icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Pendana / 5 Robot Masa Depan yang Akan Menguasai Dunia Kerja
icon-lang
icon-lang

5 Robot Masa Depan yang Akan Menguasai Dunia Kerja

By Team Amartha Blog - 21 Dec 2022 - 3 min membaca

Keberadaan robot sebenarnya untuk memudahkan pekerjaan manusia. Namun dengan perkembangan ilmu robotika dan Artificial Intelligence (AI), akan ada banyak robot masa depan yang mengambil alih pekerjaan manusia. Bahkan beberapa contohnya sudah bisa kita temukan sekarang. 

Perkembangan robot tak bisa dibendung. Para ilmuwan dan ahli teknologi terus melakukan inovasi dengan membuat robot yang semakin canggih. Apalagi sekarang ini, hampir semua aktivitas dan kebutuhan manusia terbantu dengan sistem otomatisasi. 

5 Robot Masa Depan yang Bakal Menguasai Dunia Kerja

Para ilmuwan terus berlomba menciptakan robot-robot yang mutakhir. Mungkin saat ini masih dalam bentuk percobaan, berupa prototype, atau belum diproduksi secara massal. Namun siapa tahu beberapa tahun lagi, kamu bisa menyaksikan banyak robot di tempat-tempat publik. 

Sebagai bukti bahwa teknologi robot semakin canggih, berikut ini daftar 5 robot masa depan yang digadang bakal menguasai dunia kerja:

Robot Pelayan Restoran

Salah satu pekerjaan manusia yang akan tergantikan adalah pelayan restoran. Nampaknya beberapa tahun lagi kamu akan melihat lebih banyak restoran yang menggunakan robot untuk jadi pramusaji mereka. 

Bahkan di kota Bandung sudah hadir tempat makan bernama Reveuse Resto yang memiliki 2 robot pelayan yang bisa mengantarkan makanan dan menyapa pengunjung. 

Ameca

Ameca adalah nama dari robot humanoid yaitu robot yang menyerupai manusia. Keunggulan Ameca dari robot lain adalah, ia bisa menunjukkan ekspresi sama seperti manusia. Misalnya, kaget, tersenyum, tertawa, bingung, dan lain sebagainya. 

Fitur canggih ini membuat Ameca menjadi robot manusia tercanggih saat ini. Ameca dapat disewa untuk kebutuhan acara. 

Baca Juga: Canggih! 5 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

Digit

Robot canggih berikutnya ada digit yang memiliki spesialisasi mengantarkan paket. Robot tanpa kepala dan memiliki bentuk tubuh setinggi anak kecil ini dapat membawa barang dan menumpuk kotak hingga 18 kg. 

Selain itu digit juga sudah diprogram untuk bisa melalui berbagai jenis medan jalan, untuk membawa barang dengan selamat. 

Autonomous Car

Autonomous car adalah mobil yang bisa berkendara sendiri alias tanpa supir. Kendaraan canggih ini dapat melaju sendiri dan membawa penumpang sampai ke tujuan. 

Perkembangan autonomous car sangat menjanjikan dan menjadi robot masa depan yang paling mungkin terwujud. Kedepannya transportasi publik seperti bus dan taksi bisa menggunakan kendaraan otonom. 

Meskipun belum ada mobil pribadi yang sepenuhnya otonom, beberapa merek mobil terkenal seperti Tesla, Mercedes-Benz, dan Volvo,sudah menambahkan fitur self-driving. 

Robot Bartender 

Pekerjaan bartender pun sekarang bisa diserahkan ke robot. Ada robot bartender yang berbentuk tangan ada juga yang dibuat humanoid, menyerupai manusia. Mereka akan membuat campuran minuman dengan takaran yang pas. 

Bahkan ada yang bisa meramu jenis minuman baru. Robot bartender juga sudah pernah hadir di cafetaria media center, dari acara bergengsi olimpiade musim dingin Beijing 2022.

Itu dia 5 robot masa depan yang bisa melakukan berbagai tugas dan pekerjaan manusia. Mulai dari pelayan supir, hingga bartender. Menurutmu dari kelima robot yang telah disebutkan, mana robot tercanggih di dunia? 

Di masa depan akan hadir lebih banyak lagi robot canggih yang bisa mengubah kehidupan manusia. Banyak ilmuwan dan pengusaha yang sampai berani berinvestasi dalam dunia robot dan AI. 

Sama dengan perkembangan teknologi dengan dampak nyata yang terasa sangat besar, menjadi lender di Amartha juga memberikan dampak impact investing untuk bantu memajukan pelaku usaha mikro di lebih dari 35.000 desa. 

Dengan perkembangan teknologi juga, saat ini akses untuk investasi dan menyimpan uang pun semakin mudah dengan banyak pilihan. Salah satunya dengan instrumen keuangan seperti p2p lending yang cocok untuk berinvestasi.

Mendanai mulai dengan Rp100.000 aja di microfinance marketplace Amartha, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif mingguan dengan dana imbal hasil 15% flat per tahun, lho! Tunggu apalagi? Yuk, mulai mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

6 Pekerjaan yang Berhubungan dengan Teknologi di 2023!

5 Robot Masa Depan yang Akan Menguasai Dunia Kerja

Produk Terbaru Pendana

Candil "Eks Seurieus" Dukung Amartha Bangun Ekonomi di Desa

Gaya Hidup

Ciseeng, Saksi Sejarah Berdirinya Amartha

Galeri Acara

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png