icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!
icon-lang
icon-lang

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

By Tim Blog Amartha - 27 Apr 2023 - 3 min membaca

Jauh sebelum Kartini, ada tokoh wanita Islam yang menginspirasi dan sama besar berjasanya bagi para wanita zaman ini. Mereka berjuang dengan segala kemampuannya sehingga mendukung perkembangan Islam hingga saat ini berkat kecerdasannya. 

Kamu bisa mengambil sifat dan sikap teladan para tokoh wanita Islam tersebut sebagai motivasi agar terus menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Sebab tanpa mereka, wanita mungkin masih dipandang sebelah mata kemampuannya sampai saat ini.

Lalu, siapa saja tokoh wanita hebat dalam Islam yang bisa kamu jadikan teladan? Yuk, simak di bawah ini!

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi

Inilah nama-nama wanita pada zaman dahulu yang ikut berjuang untuk mengembangkan Islam:

1. Khadijah binti Khuwailid

Wanita pertama merupakan Khadijah, yang merupakan seorang istri dari Nabi Muhammad SAW. Khadijah tidak boleh dilupakan apabila berbicara mengenai wanita hebat jaman Nabi, sebab ia memiliki peran dalam menciptakan inovasi di bidang bisnis.

Khadijah memanfaatkan kecerdasannya sehingga mampu menjadi seorang pengusaha sukses yang berpendidikan. Kesuksesannya bukan tanpa alasan, Khadijah selalu mengutamakan kejujuran ketika berdagang.

Ia juga tidak lupa untuk selalu memberikan dukungan kepada suaminya ketika hendak berdakwah. 

2. Fatima binti Abdur-Rehman

Kedua, ada Fatima yang dikenal dengan as-sufiyyah berkat kesalehan beliau yang besar. Ia adalah cucu dari ahli hukum ternama al-Muhamili, bernama Umm al-Fath Amat As-Salam. Fatima juga putri Abu bakar Ahmad yang merupakan hakim ternama pada waktu itu.

Peran Fatima terlihat dari selalu penuhnya tempat duduk oleh orang yang datang saat dia mengadakan majelis. Ini karena Fatima adalah seorang wanita terpelajar yang berkontribusi dalam pelestarian hadis, sehingga orang ingin belajar hadis darinya.

3. Fatimah binti Muhammad

Merupakan anak dari pasangan Nabi Muhammad SAW dan Khadijah, Fatimah binti Muhammad terkenal dengan sifat lembut serta kecerdasan otaknya. 

Fatimah pun dikenal sebagai Sang Penulis yang menerima gelar kehormatan dari seorang Musnida Asfahan. Ia juga mendirikan pondok sufi, untuk kemudian memberikan ceramah mengenai Sahih al-Bukhari. Ceramahnya selalu dihadiri oleh sejumlah pelajar yang ingin menambah ilmunya.

Baca Juga: 5 Pahlawan Emansipasi Wanita yang Menginspirasi 

4. Fathima binti al-Hasan

Tokoh wanita Islam yang menginspirasi berikutnya adalah Fathi\ma binti al-Hasan. Ia merupakan seorang ulama hadis yang hidup pada abad kelima hingga abad keenam.

 Fathima binti al-Hasan dikenal pada abad itu karena kesalehan serta kemampuannya dalam menguasai penulisan kaligrafi. Status ulama hadis Fathima pun menunjukkan pengetahuannya atas hadis dan isnad sangat luas.

 5. Aisyah

Pahlawan wanita Islam yang satu ini bernama Aisyah. Ia adalah istri Rasulullah SAW dengan julukan ummul mukminin, yang berarti ibu dari para mukmin. Aisyah juga putri dari seorang khalifah pertama, yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Kehebatan Aisyah tidak hanya itu saja, namun ia memiliki pengaruh di bidang politik. Alasannya karena Aisyah merupakan satu-satunya wanita dengan penguasaan tiga jenis ilmu pada masa itu, yang tidak lain adalah ilmu fikih, ilmu syair, serta ilmu kedokteran.

 6. Amra binti Abdurrehman

Kalau ini merupakan Amra binti Abdurrehaman, wanita yang termasuk ulama besar pada abad kedelapan. Amira juga dikenal sebagai ulama hadis, ahli hukum, serta mufti. Murid-murid Amra cukup banyak jumlahnya, yang mana salah satu murid beliau adalah Abu Bakar bin Hazim. 

Sebagai informasi, Abu Bakar bin Hazim merupakan hakim terkenal dari Madinah. Ia diperintahkan oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz untuk belajar pada Amra tentang cara menyusun hadis. 

Hal tersebut membuktikan otoritas penting seorang Amra binti Abdurrehaman pada masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz, yang juga terkait dengan daftar hadis yang diriwayatkan Aisyah, sang istri Rasulullah. Itulah enam tokoh wanita Islam yang menginspirasi serta bisa kamu jadikan teladan. Baik Kartini ataupun tokoh wanita Islam yang telah disebutkan, mereka sama-sama memiliki sikap juang yang tinggi serta melestarikan kecerdasannya.

Kamu bisa meneladani sifat tokoh-tokoh tersebut dengan ikut memberi pendanaan bagi pengusaha UMKM di Amartha. Dengan melakukan pendanaan untuk akses permodalan mereka, kamu sekaligus bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

 Ayo gabung dan modalin sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

umkm go digital

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

apa itu UMKM

Pengertian UMKM, Jenis, Fungsi, dan Cara Mendaftarnya

ilustrasi: peran UMKM dalam perekonomian Indonesia

Kontribusi dan Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

usaha ternak yang menjanjikan

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png