icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Berhasil Merenovasi Rumah, Sani Terus Kembangkan Usaha Rias Pengantin dan Wedding Organizer Miliknya
icon-lang
icon-lang

Berhasil Merenovasi Rumah, Sani Terus Kembangkan Usaha Rias Pengantin dan Wedding Organizer Miliknya

By Team Amartha Blog - 5 Apr 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_790" align="aligncenter" width="940"]Amartha Success Stories Berhasil Merenovasi Rumah, Sani Terus Kembangkan Usaha Rias Pengantin dan WO Miliknya[/caption]

Senyum selalu mengembang mewarnai hangatnya pertemuan bersama Ibu Sani Haula (44 tahun) pagi ini. Bu Sani telah bergabung sebagai Mitra Amartha selama lima tahun. Ia adalah salah satu sosok mitra yang telah sukses mengembangkan usahanya; rias pengantin dan wedding organizer (WO) di Desa Tegal, Kecamatan Ciseeng, Bogor.

Usaha rias pengantin ini telah ia rintis sejak tahun 1999 yang lalu. Dahulu, dengan modal yang minim, usahanya mengalami stagnansi karena peralatan yang ia miliki sangat terbatas. Setelah mendapatkan pembiayaan selama 5 kali di Amartha, usahanya pun semakin berkembang. Ia telah berhasil membeli berbagai kelengkapan untuk meningkatkan bisnisnya.

Mulai dari hiasan pengantin, perlengkapan make up yang lebih baik, bahkan mesin jahit untuk membuat baju. Bu Sani juga melengkapi layanannya dengan jasa dekorasi seperti bunga, yang bisa ia disewakan. Sehingga dari laba 1,5juta per bulan, kini ia bisa laba bersih sebesar 6 Juta rupiah.

Ya Alhamdulillah sekarang sudah makin dikenal. Karena saya ya kalau pelanggan sudah percaya sama saya, pasti saya beri yang terbaik. Biar nanti bisa balik lagi dia kalau punya hajat,” tutur Sani menceritakan pengalamannya mengembangkan usaha rias pengantinnya.

Bu Sani adalah ibu yang pintar mengatur keuangan. Selain menggunakan pembiayaan Amartha untuk usaha, ia juga menggunakan dana tersebut untuk merenovasi rumah miliknya. Pada pembiayaan ke-dua di kala itu, Bu Sani memperbaiki atap rumahnya, dan ruang tamu juga kamar tidur di pembiayaan selanjutnya.

Berani Mandiri Berwirausaha, Bu Sani Gantung Sepatu Jadi Karyawan

Ketika ditanya mengenai bagaimana Bu Sani memulai usahanya, Bu Sani berkisah bahwa semuanya berasal dari cita-cita. Bu Sani selalu ingin memiliki usaha sendiri. Namun bingung harus memulai darimana. Mempelajari teknik merias secara otodidak, Bu Sani sempat bekerja di tempat rias pengantin dengan upah tak seberapa.

Setelah beberapa waktu, ia merasa telah mendapatkan pengalaman dan ketrampilan yang cukup dan mantap untuk membuka usaha sendiri. Saat ini, bahkan Bu Sani memperoleh investasi dari kedua temanya. Rasa percaya diri Bu Sani semakin meningkat setelah Amartha mempercayakan pembiayaan yang ke-lima.Ibu Oong 2-rias & wo

Menebar Jaringan Membuka Rezeki

Selain pekerja keras, Bu Sani juga dikenal sebagai pribadi yang ramah dan bersemangat. Tidak heran bila ia memiliki banyak teman dan juga relasi yang baik dengan warga sekitar.   

Tak bisa dipungkiri, usaha yang tengah dikembangkan oleh Bu Sani juga bisa semakin maju berkat jerih payahnya membangun relasi. Setiap ada kesempatan, saat ia merias pengantin atau menjadi agen WO dalam suatu acara pernikahan, Bu Sani selalu bertemu dan berkenalan dengan banyak orang, baik pengisi acara seperti penyanyi, fotografer dan lainnya. Bu Sani sadar, bahwa networking amat penting untuk mengembangkan bisnis.

Setiap ibu riasin pengantin tuh sama pas jadi WO, Ibu pasti ajak kenalan tuh penyanyinya, fotografernya, terus yang sewain tenda gitu-gitu. Nah dari situ ibu tukeran nomor hp jadi bisa kerjasama nantinya, pastilah dengan harga beda dari yang biasa nyewa-nyewa gitu. Jadi ya ibu bisa lebih untung dan berkembang,” pungkas Sani menceritakan pengalamannya menebar jaringan untuk memajukan usaha miliknya.

Semangat, kerja keras, dan konsistensi dalam mengejar cita-cita tampak begitu jelas pada Bu Sani. Beliau dan 60.000 perempuan pelaku usaha mikro yang telah kami layani di Amartha adalah sumber inspirasi kami. Melihat semakin banyak perempuan pedesaan menjadi lebih mandiri dan mampu mendorong kemajuan ekonomi keluarganya, adalah cita-cita kami.

Kita bisa ikut serta membangun ekonomi lebih banyak perempuan seperti Bu Sani dengan begitu banyak cara. Salah satunya melalui investasi pintar Amartha. Karena berinvestasi di Amartha kita di perkotaan bisa terkoneksi dengan perempuan-perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui teknologi. Sehingga kita bisa ikut mendorong usaha mikro dan kecil untuk lebih maju dan berkembang di mana saja, kapan saja. Mari, bersama wujudkan geliat ekonomi inklusif untuk Indonesia sejahtera.

Artikel Terkait

Amartha Housewarming Party Bertajuk Amartha Village: “New Home, Stronger Growth”

Galeri Acara
pemberdayaan perempuan

Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

Tentang Amartha

Weekend Berdampak Nyata dengan Dukung UMKM Berdaya

Promo Pendana

Kenali Investasi dan Caranya Melalui Amartha Earn!

Produk Terbaru Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png