icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Peluang Usaha Kosmetik di Kampung, Modal Kecil Untung Besar!
icon-lang
icon-lang

Peluang Usaha Kosmetik di Kampung, Modal Kecil Untung Besar!

By Tim Blog Amartha - 15 Feb 2024 - 3 min membaca

Membuka usaha kosmetik di kampung menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Sebab, kamu bisa mendapatkan untung besar hanya dengan modal kecil saja. Masyarakat di kampung juga membutuhkan kosmetik untuk kebutuhan seperti acara pergelaran.

Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan ini jika kamu ingin mendapatkan untung dari bisnis namun memiliki modal terbatas. Berbisnis dengan membuka usaha kosmetik di kampung tentu berbeda dengan berbisnis kosmetik di kota. Jadi, simak cara memulai bisnis kosmetik di kampung berikut ini! 

Alasan Mengapa Bisnis Kosmetik di Kampung Menjanjikan

Tidak hanya di kota saja, wanita di kampung pun rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk terlihat cantik. Kebutuhan akan kosmetik di kampung selalu konsisten, mengingat banyaknya pergelaran acara seperti syukuran hingga pesta pernikahan.

Oleh sebab itu, produk kosmetik akan memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Daya saingnya pun tidak sesulit bisnis kosmetik di kota. Jadi, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai pelopor bisnis kecantikan di kampung dengan keuntungan yang menjanjikan.

Baca Juga: 20 Ide Usaha di Kampung Modal Kecil Beserta Keuntungannya

Persaingan Usaha Kosmetik di Kampung

Ketika membuka usaha kosmetik di area perkampungan, kamu perlu memperhatikan faktor yang menentukan persaingan usahanya sebagai berikut:

Jumlah Pelanggan

Populasi area kampung umumnya lebih rendah dari populasi masyarakat di kota besar. Oleh sebab itu, pelanggan bisnis kosmetik otomatis jadi berkurang. Kamu perlu pandai menemukan calon pembeli yang potensial demi meraih keuntungan maksimal.  

Daya Beli Masyarakat

Sesuaikan jenis dan harga dari produk kosmetik yang kamu jual dengan daya beli masyarakat kampung. Jangan sampai bisnis tidak lancar akibat gagal menyesuaikan dua faktor tersebut ketika mempromosikan bisnis.

Cara Memulai Usaha Kosmetik di Kampung dan Awal Modal Usaha

Untuk memulai bisnis kosmetik di kampung, kamu perlu menyiapkan dan melakukan berbagai hal di bawah ini:

Pelajari Karakter Masyarakat Kampung

Masyarakat kampung cenderung tertarik pada visual produk. Mereka juga lebih yakin bila terdapat testimoni dari pelanggan yang sudah memakai kosmetiknya. Itulah mengapa, kamu perlu mempelajari karakter masyarakatnya lebih dulu sebelum mempromosikan produk.

Kuasai Produk Kosmetik

Pelajari jenis dan fungsi dari kosmetik yang kamu jual. Kumpulkan sumber yang kredibel dan rangkum deskripsi produk. Jadi, ketika mempromosikannya akan lebih mudah. Ini penting kamu lakukan, mengingat kemungkinan masyarakat kampung yang awam dengan kosmetik tertentu.

Memilih Lokasi yang Ideal

Kamu bisa membuka toko offline untuk meningkatkan penjualan. Masyarakat kampung akan lebih percaya pada produk kosmetiknya karena bisa dilihat secara langsung. Bisnis pun lebih profesional dengan keberadaaan toko offline. 

Untuk lokasi yang ideal, hindari area yang didominasi oleh toko otomotif atau kawasan industri. Pilih yang dekat dengan salon dan pusat perbelanjaan. Jadi, wanita sebagai target audiens akan mengenali tokonya dengan mudah.

Promosi Melalui Acara Kampung

Kamu bisa membuka jasa rias pengantin ketika terdapat acara pesta pernikahan di kampung. Ini menjadi cara promosi usaha kosmetik di kampung yang efektif. Sebab, ibu-ibu hingga wanita muda akan tertarik dengan produk yang kamu gunakan ketika merias pengantin.

Jual Produk Berkualitas

Pastikan kamu menjual kosmetik dengan sertifikasi BPOM dan juga MUI. Kualitas kosmetik yang terjamin oleh lembaga tersebut membuat bisnis bertahan lama karena mendapatkan kepercayaan pelanggan. Menjual produk kosmetik dari brand terkenal pun jadi nilai lebih bagi bisnismu.

Tawarkan Garansi Produk

Kosmetik menjadi produk yang dipakai secara rutin. Kamu bisa memberikan jaminan kualitas berupa garansi produk. Ini memberikan rasa tenang pada pembeli ketika menggunakan produknya.

Gunakan Kemasan Menarik

Kamu bisa membuat logo brand bisnis kosmetik yang dipasang pada kemasan produk. Logo tersebut membuat produk kosmetik mudah diingat oleh pelanggan. Kemasan pun jadi lebih menarik ketika dipromosikan.

