icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Jangan Takut Rugi! Ini Cara Tepat Investasi untuk Pemula
icon-lang
icon-lang

Jangan Takut Rugi! Ini Cara Tepat Investasi untuk Pemula

By Tim Blog Amartha - 15 Nov 2023 - 3 min membaca

Investasi untuk pemula bisa kamu lakukan sebagai cara tepat mengelola keuangan selain menabung di bank. Melalui investasi, kamu akan dapat imbal hasil yang bisa dikumpulkan untuk dana hari tua. Oleh sebab itu, investasi bersifat jangka panjang dan konsisten.

Lalu, kamu salah besar jika beranggapan bahwa investasi harus dimulai dengan nominal jutaan. Tersedia investasi modal kecil yang bisa kamu ikuti mulai dari Rp100 ribu saja, sehingga tidak perlu takut rugi. Seperti empat jenis investasi berikut ini yang jadi contoh investasi modal kecil untuk kamu coba.

Mengenal Jenis-jenis Investasi untuk Pemula

Untuk menemukan investasi yang paling cocok, berikut ini lima jenis investasi yang bisa kamu mulai dengan modal kecil sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian.

Emas 

Harga emas cenderung stabil dan bahkan meningkat setiap saat, sehingga kamu berpotensi untung apabila berinvestasi di instrumen satu ini. Adapun modal untuk investasi emas mulai dari Rp10 ribu saja.

Kamu bisa memulai dengan nominal kecil terlebih dahulu, kemudian melanjutkan dengan nominal yang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak pula. Instrumen emas terdiri dari emas fisik atau emas digital, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan preferensi saja.

Bila emas fisik, maka kamu harus menyiapkan satu tempat khusus untuk penyimpanannya. Ini demi melindungi emas fisik dari risiko kehilangan. 

Sedangkan, bila berinvestasi dengan emas digital akan terasa lebih tenang karena diatur secara online tanpa memerlukan emas fisiknya. Tentu saja dengan nilai setara dengan emas fisik, sehingga emas digital jadi solusi yang lebih sesuai dengan kondisi serba digital dan modern saat ini.

P2p Lending

Selanjutnya, ada jenis investasi p2p lending yang cocok sebagai investasi untuk pemula karena praktis serta bisa dimulai bermodalkan Rp100 ribu. Investasi ini akan mengumpulkan sejumlah dana dari investor untuk kemudian disalurkan pada borrower, atau pihak yang menerima pendanaan.

Kamu akan menerima dana investasi dengan imbal hasilnya ketika masa pendanaan sudah selesai. Kelebihan dari investasi p2p lending adalah kamu bisa melakukan crowdfunding dan lebih mudah melakukan mitigasi risiko dari investasi yang dilakukan.

Sebagai contoh, terdapat Amartha sebagai p2p lending yang menyediakan pendanaan untuk pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di desa. Kamu bisa memilh mitra pilihan dengan modalin mulai dari Rp100.000 saja. 

Reksadana 

Investasi pemula yang satu ini juga menjadi opsi menarik jika kamu ingin memulai investasi tapi modalnya masih minim. Sebab, reksadana menyediakan opsi berinvestasi mulai dari Rp10 ribu.

Adapun alur investasinya adalah manajer investasi akan mengumpulkan dana dari sejumlah investor, lalu mengelolanya ke berbagai instrumen seperti obligasi, pasar uang, serta saham.

Lebih jelasnya, manajer investasi tersebut mengukur profil risiko kamu lalu menyebar modal, atau diversifikasi, ke instrumen yang paling cocok dengan hasil dari pertimbangan profil risiko agar mendapatkan keuntungan yang optimal. 

Investasi untuk pemula melalui reksadana cukup populer karena pertumbuhan yang cukup stabil dengan risiko yang minim. Namun, apabila harga sedang turun, modal kamu pun juga bisa ikut berkurang. Maka dari itu, kamu pun harus riset dulu manajer investasi yang terbaik melalui track record tertera. 

Jadi, bila menyukai yang minim risiko bisa memilih manajer investasi dengan track record terjamin agar tingkat return yang kamu dapatkan tetap stabil.

Surat Berharga Negara (SBN)

Berikutnya, ada investasi SBN (Surat Berharga Negara) yang mulai banyak diminati khususnya oleh millenial. Bukan tanpa sebab, mengingat SBN cukup mudah karena investasinya bisa kamu lakukan secara online.

Adapun investasi SBN ini merupakan investasi membeli surat utang dari pemerintah. Keuntungan yang dijanjikan cukup besar, bisa di atas 6%. Keamanannya pun terjamin sebab diatur oleh pemerintah.

