icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Bisakah Membeli Mobil Impian Dengan Harga Yang Terjangkau?
icon-lang
icon-lang

Bisakah Membeli Mobil Impian Dengan Harga Yang Terjangkau?

By Team Amartha Blog - 17 Aug 2021 - 3 min membaca

Setiap orang pasti memiliki mimpi akan mobil impiannya. Bukan sekadar ingin, mempunyai mobil saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Apalagi di Indonesia, memiliki mobil pribadi dianggap menguntungkan pemiliknya karena jadi punya mobilitas yang lebih tinggi.

Namun, biaya untuk membeli mobil terbilang cukup besar, sehingga hanya kalangan tertentu saya yang dapat memilikinya. Meski begitu, bukan berarti ini adalah hal yang mustahil.

Gak Bisa Tidur, Anak Muda Ini Beli Mobil Jam 3 Pagi!

Sebab, jika kamu memiliki strategi yang matang, maka kamu tetap bisa membeli mobil impian sambil tetap memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Berikut caranya!

5 Cara Beli Mobil Impian Dengan Harga Terjangkau

1. Menyiapkan Bujet

Menyisihkan bujet alias anggaran khusus untuk membeli mobil jadi cara utama untuk membeli mobil impian. Sebab, kamu memerlukannya untuk pembayaran awal. Nah, kamu yang rutin menyisihkan dana khusus tentu sudah selangkah lebih maju. Jika belum melakukan ini maka mulailah sisihkan penghasilan bulanan yuk!

Tentukan jumlah bujet yang akan kamukeluarkan untuk membeli mobil lalu rutinlah menabung dan berinvestasi untuk pembelian mobil.

Kuncinya, pecah gaji menjadi beberapa bagian sebelum kamu menggunakannya. Pertama, kebutuhan selama sebulan, tabungan mobil, dana cadangan, dan sebagainya. Nah, besaran tabungan mobil itu bisa kamu sesuaikan sesuai nominal gaji, ya.

2. Pilih Mobil Sesuai Bujet yang Dimiliki

Saat bujet sudah disiapkan, kamu akan lebih mudah memilih mobil yang sesuai dengan bujet. Semua mobil fungsinya sebenarnya sama, hanya beberapa mobil punya kelebihan dari mobil yang lainnya. Namun, kamu tetap bisa memilih mobil favoritmu.

Kamu bisa mencari informasinya di internet. Saat ini situs khusus otomotif cukup banyak di Indonesia. Termasuk informatif karena menyediakan data yang kamu butuhkan seperti harga dan spesifikasinya. Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu juga.

3. Lakukan Survei Ke Dealer

Selanjutnya, kamu bisa melakukan survei di dealer-dealer yang menjual mobil untuk mencari mobil impian di harga yang paling murah. Kamu harus pintar-pintar mencari karena biasanya sering ada perbedaan harga dan bonus yang bisa didapatkan di antara dealer tersebut.

Tidak ada salahnya mendatangi dealer-nya langsung yang ada di kotamu. Alasan kenapa sebaiknya memilih dealer sesuai dengan domisili agar nanti kamu mudah mengurus berkas-berkas setelah memiliki mobilnya. Kamu juga akan mudah dalam melakukan survei.

4. Hindari Membeli Mobil yang Baru Dirilis

Saat baru meluncur, harga mobil cenderung lebih mahal. Untuk itu, hindari membeli mobil yang baru saja mengaspal di pasaran. Jika kamu tertarik dengan salah satu mobil, maka tunggulah beberapa waktu setelah peluncuran demi mendapat penawaran terbaik!

Beli Mobil Baru VS Mobil Bekas, Mana Yang Lebih Untung?

5. Beli Mobil di Momen-Momen Khusus

Terakhir, membeli mobil di momen-momen khusus bisa membuatmu mendapat penawaran menarik. Adapun, momen khusus yang sering mengadakan penawaran menarik ketika ingin membeli mobil adalah saat pergantian tahun dan lebaran.

Biasanya di pergantian tahun, mobil-mobil atau kendaraan bermotor pada umumnya turun harga. Walaupun turunnya tidak seberapa, tapi ini bisa menjadi keuntungan buatmu.

Sedangkan mendekati Lebaran, sekitar dua bulan atau sebulan sebelumnya biasanya dimanfaatkan banyak dealer untuk lebih banyak menarik perhatian membeli.

Mereka biasanya akan mengadakan diskon besar-besaran dan memberikan bonus tertentu untuk para pembeli mobil. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi pembeli, jadi kamu bisa mulai menargetkan membeli di waktu ini.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan agar bisa membeli mobil impian. Selamat mencoba ya!

Tags:

Artikel Terkait

Tips Hemat Anak Kost

6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

Keuangan
risk dan return

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Tentang Amartha

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png