icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Berjuta Manfaat Jamu Tradisional Buatan Ibu Hotimah
icon-lang
icon-lang

Berjuta Manfaat Jamu Tradisional Buatan Ibu Hotimah

By Tim Blog Amartha - 6 Oct 2023 - 3 min membaca

Jamu adalah salah satu minuman tradisional yang pastinya sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Ramuan tradisional ini diyakini masyarakat dapat meningkatkan imunitas, karena berasal dari rempah-rempah dan tanaman asli Indonesia yang sejak dahulu dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bisnis jamu tradisional ini merupakan bisnis UMKM minuman terbuat dari rempah-rempah alami khas Indonesia yang berasal dari wilayah area Jawa Tengah. Bahan baku tersebut antara lain rimpang kencur, kunir, jahe, temulawak, juga ada asem, gula jawa, gula pasir, dll. Untuk jenis produksinya sendiri, jamu tradisional biasanya memiliki beberapa varian, diantaranya: Jamu beras kencur, kunir asem, jahe, temulawak, dan gula asem.

Bisnis jamu tradisional ini sudah ada sejak lama kita temukan mungkin dari jaman kakek buyut. Salah satu pengusaha UMKM yang telah melakukan bisnis ini adalah mitra Amartha, ibu Hotimah.

Ibu Hotimah telah menggeluti bisnis jamu ini sejak tahun 1986 dengan cara menjajakan melalui jualan keliling dengan berjalan kaki maupun dengan sepeda. Meskipun, saat ini ada banyak juga penjual jamu tradisional yang sudah menggunakan sepeda motor, namun ibu Hotimah lebih menyukai berjualan dengan berjalan kaki.

Proses produksi ini dilakukan menggunakan alat tradisional, seperti lumpang dan alu dimana bisnis UMKM ini masih menggunakan tenaga manusia dalam proses produksinya. Pengerjaan jamu tradisional ini dimulai dari jam 3 pagi hingga jam 6 pagi sebelum ibu Hotimah berangkat untuk berjualan.

Usaha Jamu Melalui Permodalan dari Amartha

AMF02547-2.jpg

Dalam sehari, ibu bisa membuat 12 botol jamu untuk dijajakan. Dari bisnis yang telah dijalankan sejak lama ini, ibu Hotimah bisa menyekolahkan ketiga anaknya hingga lulus. Sejak gabung di Amartha, ibu jadi bisa lebih banyak menyetok bahan baku untuk membuat jamu. Sebelumnya, terkadang ibu hanya bisa membeli sedikit demi sedikit karena kekurangan modal.

“Alhamdulillah dari Amartha saya terbantu modal untuk membeli bahan baku membuat jamu”

Memang, pendapatan yang diperoleh dari usaha jamu tradisional ini terbilang tidak besar. Faktor level usaha yang masih kecil menjadi salah satu penyebab utamanya. Teknik penjualan yang masih menggunakan cara biasa yakni dengan berjualan langsung kepada konsumen juga menjadi salah satu penyebab belum maksimalnya keuntungan yang didapatkan.

Namun, ibu Hotimah yakin meskipun peminat jamu tradisional tak sebanyak dulu, usaha jamu masih bisa terus berkembang dengan banyak cara. Misalnya melalui toko online atau membuka kedai khusus di pinggir jalan sebagai harapan dari ibu Hotimah.

5 Manfaat Minum Jamu untuk Menjaga Kesehatan

Jamu tradisional biasanya terbuat dari campuran rempah-rempah dengan ciri yang khas dan kaya akan manfaat. Berikut ini jabaran manfaat minuman jamu yang bisa kamu dapatkan.

1. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Beberapa jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan jamu memiliki sifat anti-inflamasi, misalnya jahe. Sifat ini yang bisa membantu tubuh untuk mengurangi terjadinya peradangan. Selain itu, jamu yang mengandung jahe memiliki senyawa gingerol yang bisa mengurangi gejala flu. 

2. Menjaga Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi sumber penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, minum jamu dengan campuran sereh dan jahe secara rutin juga bisa bantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. 

3. Mengurangi Rasa Nyeri

Aman dikonsumsi untuk anak hingga usia senja, jamu yang mengandung kencur dan temulawak mampu bantu mengatasi rasa pegal linu dan sakit nyeri yang dialami.

4. Tingkatkan Nafsu Makan dan Jaga Pencernaan

Salah satu manfaat minum jamu yang cukup populer adalah bantu meningkatkan nafsu makan. Salah satu bahan yang dapat membantu adalah temulawak. Temulawak merupakan salah satu rempah yang berguna untuk bangkitkan nafsu makan sekaligus bantu kesehatan pencernaanmu. Jamu dengan bahan temulawak cocok untuk dikonsumsi siapa saja, termasuk anak-anak.

5. Sumber Antioksidan

Antioksidan ini sangat penting bagi tubuh untuk melawan efek radikal bebas yang bisa mengakibatkan munculnya penyakit kronis seperti kanker. Temulawak dan kunyit adalah salah satu rempah yang dapat menghasilkan antioksidan.

Inilah beberapa manfaat dari mengkonsumsi jamu tradisional dari bisnis UMKM. Selain membeli produk-produk yang dibuat oleh ibu Hotimah, kamu juga bisa menjadi pendana baik yang membantu akses permodalan mereka, loh!

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Mari kita dukung bisnis pengusaha UMKM di Indonesia agar bisa terus memberdayakan mereka. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha.

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

3 Tahun Tekuni Usaha Roster Terapkan Mindset Perempuan Tangguh

Cerita Mitra

Mencicipi UMKM Jalangkote Kuliner Tradisional Asal Makassar yang Raup Hingga Rp20 Juta Per Bulan

Cerita Mitra
ibu suryanah tempe (1)

Produksi Tempe Rumahan Omset Hingga Belasan Juta Rupiah dari Usaha Selama 18 Tahun

Cerita Mitra
usaha souvenir

Raup Penghasilan Hingga Belasan Juta Per Bulan Berdayakan Pelaku UMKM Souvenir Lokal

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png