icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Bagaimana Cara Melipatgandakan Uang? Cek Rahasianya!
icon-lang
icon-lang

Bagaimana Cara Melipatgandakan Uang? Cek Rahasianya!

By Team Amartha Blog - 27 Feb 2023 - 3 min membaca

Cara melipatgandakan uang yang akurat dan tepat dimulai dari memiliki keahlian mengelola masalah finansial. Walaupun pendapatan kamu masih sedikit per bulannya, uang tetap bisa bertambah jumlahnya dengan manajemen keuangan yang baik.

Berbicara soal uang, nominal Rp100.000 mungkin terkesan kecil untuk memenuhi kebutuhan. Namun, nominal ini ternyata bisa menjadi besar jika kamu tahu cara untuk melipatgandakannya. Ada dua cara melipatgandakan uang 100 ribu yang dinilai paling ampuh, yaitu investasi dan berbisnis. Dua cara ini mampu membantu kamu untuk merancang prospek yang baik di masa depan. Lantas, bagaimana penjelasan dua cara ini? Simak dulu penjelasannya di bawah ini!

Apa Saja Cara Melipatgandakan Uang?

Menggandakan uang dengan halal dapat menjadi sumber tambahan penghasilan, baik pasif atau aktif. Selain itu, kamu jadi lebih leluasa memanfaatkan dan membelanjakan uang karena beban finansial semakin berkurang. Nah, apa saja caranya?

  • Investasi

Salah satu cara paling efektif untuk belajar mengelola sekaligus melipatgandakan uang adalah investasi. Hal ini merujuk pada penanaman modal dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya, seseorang akan memilih satu atau beberapa proyek atau perusahaan yang dapat memberikan keuntungan.

Investasi memiliki berbagai ragam jenis. Jika dilihat dari jangka waktunya, maka dibagi menjadi dua yaitu investasi jangka pendek dan panjang. Investasi jangka pendek dilakukan dari satu hingga tiga tahun, sedangkan investasi jangka panjang memakan waktu lebih dari tiga tahun.

Dengan jangka yang pendek, untung yang didapat umumnya masih terbilang kecil, contohnya pasar saham, obligasi, dan deposito.  Di sisi lain, hasil dari investasi jangka panjang baru bisa dirasakan kelebihannya setelah tiga tahun kedepan.

Namun, keuntungan yang didapat akan lebih banyak dengan risiko investasi yang lebih rendah. Contoh dari investasi ini adalah investasi reksadana, emas, saham, dan tanah. Ada juga cara lain investasi dimulai dari Rp100 ribu saja, yaitu melalui peer to peer lending atau microfinance marketplace.

Cara melipatgandakan uang ini sedang naik daun di kalangan investor pemula maupun investor lama. Cara kerjanya pun sederhana. Kamu hanya perlu meminjamkan sejumlah uang kepada pebisnis kecil tertentu dan bisa mendapat keuntungan yang berguna sebagai passive income.

  • Membuka Bisnis

Cara agar uang bisa berlipatganda yang kedua adalah dengan membuka bisnis. Akan tetapi, harus ada perencanaan bisnis dan pengelolaan arus kas yang matang untuk mendapatkan keuntungan dari cara ini.

Kamu bisa memulai dari membuka bisnis kecil rumahan di mana keahlianmu bisa dipromosikan dan mendatangkan pemasukan. Dengan strategi pemasaran online yang pas, seperti memanfaatkan posting dan iklan di media sosial dan website, bisnis akan berkembang dan menarik pelanggan baru dari waktu ke waktu.

Semakin besar peluang bisnis untuk maju dan berkembang, semakin besar pula jumlah rintangan yang harus dihadapi. Contohnya, ketika kompetitor mulai ramai bermunculan, jangan menyerah terlebih dahulu.Pahami lagi unique selling proposition produk atau jasa yang kamu tawarkan, lalu bandingkan dengan setiap kompetitor yang ada. Jika keunggulan produk atau jasamu masih kalah dalam beberapa aspek, manfaatkan celah ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya.

Investasi di Microfinance Marketplace Agar Uang Terus Berlipatganda

Berinvestasi adalah salah satu cara melipatgandakan uang untuk mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya, dengan memanfaatkan aplikasi microfinance marketplace Amartha.

Cara Melakukan Investasi di Amartha

Tertarik berinvestasi di Amartha? Untuk mulai pendaftaran, Cara kerjanya mudah! Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi di Google Play Store atau Apple App Store, registrasi akun, dan menjadi pendana untuk bisnis UKM yang diinginkan.

Lebih lengkapnya, berikut beberapa cara untuk melakukan investasi di Amartha dengan mudah.

  1. Membuka Akun Perdana

Lengkapi data pribadi seperti KTP dan rekening bank.

Setelah terverifikasi, para calon lender atau pendana bisa mulai mendanai.

  1. Memilih Mitra Penerima Pendanaan

Pilih penerima pendanaan modal usaha sesuai pertimbangan risiko. 

Para lender juga dapat memilih penerima pendanaan berdasarkan lokasi, jenis usaha, dan plafon pendanaan di aplikasi Amartha.

  1. Menikmati Angsuran Per Minggu

Dapatkan prediksi, pembayaran pokok dan margin imbal hasil secara mingguan.

Dana yang telah cair dapat digunakan untuk mendanai kembali atau ditarik ke rekening pemberi pinjaman.

Sebagai lender, selain mendapatkan imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun dengan investasi mulai dari Rp 100 ribu saja, kamu juga membantu banyak perempuan pengusaha mikro serta mendukung pemberdayaan perempuan di Indonesia, lho!

 Jadi tunggu apalagi? Segera daftar sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

Tips Hemat Anak Kost

6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

Keuangan
risk dan return

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Tentang Amartha

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png