icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!
icon-lang
icon-lang

6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

By Tim Blog Amartha - 18 Mar 2024 - 3 min membaca

Mengetahui tips hemat anak kost akan membantu kamu yang ingin mempertahankan keuangan tetap aman hingga akhir bulan. Jatah uang bulanan atau gaji yang terbatas mengharuskan kamu untuk berhemat dan paham cara mengatur keuangan yang tepat. 

Begitulah cara agar kamu tetap bisa makan dengan cukup walau sudah tanggal 20-an. Bila tidak pandai mengatur dan mengelola keuangan, kamu akan khawatir terhadap aktivitas keuanganmu. Jadi, mari simak tips hemat dan keuntungannya di bawah ini!

6 Tips Hemat Anak Kost dan Keuntungannya

Menerapkan gaya hidup hemat tidak sesulit yang kamu kira. Banyak kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu ubah untuk mengoptimalkan keuangan setiap bulannya. Tips-tips berikut ini bisa jadi referensi untuk kamu terapkan sebagai anak kost:

Tips Mengatur Keuangan Anak Kost

Mulai dari menyusun anggaran per bulan hingga memanfaatkan fasilitas gratis, tips di bawah ini jadi cara hidup hemat yang efektif untuk anak kost: 

1. Selalu Menyusun Anggaran Kebutuhan Bulanan

Kamu perlu menjumlahkan seluruh pemasukan per bulan terlebih dahulu. Ini menyesuaikan apakah kamu sudah bekerja dan memiliki pemasukan sendiri atau masih kuliah dan masih mengandalkan uang bulanan dari orang tua. 

Bila kamu kuliah sambil bekerja, maka jumlahkan uang bulanan dengan gaji utama kamu. Setelah itu, buat daftar pengeluaran tetap mulai dari biaya sewa kost, tagihan air, hingga token listrik. 

Lanjutkan dengan menuliskan pengeluaran per bulan yang tidak tetap, seperti hiburan hingga jalan bersama teman. Tips hemat anak kost ini akan membantu kamu mengetahui sumber pemasukan dan pengeluaran. Jadi, kamu dapat mengaturnya agar tidak lebih besar pasak daripada tiang.

2. Membuat Skala Prioritas

Anggaran kebutuhan akan lebih efisien ketika kamu menerapkan skala prioritas. Setiap bulannya kamu mungkin saja memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi, urutkan dari pengeluaran paling urgent terlebih dahulu. 

Sebagai contoh, kamu harus membeli buku cetak yang wajib untuk mata kuliah. Maka dari itu, biaya membeli buku tersebut harus kamu letakkan paling atas bersama pengeluaran prioritas lainnya. 

Kamu pun mungkin harus merelakan pengeluaran untuk kebutuhan sekunder, seperti hiburan dan skincare. Jadi, pengeluaran tidak menjadi lebih besar yang berisiko membuat uang habis lebih dulu sebelum akhir bulan. 

3. Sisihkan Uang untuk Ditabung di Awal Bulan

Menabung yang efektif sebaiknya jangan menunggu dari uang yang tersisa di akhir. Utamakan sisihkan uang tabungan di awal bulan saat menerima pemasukan bulanan. Porsi menabung yang ideal adalah 20 persen dari keseluruhan pemasukan. 

Kamu juga bisa membuat rekening khusus untuk tabungan agar tidak mudah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. 

4. Membawa Bekal dan Masak Sendiri

Makanan termasuk jenis pengeluaran terbesar bagi anak kost. Maka dari itu, tips hemat anak kost yang wajib kamu terapkan adalah membawa bekal hasil masakan sendiri. Kamu bisa menyesuaikan menu masakan dengan selera pribadi. 

Tidak lupa batasi anggaran untuk masak agar kamu bisa mencari bahan-bahan masakan termurah di pasar atau toko sembako. Buat beberapa porsi sekaligus dalam sekali masak. Jadi, kamu dapat menghindari jajan di luar karena sudah memiliki makanan sendiri.

Masak hemat ala anak kost juga bisa memanfaatkan alat yang multifungsi seperti panci listrik atau rice cooker.

5. Memilih Galon daripada Air Mineral Botol

Tips hemat bagi anak kost selanjutnya adalah mengandalkan galon untuk minum sehari-hari. Jangan membeli air mineral botol satuan setiap hari, sebab cenderung lebih mahal. Membeli galon lebih ekonomis karena satu galon berisi mulai dari 15 liter hingga 19 liter. 

Kamu juga bisa menggunakan air galon untuk masak dan sebagai bekal air minum. Jadi, kamu lebih hemat dan untung dengan memilih air galon.

