yang cukup, Ibu memberanikan diri untuk membuka usaha ini sendiri yang kemudian semakin berkembang. Saat ini, Ibu memiliki dua orang karyawan yang membantu pekerjaannya.

Tak disangka kerajinan rotan menjadi sebuah usaha baru yang memberikan banyak rezeki baginya, sehingga Ibu mampu membiayai kehidupan sehari-hari untuk keluarga dan penuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya hingga mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

AAA02909.jpg

Rotan-rotan yang dijual Ibu Sarniwa adalah jenis usaha UMKM yang diproduksi sendiri. Ibu serta merta menunjukan beberapa contoh anyaman yang terbuat dari rotan yang dibuatnya untuk dijual, diantaranya adalah tatakan piring, keranjang dan beberapa anyaman lainnya. Ibu mengatakan jika anyaman rotan ini sangat kuat dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kerajinan rotan buatan Ibu dibandrol dengan harga yang cukup murah, yakni mulai Rp5 ribu - Rp30 ribu untuk satu produk tergantung dari jenis dan ukuran anyaman rotan tersebut. Ibu dapat menjamin pelanggan akan mendapat dengan kualitas yang baik hingga bisa bertahan lama dalam pemakaiannya.

Dalam sehari Ibu dan karyawannya bisa membuat anyaman sebanyak 20-50 buah,  bahkan jika pesanan sedang membludak, Ibu bisa memproduksi anyaman hingga 400 pcs dalam seminggu. Dari bisnis anyaman rotan Ibu bisa mendapatkan omset mencapai Rp150.000 per hari. 

Saat ini, produk anyaman rotan Ibu rutin disetorkan di beberapa toko oleh-oleh atau dibuat melalui pesanan saat ada hari besar tiba. Hasil anyaman rotan Ibu penuh dengan variasi warna dan dengan berbagai macam jenis ini membuatnya terlihat menarik untuk dibeli.

“Ibu dan teman-teman melakukan proses pembuatan anyaman rotan ini dari nol. Dari memotong triplek dan mengecat. Untuk prosesnya kadang menghabiskan waktu setengah hari atau lebih tergantung dari bentuk dan rumitnya.”

Harapan Usaha Anyaman Rotan Ibu Sarniwa

Ibu sendiri telah bergabung di Amartha sudah lima tahun lamanya. Permodalan yang Ibu dapatkan dari pendana baik Amartha Ibu gunakan untuk membeli bahan baku membuat anyaman. Tak terkecuali, alat-alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan anyaman rotan meliputi alat antara lain maje, pusut, meteran, potongan kuku, penjepit, sikat, palu, dan baskom.

Ke depannya, Ibu memiliki harapan besar untuk membuka toko retail agar lebih memudahkan pelanggan untuk berbelanja.

“Ibu sudah cocok sekali membuka usaha anyaman rotan ini, karena usaha ini bukan usaha musiman. Jadi masih banyak yang cari walau tidak ada hari khusus. Makanya Ibu punya mimpi untuk membuka toko terutama di pinggir jalan atau di pasar yang ramai dilewati pembeli.”

Meski saat ini Ibu belum bisa membuka toko offline, Ibu tetap semangat dan bahkan menyemangati perempuan tangguh lainnya di luar sana untuk tetap berusaha untuk bisa sukses.

Simak video bersama Ibu Sarniwa mengenai bisnis rotan miliknya, selengkapnya di bawah ini

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Ini saatnya kita dukung bisnis pengusaha UMKM wanita tak hanya Ibu Sarniwa, tapi juga pengusaha lainnya di seluruh Indonesia agar mereka bisa terus meningkatkan kesejahteraan merata. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha.

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Lestarikan Budaya Indonesia dengan Bisnis Anyaman Bilik

Cerita Mitra

Manisnya Keuntungan Usaha Tani dari Budidaya Strawberry

Cerita Mitra

Peluang Usaha Kerupuk Mie Sangrai yang Wujudkan Banyak Mimpi

Cerita Mitra

Hidupi Keluarga Hingga Buka Lapangan Kerja dari Usaha Budidaya Lobak Putih

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png