icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Untung Besar! Berikut 5 Usaha Ternak Modal 300 Ribu
icon-lang
icon-lang

Untung Besar! Berikut 5 Usaha Ternak Modal 300 Ribu

By Team Amartha Blog - 2 Mar 2023 - 3 min membaca

Usaha ternak modal 300 ribu bukan tidak mungkin dilakukan di masa sekarang ini. Usaha ternak ini banyak diminati oleh masyarakat, selain karena modalnya kecil, bisnis ini juga bisa dilakukan dari rumah saja.

Tak sedikit cerita sukses para peternak yang memulai dengan modal ratusan ribu rupiah saja hingga berakhir meraih omzet jutaan rupiah. 

Apakah kamu berminat untuk membuka usaha ternak dari rumah? Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini adalah rekomendasi usaha ternak bermodalkan 300 ribu yang bisa kamu mulai!

Inilah 5 Usaha Ternak Modal 300 Ribu, Bisa Dilakukan di Rumah!

Berikut ini daftar usaha ternak dengan modal mulai Rp300 ribu yang bisa jadi pilihan bagi kamu yang hendak memulai usaha. 

Usaha Ternak Lele

Untuk dapat memulai usaha ternak lele, kamu bisa menyiapkan kolam terpal di belakang rumahmu dengan harga Rp15 ribuan per meter perseginya. Untuk harga bibit lele sendiri di ukuran 15–18 cm hanya sekitar seribu rupiah saja. 

Kemudian, kamu juga bisa membeli pakan dengan harga Rp65 ribu per 5 kg. Selain perlengkapan usahanya yang terjangkau, ternak lele termasuk dalam usaha ternak 1 bulan panen sehingga dapat dikembangkan lebih cepat. 

Usaha Ternak Jangkrik

Siapa yang menyangka bahwa jangkrik yang kita anggap sebagai serangga biasa ternyata memiliki nilai jual yang tinggi juga. Biasanya jangkrik dipakai sebagai pakan untuk burung dan ikan. Jika kamu ingin merintis usaha ternak jangkrik ini bisa mulai dengan modal Rp300 ribu saja. Kamu bisa membeli telur jangkrik dengan harga Rp200 ribu per kilonya. 

Kemudian membeli kotak sebagai tempat penyimpanannya dengan harga Rp20 ribu hingga Rp100 ribu di marketplace. Selanjutnya, jangan lupa untuk menyiapkan pakan bagi jangkrik yang kamu ternak. Harga pakan yang berupa sayuran dan konsentrat ayam bisa didapatkan mulai Rp15 ribu. Pembeliaan juga dapat disesuaikan dengan banyaknya jangkrik yang kamu ternak.

Baca Juga: Perkiraan Modal Bisnis Hewan Ternak Sapi dan Kambing

Usaha Ternak Burung Puyuh

Telur burung puyuh banyak dicari untuk olahan makanan, begitu juga dengan dagingnya yang lezat. Prospek bisnis ini pun bisa dibilang cukup menjanjikan. Modal awal untuk merintisnya juga termasuk murah, termasuk ke usaha ternak modal 300 ribu. Bibit burung puyuh bisa kamu beli di pasaran dengan harga kisaran Rp8 ribu per ekornya. 

Untuk kandangnya sendiri kamu bisa alokasikan Rp200 ribu. Sementara untuk pakannya juga terjangkau, hanya Rp10 ribu saja per kilonya. Tak mengejutkan jika bisnis ini masuk ke kategori usaha yang bisa dimulai dengan modal mulai Rp300 ribu saja.

Usaha Ternak Ikan Hias

Selanjutnya ada usaha ternak ikan hias. Usaha ternak yang cocok untuk anak muda ini juga memiliki banyak peminat, bisa bermodalkan Rp300 ribu asal memulai dengan jumlah bibit yang sedikit.

Sebab harga untuk bibit ikan hias juga variatif, ada di kisaran harga mulai Rp2 ribu sampai Rp30 ribu. Untuk aquarium sendiri estimasinya bisa dibeli dengan harga mulai Rp 200 ribu. Untuk pakannya sendiri bisa dibeli mulai Rp10 ribu saja.

Usaha Ternak Semut Kroto

Jenis usaha ternak menguntungkan di lahan sempit yang satu ini memang masih terbilang langka. Namun sudah bisa kamu mulai dengan modal Rp300 ribu saja. Bibit semut kroto sendiri dijual dengan harga Rp25 ribu per toplesnya. 

Rak kayu untuk penyimpanan bisa kamu beli dengan harga Rp150 – 200 ribu. Sementara toples sarang semut bisa didapat hanya dengan Rp3 ribu saja per pcs-nya. Pakan yang diberikan bisa berupa belalang, cacing tanah ataupun jangkrik. 

Nah, itulah macam-macam usaha ternak modal 300 ribu yang bisa kamu lakukan di rumah sebagai tambahan penghasilan. Jika digeluti dengan serius bisa mendatangkan banyak keuntungan di masa mendatang!

Artikel Terkait

cara ternak kambing pemula

Anti Rugi! 6 Cara Ternak Kambing Pemula

Tips Bisnis
usaha ternak yang menjanjikan

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

Tips Bisnis

Untung Besar! Berikut 5 Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Tips Bisnis

Perkiraan Modal Bisnis Hewan Ternak Sapi dan Kambing

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png