icon-langEN
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Apa Itu Bisnis Digital? Ini Penjelasan Lengkapnya
icon-lang
icon-lang

Apa Itu Bisnis Digital? Ini Penjelasan Lengkapnya

By Tim Blog Amartha - 5 Dec 2023 - 3 min membaca

Bisnis digital kini semakin diminati, mengingat keunggulannya yang tidak dimiliki oleh bisnis konvensional. Prospek bisnis ini menjanjikan, terutama jika melihat kemajuan teknologi yang kian pesat sebab hal tersebut akan menjadikan bisnis ini semakin mudah pula berkembang.

Namun, apa itu sebenarnya bisnis berbasis digital ini? Apakah bisnis yang berjualan online? Untuk informasi lengkap tentang bisnis digital dan tips memulainya, mari simak artikel ini hingga akhir!

Definisi Bisnis Digital

Bisnis berbasis digital adalah model bisnis yang bertumpu pada teknologi sebagai fundamental untuk menciptakan keunikan aktivitas bisnisnya. Baik itu dalam menjangkau target pasar, lalu memasarkan produk atau layanan bisnis, sampai saat proses menciptakan dan menghasilkan sebuah produk.

Sebuah bisnis yang menggunakan pendekatan digital dalam beroperasi dianggap sedang dalam masa transformasi digital. Kini mulai banyak bisnis yang beralih ke basis digital, melihat disrupsi teknologi digital yang semakin pesat.

Apabila bisnis konvensional tidak mengimbangi dan tetap pada porosnya, risiko bisnis menjadi tidak relevan semakin tinggi. Sebab, persaingan pun kini kian ketat akibat perusahaan dari skala kecil hingga raksasa terus berlomba mendapatkan hati pelanggan lewat platform digital bisnisnya.

Kelebihan Bisnis Digital

Melihat tumpuan bisnis yang mengandalkan teknologi, sudah pasti banyak kemudahan yang akan didapatkan ketika sebuah bisnis menerapkan model digital. Seperti berbagai kelebihan bisnis berikut ini.

Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas

Modern ini, masyarakat lebih menikmati berselancar di internet ketika ingin membeli sesuatu.Ini berkaitan dengan media sosial seperti Facebook hingga Instagram yang menjadi ladang bisnis untuk memperluas pasar melalui pendekatan terhadap penggunanya.

Platform digital seperti media sosial tersebut pun dapat membantu bisnis menjangkau target pasar yang tepat sesuai fitur demografinya. Ini meningkatkan peluang bisnis untuk berkembang lebih cepat dan menjangkau skala global.

Penjualan Bisa Naik Signifikan

Memanfaatkan platform digital akan memudahkan bisnis kamu melakukan berbagai inovasi pemasaran yang unik. Mulai dari promo bundling, cashback, hingga giveaway, yang menjadi trik pemasaran andalan bagi bisnis berbasis digital.

Apabila dilakukan secara konsisten, maka bisnis pun bisa naik penjualannya secara signifikan. Terlebih apabila platform digital bisnis sudah besar dan memiliki banyak pengikut, yang mana akan memudahkan promosi pemasaran melalui konten maupun iklan.

Biaya Promosi Lebih Ekonomis

Melanjutkan dari kelebihan sebelumnya, sebuah bisnis digital bisa mempromosikan produknya lebih mudah melalui konten atau iklan. Konten bisa dipresentasikan dalam berbagai bentuk, mulai dari foto hingga video yang interaktif.

Kamu dapat mengunggah konten secara rutin untuk menarik perhatian target audiens, sehingga ini menjadi media promosi yang hemat dan ekonomis karena platform tidak berbayar.

Hanya jika kamu ingin mengiklankan bisnis saja, kamu perlu membayar untuk iklan digitalnya. Namun, mengingat iklan di sosial media bisa ditargetkan dengan tepat, maka biaya yang dikeluarkan pun sebanding dengan efektivitas iklannya.

Data Operasional Bisnis yang Akurat

Melalui teknologi dari platform digital, kamu bisa mendapat data akurat terkait penjualan produk dan minat pasar. Terdapat grafik penjualan yang bisa kamu analisis serta jumlah produk tersimpan oleh pengguna platform, yang menjadi modal untuk operasional bisnis ke depannya.

Penilaian produk juga menjadi data yang akan didapatkan, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi ketika ingin meluncurkan produk baru.

Hubungan dengan Pelanggan Lebih Dekat

Satu lagi kelebihan dari bisnis berbasis digital, yakni kamu dapat berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan. Bagaimana bisa, sedangkan bisnis dilakukan melalui platform digital? Tersedia fitur seperti komentar hingga pesan, yang menjadi media komunikasi antara pelanggan dengan bisnis. 

Kamu dapat selalu siaga dan responsif selama 24 jam untuk menjalin hubungan dekat dengan pelanggan melalui pembalasan komentar dan pesan tersebut. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah bisnis yang bisa diandalkan, sehingga pelanggan pun cenderung jadi loyal dan bertahan.

