icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Mulai Siapkan Dana Pensiun untuk Kehidupan Nyaman di Masa Depan
icon-lang
icon-lang

Mulai Siapkan Dana Pensiun untuk Kehidupan Nyaman di Masa Depan

By Team Amartha Blog - 28 Nov 2017 - 3 min membaca

Mulai Siapkan Dana Pensiun

Ketika mendadak tidak ada pekerjaan, banyak pensiunan bingung mau kerja apa, sehingga ia akhirnya beralih jadi Pengangguran.

Ketika ritme hidup mendadak menjadi lambat, bingung bagaimana memanfaatkannya, banyak pensiunan yang akhirnya tidak produktif di masanya itu. Padahal bila bisa memanfaatkan waktu dan juga keuangan dengan baik, maka bukan tidak mungkin di masa pensiun justru keadaan ekonomi mereka akan terus tumbuh.

Seperti yang kita ketahui bersama, ketika mendadak tambah kaya, dan bingung bagaimana mengelolanya, biasanya orang cenderung untuk menghabiskan uang daripada mengelolanya.

Jika tidak diantisipasi, maka dia malah menghabiskan uangnya untuk keinginannya dan bukan berdasarkan dengan kebutuhan dirinya. Nah, dalam hal ini menabung dan melakukan investasi menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi para pensiunan.

Di sisi lain, kebanyakan masyarakat tidak sadar perlunya menabung dan berinvestasi untuk dana pensiun sedini mungkin. Bahkan, seharusnya masyarakat disadarkan sebaiknya persiapan pensiun, dilakukan sejak pertama kali menerima penghasilan atau gaji.

Nah, kira-kira apa sih pentingnya kegiatan investasi ini bagi para pensiunan? Yuk kita pelajari hal berikut!

Mengapa harus berinvestasi sedini mungkin?

  1. Pertama, untuk memenuhi biaya hidup pasca pensiun, ketika kita tidak bekerja lagi, membutuhkan dana sangat besar.
  2. Kedua, jika kita tahu untuk mengakumulasi dana besar itu kita memiliki waktu yang semakin panjang, semakin ringan tabungan rutin yang harus kita sisihkan.
  3. Ketiga, semakin panjang waktu persiapan, kemungkinan memanfaatkan instrumen investasi saham atau investasi berisiko yang menghasilkan imbal hasil investasi tinggi, semakin terbuka.

Kebutuhan persiapan pensiun sebetulnya harus dilakukan oleh semua orang. Hal ini karena akan ada masa setiap orang memasuki periode yang tidak lagi produktif dalam artian tidak menghasilkan pemasukan. Di sinilah mengapa, belajar perencanaan keuangan dan juga belajar investasi adalah hal yang penting.

Menyadarkan masyarakat agar mempersiapkan pensiun sedini mungkin, bisa menjadi alternatif meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Betapa tidak, jika setiap orang sudah memiliki dana cadangannya di masa depan dan akan terus tumbuh, maka hal ini akan menguntungkan, baik bagi diri mereka maupun pemerintah.

Mengedukasi masyarakat untuk mempersiapkan pensiun, memberikan jawaban atas pertanyaan “untuk apa dan mengapa saya harus berinvestasi?”. Sementara produk-produk keuangan hanya merupakan sarana atau alat, yang sejatinya untuk menjawab pertanyaan “bagaimana mencapainya?”

Kesadaran mempersiapkan pensiun menjadi salah satu pintu masuk bagi seseorang belajar investasi. Ia memahami, dengan berinvestasi masa depan lebih baik. Edukasi investasi melalui penyadaran perlunya mempersiapkan dana pensiun, akan menolong masyarakat terhindar dari pemborosan, karena secara sadar, ia harus menabung dan berinvestasi.

Lalu, sudahkan Anda mempersipakan dana pensiun? Jika belum, jangan khawatir! Yuk pelajari salah satu produk investasi yang aman dan telah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berikut.

Berinvestasi sejak dini akan memberikan kesiapan bagi Anda di masa depan, makin cepat Anda memulai berinvestasi makin banyak dana yang Anda siapkan untuk masa depan. Raih keuntungan hingga 15% flat p.a. dengan berinvestasi di Amartha.

Artikel Terkait

Mulai Siapkan Dana Pensiun untuk Kehidupan Nyaman di Masa Depan

Keuangan

Berdayakan UMKM untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Makin Sejahtera

Keuangan

Sukses Selagi Muda? Siapa Takut!

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png