icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Apa Itu Investasi Sosial? Ini Pengertian dan Manfaatnya
icon-lang
icon-lang

Apa Itu Investasi Sosial? Ini Pengertian dan Manfaatnya

By Tim Blog Amartha - 14 Nov 2023 - 3 min membaca

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang berbagai jenis investasi yang bisa dilakukan, termasuk dengan dana yang terbatas. Semakin berkembangnya teknologi, investasi pun dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan praktis. Tapi, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang investasi sosial?

Kalau kamu ingin melakukan investasi sekaligus turut serta dalam mendukung berbagai proyek sosial, maka inilah jenis investasi yang cocok buat kamu!

Jadi, dalam sekali aktivitas, kamu bisa mendapatkan imbal hasil sekaligus bermanfaat bagi masyarakat. Simak penjelasan dalam artikel ini sampai tuntas, lalu pastikan kamu terlibat dalam pelaksanaan investasi ini!

Mengenal tentang Investasi Sosial

Apa yang terbayang di dalam pikiranmu ketika mendengar kata investasi? Apakah tentang menanamkan sejumlah aset dengan tujuan mendapatkan berbagai keuntungan? Atau, kamu berpikir bahwa investasi merupakan salah satu jalan untuk mencapai berbagai target finansial di masa mendatang?

Ya, hal tersebut memang tidak salah, karena keuntungan adalah salah satu unsur penting ketika akan melakukan investasi. Berbagai target finansial juga bisa dicapai dengan lebih mudah jika kamu semakin paham tentang berbagai cara untuk berinvestasi.

Namun ternyata, keuntungan tersebut bukan hanya dapat dilihat dari jumlah uang yang dihasilkan dari investasi, tapi juga bisa dilihat dari banyak hal lainnya. Target masa depan pun tidak selalu soal nominal uang, melainkan bisa berupa kesejahteraan yang berkepanjangan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Maka dari itu, ada yang disebut dengan investasi sosial, inilah salah satu wujud kontribusi para investor terhadap pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, berbagai manfaat pun bisa didapat oleh berbagai pihak.

Investasi jenis ini dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan sosial atau kemasyarakatan di suatu kawasan, sehingga dampak baik atau manfaatnya akan terasa dengan lebih nyata.

Bagaimana, apakah kamu mulai tertarik dengan jenis investasi sosial? Jika kamu sudah mulai tertarik, maka kamu dapat menjadi salah satu orang yang dapat membawa banyak perubahan bagi masyarakat.

Manfaat Melakukan Investasi Berdampak Sosial

Sebenarnya, apa saja sih manfaat dari jenis investasi yang satu ini? Lalu, mengapa orang-orang perlu lebih memperhatikan dan berkontribusi dalam jenis investasi ini?

Tentu saja, kegiatan ini dibuat bukan tanpa alasan, karena ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, baik dari masyarakat maupun untuk para pihak yang melakukan investasi.

Manfaat bagi Masyarakat

Pertama, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat, khususnya yang menjadi sasaran dari proyek investasi, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan kemandirian dan kapasitas dari masyarakat.
  • Meningkatkan kemampuan berbagai kalangan masyarakat dalam hal pengelolaan sumber daya alam, khususnya secara berkelanjutan.
  • Meningkatkan kualitas hidup dari masyarakat dalam berbagai aspek, misalnya kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

Itulah berbagai manfaat yang secara umum dapat kamu perhatikan dan pertimbangkan. Bayangkan saja, dengan melakukan investasi sosial, maka kamu bisa membantu masyarakat untuk mencapai banyak hal!

Manfaat ini pun dapat diterima oleh berbagai kalangan, baik masyarakat sekitar ataupun pemangku kepentingan lainnya. Dengan begitu, maka kawasan terseburt dapat lebih dikenmbangkan melalui berbagai aspek.

Tentunya, program dari investasi ini akan mempertimbangkan berbagai aspek yang ada di kawasan tersebut. Perlu ketahui terlebih dahulu apa saja yang perlu diikembangkan untuk kesejahteraan masyaraakat.

Manfaat bagi Pihak yang Melakukan Investasi

Selanjutnya, ada pula berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh pihak yang melakukan investasi, biasanya dilakukan oleh berbagai perusahaan.

  • Dapat meningkatkan reputasi, khususnya untuk perusahaan atau personal yang sedang mengembangkan branding-nya.
  • Menjalankan berbagai regulasi yang berlaku.
  • Mendapatkan lisensi sosial, sehingga dapat sangat berguna untuk berbagai kepentingan yang membutuhkan lisensi yang satu ini.
  • Termasuk dalam bagian manajemen risiko dalam hal lingkungan dan sosial
  • Menciptakan berbagai keunggulan, sehingga program kegiatan dalam investasinya pun dapat disesuaikan dengan situasi dan target yang diharapkan.