Contoh Bisnis Digital

Terdapat empat jenis bisnis berbasis digital yang terdapat di sekitar kamu, yaitu:

Bisnis Marketplace 

Berbentuk aplikasi belanja online maupun website, marketplace seperti Shopee, Tokopedia, hingga Lazada, adalah contoh bisnis berbasis digital yang populer. Marketplace menjadi tempat berkumpulnya berbagai penjual untuk terhubung dengan pembeli.

Fitur seperti kategori produk hingga review pembeli menjadi keuntungan yang didapat oleh bisnis-bisnis di platform ini.

Bisnis Subscription

Selanjutnya, terdapat Spotify hingga Netflix, yang menjadi contoh bisnis berbasis digital dengan model subscription atau berlangganan. Apabila kamu subscribe, maka bisnis ini pun akan memberikan akses fitur yang lebih lengkap. 

Bisnis E-Commerce

E-commerce, sebuah perusahaan yang membuat produk sendiri lalu memasarkannya di platform online, menjadi contoh bisnis berbasis digital lainnya yang bisa kamu temukan. E-commerce memiliki beragam jenis sesuai model bisnisnya,

Untuk C2C, atau Consumer to Consumer, kamu akan menemukan Kaskus hingga OLX. Lalu, pada model C2B, atau Consumer to Business, terdapat platform seperti iStock hingga Upwork. 

Bisnis Ad-Supported

Satu lagi contoh bisnis berbasis digital, yaitu bisnis yang mengandalkan keuntungan dari iklan. Contohnya, mulai dari Facebook, lalu Instagram, Youtube, hingga Tiktok.

Bisnis jenis ini umumnya meliputi industri entertainment hingga berita. Pendapatan bisnis akan semakin besar ketika semakin banyak iklan yang dipasang pada platform tersebut.

Baca Juga: Embedded Finance: Pengertian, Konsep, Manfaat, dan Kondisi di Indonesia

Tips dan Cara Memulai Bisnis Digital

Untuk memulai bisnis berbasis digital, kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Memilih sebuah ide bisnis yang relevan dan unik untuk dikembangkan

2. Menentukan jenis produk atau layanan yang ingin diberikan

3. Memilih target audiens atau target pasar

4. Menciptakan nama bisnis yang menarik, relatable, dan catchy

5. Membuat iklan untuk mempromosikan bisnis

6. Memantau metrik perusahaan

7. Menjangkau mitra yang potensial untuk bisnis

8. Mengukur tingkat keberhasilan bisnis

9. Mendapatkan berbagai ulasan positif

10. Mendapatkan nilai tambah dari pelanggan bisnis

 

Adapun tips membangun bisnis berbasis digital yang menguntungkan untuk kamu coba, yaitu:

- Mengembangkan pola pikir digital untuk menyelaraskan dengan konsep bisnis

- Membentuk tim bisnis yang memiliki visi misi sama agar solid

- Memilih model bisnis yang tepat sesuai sasaran dan target bisnis

- Menerapkan pendekatan bisnis yang berporos pada konsumen

- Menjalankan strategi bisnis menggunakan digital marketing

- Mengoperasikan bisnis dari awal hingga evaluasi dengan berpusat di internet

Demikian definisi bisnis digital lengkap dengan kelebihan, contoh, serta tips memulainya. Kamu bisa menjadi pebisnis digital apabila ingin mendapatkan pengalaman bisnis yang layak di masa kini. Modal promosi bisnis lebih kecil dan hemat, namun dampaknya sebanding dengan promosi konvensional yang biayanya lebih tinggi.

Namun jika kamu belum siap untuk menjadi pebisnis digital, kamu bisa coba melakukan pekerjaan lain sambil menambah penghasilan dengan berinvestasi di platform digital. Saat ini, perkembangan di dunia keuangan digital sudah sangat masif, baik dalam bentuk perbankan maupun melalui platform keuangan yang memudahkan kamu untuk melakukan pendanaan.

Ketika menjadi pendana di Amartha, kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif setiap minggunya. Selain itu, kamu pun akan turut memberikan dampak nyata terhadap perkembangan masyarakat dan UMKM.

Masih pemula dalam berinvestasi? Tenang saja, investasi di Amartha kamu bisa mulai hanya dengan modal kecil saja namun bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Amartha juga mendukung pelaku bisnis untuk mendapatkan pendanaan yang akan mengembangkan bisnis mereka. Jadi, sebuah win-win solution terutama untuk kamu sebagai pemodal. 

Jadi jangan ragu lagi, segera daftarkan diri dan mulai berinvestasi di Amartha

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

belajar bisnis pemula

Bingung Memulai Bisnis? Berikut Cara Belajar Bisnis Pemula

Tips Bisnis
Fixed cost adalah

Fixed Cost Adalah: Pahami Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Tips Bisnis
bisnis idul adha

7 Peluang Ide Bisnis Idul Adha Paling Menguntungkan

Tips Bisnis
cara menghitung HPP

Begini Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) dengan Mudah!

Tips Bisnis
rasio profitabilitas adalah

Rasio Profitabilitas Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png