icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Berawal Dari Menjadi Pekerja, Kini Sukses Buka Usaha Kue Rumahan Omzet Hingga Jutaan Rupiah
icon-lang
icon-lang

Berawal Dari Menjadi Pekerja, Kini Sukses Buka Usaha Kue Rumahan Omzet Hingga Jutaan Rupiah

By Tim Blog Amartha - 10 Oct 2023 - 3 min membaca

Berawal dari keikutsertaannya dalam usaha bolu milik keluarga, ibu Devi Indriana beserta suaminya kemudian terjun untuk membuat usaha bolu rumahan sendiri. Kini, sembilan tahun sudah ibu Devi dan suami fokus pada usaha kue rumahan yang bertempat di Solo, Jawa Tengah. 

“Awalnya kita coba-coba membuat kue dengan resep sendiri, ternyata cukup banyak yang suka. Lama kelamaan kami memutuskan untuk membangun usaha sendiri dengan dorongan kebutuhan rumah tangga yang juga semakin banyak”

AMF03110.jpg

Ibu Devi bercerita awal-awal merintis usahanya, dia hanya memproduksi bolu kukus. Seiring berjalannya waktu, ia dan suami kemudian mengembangkan usaha kue rumahan dengan menambah varian donat, mandarin, bolu zebra, roti santan dan bolu gulung.

Harga yang dipatok dari berbagai jenis kue rumahan ini pun terbilang relatif. Mulai dari harga satuan, loyang hingga satu keranjang jenis kue. Sedangkan untuk omzet yang didapat per harinya bisa mencapai 1 juta rupiah!

Harapan Usaha Kue Rumahan Bersama Amartha

AMF03121.jpg

Kecuali hari minggu, rumah produksi ibu Devi terus bekerja dimulai dari tengah malam untuk mulai membuat adonan kue, dilanjutkan memanggangnya di pagi hari. Sebelum jam 9 pagi, semua kue pesanan wajib diantarkan kepada pemiliknya.

Saat ini ibu Devi memiliki beberapa pelanggan tetap, yakni pemilik warung yang wajib mengisi warungnya dengan kue-kue lezat dari ibu Devi. Dalam pengerjaannya, ibu Devi dan suami dibantu oleh tiga orang karyawan yang juga tetangga dekatnya dalam mengembangkan bisnis ini.

Selama bergabung di Amartha, modal yang didapatkan ibu Devi gunakan untuk menyetok bahan baku untuk membuat kue serta peremajaan alat-alat seperti alat panggang, loyang dan juga beberapa barang elektronik lainnya.

Ibu berharap agar usaha kue rumahan ini dapat terus berkembang menjadi lebih besar hingga bisa membuka toko kue sendiri dan juga mempekerjakan lebih banyak orang-orang terdekatnya agar bisa sama-sama berdaya. Dia juga berharap, usaha yang sudah ditekuninya itu bisa terus berkembang dan semakin diminati di tengah ketatnya persaingan dengan pengusaha UMKM lainnya.

Ibu Devi kemudian mengingatkan kepada siapa saja yang ingin memulai bisnis dan memiliki keahlian dalam bidang apapun, jangan pernah takut untuk memulainya.

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Mari kita dukung bisnis pengusaha UMKM di Indonesia agar bisa terus memberdayakan mereka. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha.

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Sebelumnya

Artikel Selanjutnya

Artikel Terkait

3 Tahun Tekuni Usaha Roster Terapkan Mindset Perempuan Tangguh

Cerita Mitra

Mencicipi UMKM Jalangkote Kuliner Tradisional Asal Makassar yang Raup Hingga Rp20 Juta Per Bulan

Cerita Mitra
ibu suryanah tempe (1)

Produksi Tempe Rumahan Omset Hingga Belasan Juta Rupiah dari Usaha Selama 18 Tahun

Cerita Mitra
usaha souvenir

Raup Penghasilan Hingga Belasan Juta Per Bulan Berdayakan Pelaku UMKM Souvenir Lokal

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png