icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Catat! 5 Prinsip Orang Kaya yang Bisa Kamu Tiru
icon-lang
icon-lang

Catat! 5 Prinsip Orang Kaya yang Bisa Kamu Tiru

By Team Amartha Blog - 17 Feb 2023 - 3 min membaca

Selain dari nilai harta benda yang dimiliki, terdapat perbedaan pola pikir atau prinsip antara orang kaya dan miskin. Prinsip orang kaya yang dimaksud merujuk ke bagaimana mereka memutuskan untuk menjalani hidup. 

Mereka memiliki visi dan misi untuk masa depan dan mengalokasikan waktu yang ada untuk mewujudkan setiap keinginan. Selain pola pikir ini, masih ada nilai unggul lain yang bisa dipelajari untuk membentuk kehidupan sukses sesuai keinginan. Apa saja prinsip orang yang sudah sukses ini?

Terapkan 5 Prinsip Orang Kaya Ini

Terdapat berbagai prinsip yang dijunjung orang kaya. Nilai fundamental inilah yang membedakan mereka dengan orang miskin. Simak pembahasannya di bawah ini.

Fokus Investasi, Bukan Konsumsi

Prinsip orang sukses yang paling menonjol adalah mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk terus memutar uang. Alih-alih memiliki perilaku konsumtif, orang kaya akan fokus menggunakan kekayaan mereka untuk memiliki lebih banyak aset.

Salah satunya dengan investasi. Investasi bisa berupa membuka dan mengembangkan peluang bisnis baru. Investasi saham juga menjadi pilihan favorit banyak orang kaya. Mereka lebih memilih untuk menumpuk kekayaan dengan membeli saham daripada membeli produk trendi.

Menabung Itu Suatu Keharusan, Bukan Paksaan atau Pilihan

Orang yang pura-pura kaya biasanya akan memamerkan hal yang mereka punya demi kesenangan semata. Berbeda dengan orang yang benar-benar kaya, mereka lebih memilih untuk menabung. 

Contohnya Bill Gates, pemilik Microsoft, memilih untuk menabung seperti orang yang pesimistis. Artinya, keharusan menabung uang dalam jumlah besar dapat menyelamatkannya dari musibah buruk yang datang tiba-tiba.

Mempunyai Berbagai Sumber Passive Income

Prinsip orang kaya selanjutnya adalah menimbun kekayaan dengan membuka banyak sumber passive income. Strategi ini umum dipakai karena mereka memiliki keinginan untuk terus berusaha melampaui sukses yang telah diraih.

Cara yang mereka gunakan adalah dengan selalu belajar hal baru dan terbuka dengan berbagai perspektif. Dengan meningkatkan keahlian dan pengetahuan, mereka berhasil memilih sumber passive income yang konsisten dalam jangka panjang.

Baca Juga: Deretan 10 Bisnis Bikin Kaya Yang Dijalani Miliarder Dunia 

Berani Gagal

Mirip seperti prinsip orang Cina, berani gagal dan mengambil risiko merupakan makanan sehari-hari orang kaya. Mereka tidak akan melepaskan peluang membuka bisnis baru hanya karena takut gagal.

Malah dengan menutup kesempatan yang datang, hal ini akan mendatangkan kerugian. Pasalnya, tidak mencoba sama saja dengan mengunci rapat pintu menuju kesuksesan. Rintangan dan hambatan yang dilalui akan menjadi pelajaran untuk mencoba lagi.

Memanfaatkan Strategi Pengeluaran yang Ketat

Ketika ingin membeli sesuatu, orang kaya akan mengumpulkan dana dan menunggu waktu yang pas untuk membeli barang yang dibutuhkan. Strategi pengeluaran ini mereka gunakan agar uang yang keluar tidak menjadi beban finansial kedepannya.

Prinsip ini merupakan salah satu cara menjadi orang kaya yang bisa kamu terapkan. Daripada membeli setiap barang yang diinginkan setelah hari gajian, lebih baik simpan uangnya di tabungan atau jadi modal investasi.

Itulah 5 prinsip orang kaya yang bisa kamu coba dan aplikasikan mulai dari sekarang. Jangan hambur-hamburkan penghasilan yang didapat karena nafsu kesenangan semata. Lebih baik pakai uang kamu untuk memperbanyak sumber passive income.

Nah, kamu bisa menambah sumber passive income dengan menjadi lender di Amartha. Berinvestasi di platform microfinance marketplace Amartha mulai dari Rp 100.000 aja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya, lho!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

kekayaan bernard arnault

Mengintip Kekayaan Bernard Arnault, Orang Terkaya di Dunia

Gaya Hidup

Wajib Ditiru! Ini 5 Prinsip Hidup Orang Sukses

Catat! 5 Prinsip Orang Kaya yang Bisa Kamu Tiru

5 Harta Kekayaan Taylor Swift

Gaya Hidup

Inilah 5 Orang Terkaya di Dunia

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png