icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 5 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar, Mudah dan Fleksibel!
icon-lang
icon-lang

5 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar, Mudah dan Fleksibel!

By Team Amartha Blog - 2 Jan 2023 - 3 min membaca

Selain belajar, banyak pelajar masa kini yang mencoba mandiri dengan cara berwirausaha. Apalagi sekarang, sudah banyak bermunculan ide bisnis online untuk pelajar yang mudah dan fleksibel, sehingga bisa dilakukan sambil sekolah atau kuliah.

Selain untuk memperoleh tambahan, memulai bisnis online untuk pelajar juga bisa menjadi sarana untuk menambah pengalaman. Selama memiliki niat yang sungguh-sungguh, berbisnis sambil belajar bisa menjadi ajang mengasah skill wirausaha sejak dini.

5 Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Fokus utama seorang pelajar adalah menuntut ilmu, jadi jangan sampai bisnis online mengganggu kegiatan belajarmu. Oleh karena itu, 5 pilihan ide bisnis online yang mudah dan fleksibel berikut ini bisa dicoba.

1. Jasa Ketik dan Print

Jasa ketik bisa menjadi usaha sampingan untuk pelajar yang menjanjikan jika kamu memiliki perangkat yang mendukung. Apalagi, pelajar dan mahasiswa sangat identik dengan berbagai macam tugas mengetik seperti menyusun makalah atau membuat laporan.

Selain itu, peluang lain yang bisa dicoba adalah jasa cetak atau print tugas. Hal ini karena tidak semua orang memiliki printer. Selain itu, tidak semua pelajar memiliki cukup waktu untuk mencetak tugasnya. Jadi, ide bisnis satu ini bisa menjadi opsi.

2. Jual Pulsa atau Saldo Game Online

Apabila kamu senang bermain game, berjualan saldo game online bisa menjadi pilihan ide bisnis untuk pemula. Kamu bisa menjual saldo tersebut pada sesama teman sekolah, atau menjualnya secara daring di media sosial dan platform e-commerce.

Selain saldo game, kamu bisa berjualan pulsa secara online. Meskipun saat ini pulsa bisa dibeli dengan mudah melalui agen pulsa maupun aplikasi e-wallet, namun ternyata bisnis menjual pulsa masih memiliki prospek yang baik.

Baca Juga: Cuma 100 Ribu, Ini Cara Investasi Untuk Pelajar

3. Jasa Convert Pulsa dan e-Money

Dibanding menjual pulsa dengan cara biasa, saat ini jasa mengubah pulsa menjadi uang atau sebaliknya memiliki peluang yang lebih menguntungkan. Sebab dengan banyaknya jenis e-money, semakin banyak orang membutuhkan jasa mengubah saldonya.

Contohnya seperti mengubah pulsa menjadi Gopay, Gopay menjadi Dana, Dana menjadi OVO, OVO menjadi saldo rekening bank, ataupun sebaliknya. Adapun keuntungannya dapat diperoleh dari tinggi rendahnya rate jasa convert yang kamu tetapkan.

4. Jasa Gambar atau Ilustrasi

Jika kamu memiliki bakat atau kemampuan menggambar, sebaiknya manfaatkan skill tersebut sebagai ide bisnis online untuk pelajar. Sebagai permulaan, kamu dapat menawarkan jasa gambar atau membuat ilustrasi melalui media sosial pribadi.

Jangan lupa, lampirkan contoh gambar buatanmu sebagai portofolio. Di internet, bisnis ini umumnya dikenal dengan istilah open commission. Selain modalnya sedikit, peluang keuntungannnya pun menarik, dan bisa dijadikan ajang latihan untuk mengasah kemampuan gambarmu.

5. Bisnis Merchandise

Setiap pelajar tentu memiliki kegemaran sendiri sebagai hiburan untuk mengisi waktu. Ada yang menyukai karakter superhero film, penyanyi, aktor dan aktris film, grup K-Pop, atau tokoh anime. Nah, ini bisa kamu jadikan ide bisnis online untuk pemula!

Jadi, bisnis merchandise seperti poster, photocard, album, case HP, gantungan kunci, action figure, dan lain-lain bisa menjadi salah satu ide bisnis untuk pelajar SMA. Sebagai cara menyalurkan hobi, kamu bisa menjual merch dari idola yang kamu senangi.

Selain 5 ide bisnis online di atas, sebenarnya masih banyak lagi peluang yang bisa kamu manfaatkan sebagai sumber penghasilan. Contohnya menjadi affiliator di marketplace online, menjadi reseller atau dropshipper, atau berinvestasi.

Sebagai langkah menjadi investor pemula, kamu bisa menambah penghasilan dengan cara berinvestasi di Amartha. Sebagai microfinance marketplace dengan produk pendanaan terbaik, kamu bisa berinvestasi dengan mulai dari Rp100 ribu saja.

Kamu pun bisa mendapatkan imbal hasil pendanaan hingga 15% flat per tahun, sekaligus mendukung UMKM Indonesia. Jangan khawatir, Amartha sudah resmi berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga bisa menjadi pilihan ide bisnis online untuk pelajar yang mudah dan aman.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

umkm go digital

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

apa itu UMKM

Pengertian UMKM, Jenis, Fungsi, dan Cara Mendaftarnya

ilustrasi: peran UMKM dalam perekonomian Indonesia

Kontribusi dan Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

usaha ternak yang menjanjikan

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png