icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Apa Itu Uang Elektronik? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
icon-lang
icon-lang

Apa Itu Uang Elektronik? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

By Tim Blog Amartha - 10 Jun 2024 - 3 min membaca

Zaman terus berkembang, tidak terkecuali dunia keuangan yang kini semakin mudah dan cepat dalam memenuhi kebutuhanmu. Belakangan ini, berbagai jenis transaksi menjadi semakin nyaman dengan adanya uang elektronik. Namun, mungkin saja masih ada banyak orang yang bertanya apa itu uang elektronik.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang topik menarik yang satu ini. Simak hingga tuntas dari mari lebih mengenal uang elektronik, mulai dari pengertian, manfaat, hingga jenisnya!

Apa Itu Uang Elektronik?

Jika kamu merasa kurang familiar dengan istilah uang elektronik, maka mari pahami terlebih dahulu tentang penjelasan singkatnya.

Secara umum, uang elektronik adalah alat atau media pembayaran uang dalam bentuk elektronik atau digital. Penyimpanan uang tersebut pun dilakukan dengan sistem elektronik yang sudah disusun untuk mempermudah penggunanya dalam bertransaksi.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyetorkan sejumlah uang ke penerbit uang elektronik. Lalu, uang tersebut akan tersimpan dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan transaksi.

Contoh uang elektronik yang belakangan populer yakni dompet elektronik atau dompet digital. Kamu bisa membeli berbagai barang tanpa perlu membawa uang di dompet, hanya perlu membawa smartphone dengan koneksi internet yang stabil dan transaksi pun berjalan lancar.

Di Indonesia, uang elektronik diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dan diatur oleh Bank Indonesia. Jadi, selain mempermudah pengguna, legalitasnya pun telah diatur oleh pemerintah sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Manfaat Uang Elektronik

Tentunya, manfaat dari uang elektronik ini cukup beragam, sehingga membuatnya dianggap sebagai salah satu metode transaksi modern yang populer. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari uang elektronik.

1. Dapat Menghemat Waktu Transaksi

Pertama, kamu bisa menghemat waktu dalam melakukan pembayaran. Tidak perlu lagi menunggu kasir mengambil kembalian jika kamu hendak membayar dengan uang yang lebih besar.

Kamu hanya perlu memanfaatkan smartphone atau kartu, dan transaksi pun dapat terselesaikan dengan waktu singkat.

2. Dapat Dipakai untuk Membayar Tol

Manfaat uang elektronik yang selanjutnya yakni dapat kamu gunakan untuk membayar tol, sehingga perjalanan ke berbagai tempat menjadi lebih mudah dan praktis.

3. Meminimalisir Uang Tunai yang Dibawa

Membawa uang tunai dalam jumlah besar tentu membuat waswas dan dapat meningkatkan risiko keamanan. Apalagi, jika kamu perlu pergi ke tempat ramai atau perjalanan jauh, namun perlu melakukan berbagai transaksi dalam nominal besar.

Maka dari itu, uang elektronik dapat menjadi solusi tepat. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi dengan bawaan yang lebih ringkas.

4. Meningkatkan Keamanan Transaksi

Jika ada yang bertanya tentang apa itu uang elektronik dan manfaatnya, maka inilah salah satu jawaban pentingnya. Uang elektronik dapat membuat transaksi lebih aman, karena terdapat sistem yang melindungi uang yang disimpan.

Ketika akan melakukan transaksi, kamu perlu memasukkan sandi transaksi atau sidik jari. Maka dari itu, hanya pemiliknya yang bisa memakai uang tersebut.

Teknologi otorisasi dan enkripsi yang tersedia juga dapat membuat transaksi menjadi lebih aman. Selain itu, jika smartphone kamu hilang atau dicuri, kamu juga bisa langsung menutup semua akses menuju uang elektronik yang dimiliki.

Dengan begitu, uang yang tersimpan tetap aman dan dapat dialihkan dengan ke media yang bisa kamu jangkau. Tentunya, sistem untuk melakukan hal ini akan menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing layanan.

