icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Cuan Besar! 9 Ide Usaha Modal 5 Juta Menguntungkan
icon-lang
icon-lang

Cuan Besar! 9 Ide Usaha Modal 5 Juta Menguntungkan

By Tim Blog Amartha - 26 Jan 2024 - 3 min membaca

Memulai usaha dengan modal terbatas memang tidak mudah terutama bagi kamu yang hendak merintis dari awal. Meski begitu, masih banyak ide usaha modal 5 juta yang bisa menjadi peluang untuk meraih keuntungan besar.

Pastinya jenis usaha ini memiliki minat pembeli yang cukup tinggi dengan keuntungan yang menjanjikan. Berikut simak penjelasan selengkapnya di bawah berikut ini, yuk!

Ide Usaha Modal 5 Juta

Berbicara mengenai usaha, tentu memilih bisnis yang memiliki potensi pasar cukup tinggi bisa menjadi pertimbangan. Selain itu, usaha dengan modal terbatas juga perlu dipertimbangkan. Jika kamu baru ingin merintis sebuah usaha, berikut ide usaha yang bisa dilakukan dengan modal 5 juta.

1. Sembako

Jualan sembako merupakan salah jenis usaha yang tidak pernah mati dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk memulai bisnis ini pun bisa dilakukan dengan modal yang cukup terjangkau.

Apabila kamu tinggal di sekitar pemukiman warga, kamu bisa membuka usaha di halaman depan rumah atau memanfaatkan lahan parkir saat berjualan. Cara ini merupakan ide terbaik sehingga kamu tidak perlu menyewa ruko yang bisa menghabiskan banyak biaya.

Saat awal merintis, kamu bisa mulai menjalankan usaha ini bahkan di bawah nominal 5 juta. Modal tersebut bisa kamu belikan untuk membeli stok produk seperti telur, beras, minyak, dan bahan sembako sejenisnya.

Perhatikan juga kira-kira apa saja produk yang banyak dicari pembeli. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan penggunaan modal usaha kamu untuk membeli produk yang laris di pasar.

2. Catering

Selain sembako, usaha catering juga bisa menjadi salah satu bisnis yang mendatangkan keuntungan cukup besar. Terlebih jika kamu tinggal di perkotaan besar yang notabene penduduknya sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk memasak setiap harinya.

Dengan menyiapkan modal usaha sekitar 5 juta, kamu sudah bisa membuka bisnis catering dari rumah saja. Kemudian, produk tersebut bisa kamu tawarkan untuk acara seperti gathering, makan siang kantor, atau orang yang sedang diet.

Namun sebelum itu, pastikan kamu sudah menentukan set menu yang tersedia untuk usaha kamu. Semakin banyak pilihan menu yang disajikan, semakin besar pula peluang konsumen akan tertarik membeli produk kamu.

3. Budidaya Ikan

Jenis usaha modal 5 juta ini sangat cocok terutama kamu yang ingin menghasilkan keuntungan melalui agribisnis. Sebab, budidaya ikan memiliki prospek usaha yang cukup menjanjikan dan banyak dicari orang.

Untuk budidaya ikan ini kamu juga juga tidak memerlukan ukuran kolam yang besar. Kamu bisa memanfaatkan drum atau kolam terpal dan menebarkan bibit ikan dengan syarat ketentuan budidaya yang tepat.

Prosesnya panennya pun relatif cepat tergantung jenis spesies ikan yang akan kamu budidayakan. Modalnya pun terbilang sangat terjangkau dengan membeli bibit dan pakan berkualitas agar ikan panen berukuran besar.

4. Jasa Jahit

AMF03097.jpg

Jika kamu memiliki keterampilan yang baik dalam menjahit, usaha jasa satu ini bisa menjadi pilihan karena modal yang cukup terjangkau. Dengan modal tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk membeli mesin jahit dan obras dengan kisaran harga sekitar 3 juta saja.

Sisa modalnya, bisa kamu gunakan untuk membeli perlengkapan jahit seperti gunting, pengukur baju, kain, resleting, dan lainnya. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, kamu juga bisa menerima pesanan untuk skala besar, misalnya menjahit seragam sekolah, baju kondangan, hingga permak baju.

Manfaatkan juga momentum seperti bulan Ramadhan dengan menerima berbagai pesanan jahitan untuk seragam keluarga. Berikan harga yang terjangkau sehingga konsumen tertarik untuk berlangganan menggunakan jasa kamu.

Baca Juga: Untung Besar! 15 Ide Usaha Modal 1 Juta dan Tipsnya

5. Reseller Pakaian

Usaha modal 5 juta yang bisa menjadi pilihan selanjutnya adalah menjual kembali sebagai reseller berbagai produk fashion. Seperti yang diketahui, industri fashion terus mengalami perubahan dan perkembangan pesat.