Setelah melihat berbagai manfaat di atas, mungkin saja kamu berpikir bahwa sebagian  besar manfaat tersebut hanya diterima untuk perusahaan. Namun, sebenarnya secara pribadi pun kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari investasi ini.

dalam berbagai jenis program yang dijalankan, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil tertentu. Misalnya, ketika membuat sebuah program yang sedang memajukan UMKM di kawasan tertentu, maka kamu bisa saja mendapat imbal hasil dalam jumlah tertentu sesuai dengan kesepakatan awal.

Praktik Investasi Berdampak Bedampak Sosial Saat Ini

Saat ini, di Indonesia juga sudah mulai ditemui berbagai jenis investasi berdampak sosial. Ada berbagai hal yang bisa termasuk dalam praktik investasi yang satu ini, misalnya:

  • Proyek komunitas atau yang juga dikenal dengan community project
  • Pengembangan berbagai jenis bisnis lokal atau local business employment
  • Memberikan kesempatan kerja bagi berbagai kalangan masyarakat lokal atau local employment

Selanjutnya, ada berbagai langkah yang perlu ditempuh dalam melakukan praktik investasi sosial ini, yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan perencanaan secara strategis
  • Melakukan perencanaan untuk setiap kurun waktu satu tahun
  • Melakukan berbagai perencanaan yang adaptif
  • Menguasai berbagai pengetahuan dan ide dasar untuk melakukan pengembangan terhadap masyarakat sekitar
  • Penguasaan terkait berbagai jenis kondisi kemasyarakatan serta hal-hal lain di sekitarnya
  • Penguasaan tentang berbagai norma atau standar dalam melakukan CSR atau pengembangan masyarakat, serta mengetahui cara memodifikasinya untuk perkembangan di Indonesia

Contoh Investasi Sosial

Setelah mengetahui berbagai penjelasan tentang investasi berdampak sosial, pastinya kamu semakin terbayang tentang konsep dari investasi yang satu ini. Selain mendapatkan keuntungan dari berbagai program atau proyek yang dibuat, kamu juga dapat turut serta bagi berbagai pengembangan sosial di masyarakat. Sangat menarik, bukan?

Sekarang, mari kita mengenal salah satu contoh investasi yang satu ini, yaitu dari Amartha. Kamu bisa melakukan investasi berdampak sosial bersama Amartha, sehingga kamu pun bisa dengan mudah membantu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai daerah.

Ada berbagai program yang dilaksanakan, antara lain yaitu:

  • Donasi Sosial, yang merupakan program donasi untuk berbagai keperluan sehari-hari. Misalnya, kompor gas, susu formula, kacamata gratis, spanduk untuk mendukung UMKM, dan sebagainya.
  • Desa Digital, yang berisi program penyediaan fasilitas digital bagi masyarakat pedesaan, yaitu berupa fasilitas wifi gratis di berbagai titik akses.
  • Beasiswa Cendekia Amartha atau program pemberian beasiswa kepada siswi berprestasi. Selain bantuan dalam mendukung biaya pendidikan, program ini juga meliputi program pendampingan dari kakak asuh dan memberikan berbagai jenis kelas motivasi supaya dapat menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi.
  • Local Heroes Award, yang merupakan ajang untuk memilih dan memberikan anugerah kepada para perempuan tangguh dan inspiratif dari pedesaan.
  • Nyalakan Desa, yang merupakan program mendonasikan lampu bertenaga surya sehingga dapat membantu aktivitas sehari-hari masyarakat
  • Tanam Mangrove, yang merupakan program kerjasama dengan Blueforest untuk menanam 4.000 pohon mangrove di kawasan konservasi.
  • Selain itu, kamu juga bisa turut membantu pendanaan dan perkembangan pelaku usaha mikro.

Dengan berpartisipasi dalam pendanaan berbagai program di atas, maka kamu telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Pada dasarnya, kesejahteraan memang dapat diperjuangkan bersama-sama, sehingga hasil yang dicapai dapat lebih maksimal.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai investasi sosial bersama Amartha  dan raih bagi hasil hingga 15% flat per tahun sekaligus turut berkontribusi bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

 istilah investasi

Investor Pemula Wajib Tahu! Ini 15 Istilah Investasi

Keuangan
compound interest adalah

Compound Interest Adalah: Pengertian, Konsep, Cara Hitung, dan Keuntungannya

Keuangan
investasi sosial

Apa Itu Investasi Sosial? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Keuangan
Ilustrasi tips investasi yang menguntungkan

Investasi yang Menguntungkan, Cuan Bertambah!

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png