icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Produksi Tempe Rumahan Omset Hingga Belasan Juta Rupiah dari Usaha Selama 18 Tahun
icon-lang
icon-lang

Produksi Tempe Rumahan Omset Hingga Belasan Juta Rupiah dari Usaha Selama 18 Tahun

By Tim Blog Amartha - 20 Dec 2023 - 3 min membaca

Dari dulu hingga saat ini, tempe masih menjadi makanan tradisional yang tak kekurangan peminat. Jenis makanan sederhana ini berprotein ini memiliki banyak nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk tubuh. Makanan sederhana ini memiliki berbagai kandungan mineral lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, juga asam folat. 

Selain memiliki berbagai kandungan kaya gizi, tempe juga menjadi salah satu makanan favorit yang cocok diolah menjadi berbagai menu hidangan. Mulai dari menu hidangan yang digoreng, ditumis, dibuat menjadi keripik maupun diolah menjadi berbagai camilan lezat. Rasanya yang gurih, memang tidak pernah gagal memanjakan lidah orang yang memakannya.

Makanan sehat bernutrisi tinggi ini juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah ditemukan pada industri rumahan. Pasalnya pembuatan tempe ini cukup mudah diproduksi di rumah dan menjadikannya peluang bisnis yang menguntungkan.

Ibu Suryanah adalah salah satu pengusaha yang melihat potensi bisnis ini di area rumahnya kampung Curug Manis, Serang, Banten. Ibu Suryanah dan suami mulai membuka produksi usaha tempe rumahan berbekal pengetahuan dan skill dari usaha keluarga yang ia pelajari selama di kota kelahirannya, Palembang.

Tak sia-sia, mulai di tahun 2005 Ibu Suryanah membuka usaha produksi ini dan mengajak tiga tetangga di sekitar rumahnya untuk membantunya menjalankan usaha ini. 

Membeli Rumah untuk Produksi Tempe

WhatsApp Image 2023-11-30 at 15.52.41.jpeg

Awalnya ibu Suryanah membuat tempe ini di rumahnya sendiri, namun ia merasa kewalahan karena pesanan yang semakin berkembang seiring waktu. Dari hasil menabung, ibu mulai membeli rumah kosong yang akhirnya ia gunakan sebagai gudang dan juga produksi tempenya.

Sejak bergabung di Amartha pada tahun 2018, usaha ibu Suryanah semakin berkembang. Nilai pendanaan yang ibu Suryanah dapatkan dari pendana baik Amartha juga semakin besar atas kegigihannya dalam menjalankan produksi tempe rumahan ini. Pendanaan sebesar 12 juta membantu ibu dalam menyetok bahan baku membuat tempe, seperti kacang kedelai, ragi, daun pisang, kayu bakar dan banyak lainnya serta peremajaan alat-alat untuk memasak seperti gentong dan ember.

Dalam seminggu, ibu mampu membuat tempe dalam jumlah hingga 80 kg kedelai dalam sebulan. Dengan ini omset ibu Suryanah dari usaha tempe mencapai Rp13.000.000 per minggunya. Biasanya ibu menjajakan tempenya di pasar saat pagi hari, dilanjutkan membuat tempe di sore hari untuk stok beberapa hari berikutnya untuk difermentasi selama 2-3 hari. Untuk harga tempenya dijual dengan harga beragam tergantung besarnya mulai dari Rp6.000. 

Harapan Usaha Tempe Produksi Rumahan Bersama Amartha

Ibu Suryanah berharap produksi usaha temper rumahannya ini dapat terus berkembang hingga mampu membuat produksi makanan lainnya. Ibu juga berharap agar usahanya ini dapat terus membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitarnya.

Manfaat Tempe untuk Kesehatan

WhatsApp Image 2023-11-30 at 15.53.41.jpeg

Tempe memiliki nutrisi baik seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Berkat fermentasi menjadikan kadar protein tempe jumlahnya sembilan kali lipat lebih banyak daripada sumber protein lain.

Berikut beberapa manfaat tempe bagi tubuh:.

  • Tempe itu bersifat mengenyangkan sehingga dapat dengan mudah dapat menekan nafsu makan dan melancarkan pencernaan. Jadi tempe sangat cocok untuk yang sedang melakukan program diet.
  • Mengkonsumsi tempe dapat menekan risiko diabetes karena dapat menurunkan tingkat gula darah. Bahan makanan nabati ini kaya protein dan juga lemak tak jenuh.
  • Mengandung banyak kalsium dan vitamin K yang baik bagi pembentukan tulang.
  • Mencegah dan mengendalikan diare
  • Menurunkan kadar kolesterol serta menghambat resiko jantung koroner, penyakit gula, dan kanker.

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Mari kita dukung bisnis pengusaha UMKM di Indonesia agar bisa terus memberdayakan mereka. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

3 Tahun Tekuni Usaha Roster Terapkan Mindset Perempuan Tangguh

Cerita Mitra

Mencicipi UMKM Jalangkote Kuliner Tradisional Asal Makassar yang Raup Hingga Rp20 Juta Per Bulan

Cerita Mitra
ibu suryanah tempe (1)

Produksi Tempe Rumahan Omset Hingga Belasan Juta Rupiah dari Usaha Selama 18 Tahun

Cerita Mitra
usaha souvenir

Raup Penghasilan Hingga Belasan Juta Per Bulan Berdayakan Pelaku UMKM Souvenir Lokal

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png