Tidak ada salahnya untuk kamu memulai bisnis di industri ini dengan menjual berbagai produk pakaian sesuai target konsumen yang ditentukan. Misalnya menjual pakaian busana muslim, baju renang, baju anak-anak, dan lain sebagainya.

Untuk mempromosikan bisnis ini pun bisa kamu lakukan secara online. Ini bisa menjadi salah satu kelebihan karena tidak perlu menyewa ruko atau tempat yang bisa menghabiskan biaya operasional cukup besar.

6. Minuman Segar

Siapa bilang menjual minuman segar harus mengeluarkan modal yang besar? Hanya dengan budget 5 juta saja, sebenarnya kamu sudah bisa memulai bisnis ini, loh!

Ada banyak jenis bisnis minuman segar yang bisa menjadi pilihan untuk menjangkau banyak konsumen di sekitar. Misalnya menjual es teh, jus buah, kopi, es tebu, dan masih banyak lagi.

Sistem penjualannya pun fleksibel karena bisa kamu pasarkan secara offline maupun online. Seperti contoh produk minuman dengan kemasan botol yang bisa dipesan lalu dikirim secara online atau contoh lainnya menjual minuman segar menggunakan tenant pada event tertentu.

7. Kerajinan Tangan

AMF03130.jpg

Jenis usaha modal 5 juta ini perlu mengandalkan kreativitas yang kamu miliki untuk menciptakan kerajinan tangan yang menarik dan memiliki nilai jual tinggi. Contohnya seperti membuat kerajinan anyaman, mainan lucu, pakaian rajut, aksesoris, hingga dekorasi sebagai hiasan rumah.

Modal bisnis ini pun cukup terjangkau karena bisa kamu sesuaikan dengan jenis kerajinan tangan yang ingin dibuat. Untuk menghemat modal, kamu juga bisa mengkreasikan karyamu dari barang-barang bekas agar menjadi produk yang berharga.

8. Dekorasi Mahar dan Seserahan

Ahli membuat dekorasi untuk pernikahan? Coba saja membuka jasa untuk dekorasi mahar ataupun seserahan. Dengan modal dari 5 juta saja, kamu tentunya bisa meraup keuntungan yang cukup besar dari bisnis ini.

Beberapa modal yang disiapkan untuk usaha ini adalah seperti membeli box hantaran, frame mahar, bunga artificial, dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan. Setelah itu, kamu bisa membuat dekorasi sesuai permintaan klien dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

Selain modalnya yang terjangkau, bisnis ini juga bisa menjadi ide sampingan yang tepat. Hal ini karena waktu pengerjaannya yang cukup fleksibel dan bisa dikerjakan di rumah saja.

9. Camilan

AAA02993.jpg

Ide usaha modal 5 juta selanjutnya bisa menjadi pilihan dengan menjual camilan secara online atau offline. Peluang bisnis ini tentu sangat menguntungkan karena tidak memerlukan modal yang besar.

Ada banyak jenis camilan yang bisa kamu jual mulai dari snack, keripik, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Karena camilan memiliki waktu kadaluwarsa, pastikan produk yang kamu jual memang banyak diminati konsumen agar cepat laku.

Kamu bisa menjual aneka cemilan kemudian dijual ke warung atau toko terdekat dan kantin sekolah. Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, kamu juga bisa memasarkannya secara online dengan menggunakan platform e-commerce terpercaya.

Siap Memulai Usaha Modal 5 Juta?

Oke itu dia sembilan peluang usaha modal 5 juta yang dapat kamu pertimbangkan sebelum memulai bisnis dari awal. Beberapa pilihan usaha ini bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline.

Tentunya semakin besar jangkauan target konsumen bisnis kamu, maka semakin besar pula peluang untuk memperoleh keuntungan. Jika tetap konsisten dan pantang menyerah, hanya dengan modal 5 juta, usaha kamu bisa berkembang pesat. Jika sudah mendapatkan keuntungan dari usaha kamu, jangan lupa sisihkan sebagian uang dingin kamu untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan. Kamu bisa memulainya dengan melakukan pendanaan di Amartha. Mulai dari Rp100.000 aja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun loh!

Artikel Terkait

belajar bisnis pemula

Bingung Memulai Bisnis? Berikut Cara Belajar Bisnis Pemula

Tips Bisnis
Fixed cost adalah

Fixed Cost Adalah: Pahami Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Tips Bisnis
bisnis idul adha

7 Peluang Ide Bisnis Idul Adha Paling Menguntungkan

Tips Bisnis
cara menghitung HPP

Begini Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) dengan Mudah!

Tips Bisnis
rasio profitabilitas adalah

Rasio Profitabilitas Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png