icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / 3 Tahun Tekuni Usaha Roster Terapkan Mindset Perempuan Tangguh
icon-lang
icon-lang

3 Tahun Tekuni Usaha Roster Terapkan Mindset Perempuan Tangguh

By Tim Blog Amartha - 5 Jan 2024 - 3 min membaca

Roster saat ini menjadi salah satu material bangunan yang umum digunakan untuk perumahan. Roster dimanfaatkan sebagai pengganti dinding karena dinilai lebih mudah melakukan pemasangan dan juga perawatannya, tidak membutuhkan material pendukung dan tenaga kerja untuk pemasangan. Bahan bangunan roster juga tahan terhadap perubahan cuaca dan pelapukan, serta berpotensi untuk pemanfaatan material lokal.

Roster biasanya dibuat dari beton, batako, GRC, atau batu alam lain. Di luar negeri, ia dikenal dengan istilah ventilation block, dengan fungsi yakni untuk melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan dan juga untuk pencahayaan.

Mungkin yang kamu ketahui saat ini jika segala yang berhubungan dengan bahan bangunan hanya pekerjaan laki-laki saja, nyatanya Amartha memiliki Ibu tangguh sebagai mitra kami yang menggeluti bisnis roster, bernama Ibu Fitriani.

Perjalanan Bisnis Roster Ibu Fitriani

AAA03064.jpg

Usaha pembuatan roster yang telah dijalankan bersama suami dan iparnya ini telah dilakukan selama 3 tahun. Sebelum menjalankan bisnis cetak roster, Ibu tak memiliki usaha dan hanya ikut berjualan makanan bersama tetangganya, sedangkan sang suami hanya bekerja sebagai buruh bangunan.

Selama bekerja sebagai buruh, sang suami mempelajari cara mencetak roster yang benar dan ikut ke dalam proyek-proyek bangunan lainnya. Pada akhirnya, skill bapak (suami Ibu Fitriani) dan iparnya yang telah menjadi buruh bangunan selama bertahun-tahun memperbesar keinginan mereka untuk membuka usaha sendiri agar memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam mengurus anak-anaknya yang masih kecil.

Permodalan pertama yang didapatkan dari Amartha digunakan untuk membeli cetakan roster, bahan pasir, semen, kawat dan mengontrak rumah lebih luas yang juga digunakan sebagai gudang cetak mereka.

Sehari-harinya, Ibu Fitriani membantu mencetak roster dan melakukan pengeringan serta melakukan administrasi untuk setiap pesanan yang datang. Bersama bapak, ipar dan dua orang karyawannya, Ibu Fitriani bisa menghasilkan hingga 70 buah roster. Hasil roster beton buatan Ibu dijual dengan harga mulai dari Rp 15.000 - Rp 35.000 per satuannya, tergantung dari jenis dan ukuran.

Untuk saat ini, bisnis roster yang Ibu jalankan memiliki peluang yang besar untuk semakin berkembang karena belum banyak yang memilih menjalankan bisnis ini. Tapi sayang, terkadang Ibu memiliki kendala dalam pengerjaannya. 

“Pernah saya dan bapak terima pesanan 500 pcs roster dalam waktu singkat untuk pembangunan rumah. Tapi karena alat cetaknya kami hanya punya jumlah terbatas, kami jadi perlu lembur.”

Saat ditanya mengenai alasan memilih usaha roster ini dibandingkan berbisnis seperti ibu-ibu lain pada umumnya, Ibu mengatakan “Tidak apa-apa Ibu membantu bapak membantu bapak mencetak roster setiap hari. Selama fisik Ibu masih kuat dan bisa sambil merawat anak-anak di rumah.”

Melihat kegigihan Ibu Fitriani, tidak heran jika Ibu patut dijuluki perempuan tangguh di kawasan rumahnya karena memilih berbisnis yang tidak biasa.

Harapan Usaha Bisnis Roster

AAA03101.jpg

Dalam satu bulan, Ibu Fitriani bisa mencapai omset hingga belasan juta. Di mana dengan hasil ini mereka sudah dapat mencicil mobil pickup untuk membawa roster ke tempat pelanggan. Namun, hal ini tidak serta merta membuat mereka puas.

"Ibu berharap bisa lebih banyak memiliki alat cetak yang mumpuni agar tidak kesulitan lagi jika ada pesanan mendadak dalam jumlah banyak. Pengerjaan juga makin efektif untuk menerima pengerjaan baru dengan cetakan lain".

“Ibu dan bapak juga memiliki keinginan untuk membeli alat cetak pipa yang besar, karena itu proyek yang menguntungkan. Tapi sayang harganya cukup mahal.”

Ayo jangan biarkan harapan Ibu Fitriani bisa punya cetakan lebih besar dan banyak agar bisnis roster ini semakin besar!

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Jangan biarkan usaha manisan buah segar Ibu Muniroh berhenti dan juga pengusaha UMKM wanita lainnya di seluruh Indonesia. Mari kita dukung bisnis mereka agar bisa terus meningkatkan kesejahteraan merata. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha.

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

3 Tahun Tekuni Usaha Roster Terapkan Mindset Perempuan Tangguh

Cerita Mitra

Mencicipi UMKM Jalangkote Kuliner Tradisional Asal Makassar yang Raup Hingga Rp20 Juta Per Bulan

Cerita Mitra
ibu suryanah tempe (1)

Produksi Tempe Rumahan Omset Hingga Belasan Juta Rupiah dari Usaha Selama 18 Tahun

Cerita Mitra
usaha souvenir

Raup Penghasilan Hingga Belasan Juta Per Bulan Berdayakan Pelaku UMKM Souvenir Lokal

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png