Investasi SBN terdiri dari SBR (Saving Bond Ritel) dalam bentuk obligasi negara, lalu ada ORI (Obligasi Negara Ritel) dalam bentuk Surat Utang Negara untuk investor ritel, hingga sukuk tabungan dalam bentuk Surat Berharga Syariah Negara.

Kamu bisa berinvestasi minimal Rp1 juta di instrumen SBN. Kemudian, imbal hasil yang didapatkan sesuai jadwal jatuh tempo dan nilainya berdasarkan kesepakatan awal. 

Deposito 

Satu lagi investasi untuk pemula yang cocok jika kamu mencari yang untung dan rendah risiko, yaitu deposito. Opsi ini merupakan investasi jangka panjang dengan kurun waktu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, lalu 6 bulan, hingga 1 tahun maupun 2 tahun.

Kamu bisa melihat kebijakan bank yang ingin menjadi tujuan investasi depositonya agar tahu imbal hasil yang akan didapat. Umumnya, imbal hasil dimulai dari 4% hingga 7% per tahun dengan jumlah pajak 20%, yang berlaku untuk investasi deposito di atas Rp7 juta.

Deposito termasuk investasi yang minim risiko, itulah mengapa kamu yang pemula bisa mencobanya. Keamanan deposito pun dijamin LPS, atau Lembaga Penjamin Simpanan, jadi lebih terpercaya.

Bila sewaktu-waktu bank tempat investasi deposito mengalami kebangkrutan, kamu tetap berhak dapat dana depositonya secara utuh, maksimal Rp2 miliar dari LPS tersebut.

Kalau kamu punya goals yang ingin dicapai pada jangka waktu tertentu, misalnya untuk dana pendidikan 1 tahun lagi, maka berinvestasi pada instrumen ini akan jadi solusi yang sesuai. 

Tujuan Berinvestasi

Setelah mengetahui apa saja jenis investasi untuk pemula yang bisa dimulai dengan modal kecil, berikut ini beberapa tujuan seseorang melakukan investasi.

Mengamankan Kekayaan

Investasi akan meminimalisir risiko penurunan aset akibat inflasi sebab bisa dialokasikan ke instrumen yang variatif.

Dana Pensiun

Investasi jangka panjang jadi cara mengumpulkan dana pensiun agar menjamin kehidupan hari tua yang sejahtera.

Dana Darurat 

Pencairan yang mudah membuat investasi jadi opsi sumber dana saat ada kebutuhan mendesak.

Menambah Sumber Penghasilan

Imbal hasil dari investasi bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama. Persentase keuntungan setiap instrumen investasi berbeda, sesuai kesepakatan yang berlaku.

Manfaat Berinvestasi

Adapun manfaat yang akan kamu rasakan ketika rutin berinvestasi adalah sebagai berikut:

Menambah Aset 

Kamu bisa meningkatkan jumlah aset melalui hasil investasi dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun.

Manajemen Kekayaan 

Investasi yang kamu alokasikan dalam berbagai instrumen akan mewujudkan manajemen kekayaan yang baik karena tidak menumpuk di satu tempat saja.

Menghindari Hutang 

Investasi membuat kamu jadi lebih hemat dan menghargai uang, sehingga gaya hidup lebih sederhana dan akan melunasi hutang yang ada, lalu menghindari berutang lagi di masa depan agar kondisi ekonomi semakin membaik. 

Kebebasan Finansial 

Investasi jadi salah satu jalan mencapai kebebasan finansial yang jadi tanda kesuksesan dalam hidupmu.

Setelah mengetahui jenis, tujuan, serta manfaat investasi untuk pemula, instrumen investasi apa yang tertarik kamu coba? Jika ingin investasi dengan modal kecil dan telah berizin OJK, kamu bisa mulai berinvestasi di Amartha.

Mulai modalin sebesar Rp100.000, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya. Mengumpulkan dana pensiun untuk hari tua pun terasa selangkah lebih dekat. Yuk, segera mendanai di Amartha

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

investasi untuk pemula

Jangan Takut Rugi! Ini Cara Tepat Investasi untuk Pemula

Keuangan
investasi sosial

Apa Itu Investasi Sosial? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Keuangan
Ilustrasi tips investasi yang menguntungkan

Investasi yang Menguntungkan, Cuan Bertambah!

Keuangan

Deretan Investor Muda Indonesia Yang Inspiratif, Kamu Selanjutnya?

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png