6. Memanfaatkan Fasilitas Gratis untuk Mahasiswa/Karyawan

Satu lagi tips hemat anak kost yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni memanfaatkan fasilitas gratis yang terdapat di kampus atau kantor. Misalnya, memanfaatkan WiFi gratis dari kampus hingga meminjam buku cetak kuliah dari perpustakaan kampus.

Kamu juga bisa mendapatkan makan gratis melalui event atau workshop kampus. Jadi, selain mendapat ilmu kamu juga untung karena bisa menghemat uang makan. 

Baca Juga: 6 Tips Atur Uang Anak Kost, Aman Sampai Akhir Bulan!

Keuntungan Hidup Hemat Bagi Anak Kost

Menerapkan gaya hidup hemat juga memberikan berbagai keuntungan, di antaranya sebagai berikut:

1. Tidak Kekurangan Finansial

Memiliki gaji atau pemasukan besar belum tentu membuat kamu berkecukupan secara finansial. Sebab, bisa saja pengeluaran kamu lebih besar dan tidak memiliki tabungan yang cukup. Itulah mengapa, hidup hemat membantu kamu cukup secara finansial dengan memastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. 

Kamu tidak mudah mengeluarkan uang untuk keinginan yang sebenarnya tidak perlu. Pun jika memiliki uang lebih, kamu bisa sisihkan untuk ditabung atau menginvestasikan uang tersebut untuk mendapat passive income.

Dapatkan passive income saat masih jadi anak kost kini lebih mudah melalui pendanaan di microfinance marketplace Amartha dan bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Hal ini tentu sangat membantu mencapai tujuan finansial, sehingga kamu tidak kekurangan dan berkecukupan setiap bulan.

2. Menjadikan Mandiri

Menerapkan tips hemat anak kost juga mendorong kamu jadi lebih mandiri. Ini mengingat kamu sudah terbiasa bertanggung jawab dalam mengelola keuangan pribadi. Kamu juga berusaha agar bisa menanggung kebutuhan dengan biaya yang ada tanpa meminta tambahan lagi dari orang tua.

3. Bijak dalam Mengambil Keputusan

Ketika hidup hemat, kamu akan terbiasa untuk memprioritaskan kebutuhan daripada menuruti keinginan. Ini akan membentuk pola pikir lebih bijak ketika kamu mengambil keputusan. Kamu tidak akan mudah bimbang atau terpengaruh dengan keinginan semata.

Pengambilan keputusan pun menjadi lebih kritis dan praktis, karena kamu tahu mana yang harus didahulukan.

4. Jauh dari Pola Hidup Konsumtif

Berhemat membuat hidup jadi lebih tenang tanpa tekanan untuk menuruti gaya hidup pada umumnya. Apabila sudah biasa berhemat, otomatis gaya hidup akan mengikuti cenderung lebih sederhana yakni mengutamakan kebutuhan utama dalam hidup. Kebiasaan ini umumnya dikenal dengan hidup minimalis, yang hanya membeli barang sebutuhnya saja.

5. Terhindar dari Sikap Boros dan Berhutang

Satu lagi keuntungan dari hidup hemat yang akan melindungi keuangan kamu jangka panjang, yaitu tidak boros maupun berhutang. Kamu akan memprioritaskan pemasukan yang ada untuk memenuhi kebutuhan pokok serta menyisihkan sebagiannya untuk tabungan.

Ini membantu kamu berkecukupan secara finansial sehingga tidak perlu berhutang untuk mendapatkan dana tambahan. Anda bahkan bisa memiliki dana darurat ketika harus membiayai kebutuhan mendesak.

Berbagai tips hemat anak kost tersebut dapat kamu terapkan agar selalu berkecukupan dan terhindar dari kelaparan di akhir bulan. Kamu pun bisa terhindar dari kekurangan finansial bila menerapkan hidup hemat.

Mewujudkan kecukupan finansial dapat kamu lakukan dengan melakukan pendanaan di Amartha. Dengan modalin pengusaha UMKM mulai dari modal kecil Rp100.000 aja, kamu bisa dapatkan imbal hasil sebesar 15% flat per tahun. Tunggu apalagi, yuk download dan daftar di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

cara mengatur keuangan rumah tangga

Anti Boros! 9 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Keuangan
Tips Hemat Anak Kost

6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

Keuangan
Apa itu quarter life crisis

Apa Itu Quarter Life Crisis? Ini Tanda dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup
atur uang anak kost

6 Tips Atur Uang Anak Kost, Aman Sampai Akhir Bulan!

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png