5. Efisiensi Biaya

Dengan memanfaatkan uang elektronik, kamu bisa menghemat berbagai biaya administrasi. Misalnya, ketika kana transfer ke bank lain, maka umumnya biayanya akan lebih murah dibanding transfer antar bank dengan cara konvensional. Namun, ini kembali pada kebijakan setiap layanan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai cashback dan diskon dari penggunaan uang elektronik.  Penawarannya sering kali tampak sangat menggiurkan, sehingga tidak ada salahnya untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca Juga: Apa Tujuan Investasi? Berikut Jenis, Tujuan, dan Contohnya

5 Jenis Uang Elektronik

Setelah membaca apa itu uang elektronik dan manfaatnya, mari mengenal tentang jenisnya. Di Indonesia, terdapat 5 jenis uang elektronik yang sudah umum digunakan, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Dompet Elektronik

Pertama, ada dompet elektronik atau dompet digital yang sudah disinggung sebelumnya. Ini merupakan uang elektronik yang berupa aplikasi dan dapat diunduh melalui smartphone. Kamu dapat memakainya untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant yang telah terdaftar.

Akun dari dompet elektronik juga dapat terhubung dengan berbagai akun bank milikmu, sehingga dapat memudahkan dalam berbagai transaksi lainnya. Misalnya, pembelian pulsa, membayar tagihan listrik, transfer bank atau transfer ke sesama pengguna dompet elektronik, dan sebagainya.

Bisa dibilang, dompet digital adalah contoh uang elektronik yang populer di berbagai kalangan, khususnya anak muda.

2. QR Code Payment

Kedua, ada uang digital yang juga sedang populer, peminatnya semakin banyak belakangan ini karena dianggap sebagai metode pembayaran yang mudah dan praktis.

QR Code Payment merupakan sistem yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi hanya dengan memindai QR code. Biasanya, QR code tersebut tertera di di berbagai merchant yang memang menyediakan metode pembayaran yang satu ini.

Kamu dapat memindainya dan melakukan pembayaran dengan memakai uang yang ada di berbagai jenis dompet elektronik. Selain itu, berbagai mobile banking kini juga sudah menyediakan layanan untuk pembayaran yang satu ini.

Jika ada yang bertanya tentang apa itu uang elektronik dan bagaimana pemakaiannya, maka QR code dapat menjadi penjelasan yang cukup mudah sebagai contoh.

3. Mobile Banking

Mobile banking adalah salah satu layanan modern yang diberikan oleh berbagai bank supaya penggunanya dapat melakukan berbagai transaksi cukup dari smartphone. Mulai dari transfer, pembayaran belanja online, pembayaran tagihan, hingga ada pula yang menyediakan QR code payment seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Internet Banking

Selain mobile banking, layanan perbankan juga biasanya menyediakan internet banking yang mempermudah transaksimu melalui smartphone. Kamu dapat mengaksesnya melalui website maupun aplikasi yang terdaftar.

Layanan yang diberikan pun beragam, kurang lebih serupa dengan mobile banking, namun kembali lagi pada fasilitas yang disediakan masing-masing bank.

5. Kartu Prabayar                                 

Terakhir, ada kartu prabayar yang merupakan uang elektronik yang dapat diisi dengan uang untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant yang sudah terdaftar ke dalam sistem, misalnya toko atau restoran tertentu. Umumnya, kartu ini berwujud kartu plastik yang mudah untuk dibawa.

Itulah berbagai penjelasan tentang apa itu uang elektronik, termasuk manfaat dan jenis yang bisa kamu optimalkan dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

Saat ini, berbagai kemudahan dunia digital memang semakin tampak. Selain dalam bentuk uang elektronik, kini kamu juga bisa melakukan berbagai kebutuhan finansial hanya melalui smartphone.

Amartha juga menjadi bagian dari kemajuan digital ini. Tak hanya digunakan sebagai alat pembayaran, sekarang kamu juga bisa menggunakan uang elektronik untuk melakukan transaksi investasi yang bisa memberikan dampak baik untuk bisnis UMKM.

Sejak berdiri, Amartha fokus memberdayakan perempuan di pedesaan agar menjadi pengusaha UMKM yang mandiri dan sejahtera. Hingga saat ini, Amartha telah berhasil menghubungkan pendana (lender) dan mitra usaha (borrower) di area pedesaan di Indonesia.

Pendanaan di Amartha menggunakan skema crowdfunding yang bisa dimulai dengan modal mulai dari Rp100.000 aja dengan imbal hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa digunakan sebagai passive income. Tak perlu ragu, karena Amartha telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019.

So, tunggu apalagi ayo download dan mulai pendanaan berdampak kamu!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Apa itu barcode

Apa Itu Barcode? Berikut Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

E Wallet Adalah

E Wallet Adalah Dompet Digital: Pahami Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Keuangan
apa itu uang elektronik

Apa Itu Uang Elektronik? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Keuangan
Apa Itu Qris

Apa Itu QRIS? Berikut Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png