Perhatikan Sistem dan Modal Bisnis

Sistem bisnis dan jumlah modal yang diperlukan dapat kamu susun di rencana bisnis dengan detail. Tentukan target bisnis dan segmentasi konsumen di rencana tersebut Ini membantu bisnis lebih terstruktur sehingga bisa dijalankan dengan efisien. 

Awal Modal Usaha

Menyiapkan modal usaha menjadi poin penting yang menentukan keberlangsungan bisnis. Kamu perlu memiliki modal investasi dan operasional untuk bisnis kosmetik di kampung. 

Mendapatkan sumber tambahan untuk modal usaha bisa kamu lakukan melalui pendanaan di Amartha. Modal kecil saja sudah bisa memberikan kamu imbal hasil yang menguntungkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba!

Adapun rincian estimasi modal investasi yang kamu perlukan sebagai berikut:

  • Etalase Rp2 juta
  • Meja dan kursi Rp700 ribu
  • Rak produk Rp1 juta
  • Renovasi toko Rp750 ribu

Estimasi modal investasi toko kosmetik sebanyak Rp4,45 juta. Sementara itu, estimasi modal operasional yang Anda butuhkan adalah Rp15,3 juta dengan rincian:

  • Pembelian kosmetik Rp10 juta
  • Air dan listrik Rp300 ribu
  • Sewa lokasi toko Rp5 juta

Keuntungan Usaha Kosmetik di Kampung

Kosmetik kini menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat, tidak terkecuali masyarakat di kampung. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan jumlah kompetitor yang sedikit dan menjadi pelopor usaha kosmetik bagi masyarakat kampung.

Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan menyediakan layanan ekstra. Misalnya, mulai dari pengantaran produk, jasa rias, hingga usaha sampingan pendukung seperti kedai kopi hingga salon. Jadi, kamu dapat menarik pelanggan lebih banyak dan membuat bisnis lebih progresif.

Tips Menjalankan Usaha Kosmetik di Kampung

Kamu bisa menerapkan tips ini agar bisnis kosmetik di kampung lancar dan ramai pembeli:

Tawarkan Diskon Khusus

Kamu bisa menawarkan diskon khusus bagi pembeli yang baru pertama kali bertransaksi di toko kosmetikmu. Selain itu, kamu juga dapat menerapkan sistem poin per pembelian. Manfaatkan pula momen khusus ketika mengadakan diskon.

Contoh momen khusus tersebut mulai dari tahun baru, lebaran, hingga tanggal kembar. Tawarkan diskon pada produk yang cepat laris, sehingga bisa meningkatkan penjualan dengan efektif.

Pahami Waktu Ideal untuk Promosi

Kampung kerap mengadakan acara yang di dalamnya didominasi oleh ibu-ibu dan wanita muda. Misalnya, mulai dari PKK, pengajian, lalu senam bersama, hingga pernikahan. Kamu bisa minta izin terlebih dahulu. Jika diizinkan, maka lakukan promosi dengan sopan agar masyarakat menyambut dengan baik.

Jadi Penjual yang Aktif

Ibu-ibu dan wanita muda di kampung umumnya senang bersosialisasi. Kamu bisa menjadi penjual yang aktif dan nyaman diajak berkomunikasi. 

Selipkan promosi produk ketika kamu membaur dalam obrolan mereka. Respon dengan baik ketika ada yang bertanya dan berkonsultasi terkait produk kosmetik. 

Gunakan Media Sosial

Pemasaran digital melalui media sosial pun juga berlaku bagi masyarakat kampung. Kamu bisa membuat akun bisnis di berbagai media sosial seperti twitter, instagram, tiktok, facebook dan lain sebagainya. Lalu, rutin unggah konten menarik yang berkaitan dengan produk kosmetik memikat masyarakat lokal.

Menjalankan usaha kosmetik di kampung potensial memberikan untung besar. Kamu pun hanya perlu modal sedikit untuk memulainya. Tinggal pintar-pintar mempromosikan produk yang kamu jual melalui platform media sosial agar bisnis semakin maju. 

Pinjaman Modal Usaha UMKM Bersama Amartha

Tak bisa dipungkiri, memang banyak sekali tantangan menjalankan usaha baik di Ibukota maupun di kampung. Adakalanya pertumbuhan bisnis terhambat karena arus keuangan tidak lancar, serta kekurangan modal yang kian terjadi. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa dapatkan pinjaman modal usaha kelompok mingguan produktif dan pendampingan di Amartha. 

Pengajuan pinjaman modal usaha di Amartha itu mudah, aman, dan terpercaya, dengan cicilan ringan dan jangka waktu pengembalian hingga 50 minggu. Pencairan dana juga cepat tanpa potongan admin. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai pinjaman kelompok mingguan Amartha.
 

Artikel Terkait

Usaha Kosmetik di Kampung

Peluang Usaha Kosmetik di Kampung, Modal Kecil Untung Besar!

Tips Bisnis

Banyak Manfaat, Yuk Simak Peluang Bisnis Sarang Burung Walet

Produk Terbaru Bisnis

5 Peluang Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan di Tahun 2021

Peluang Bisnis Makanan Sehat di Masa Pandemi

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png