icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 4 Tips Menabung Saat Bulan Ramadhan. Dijamin Terkumpul!
icon-lang
icon-lang

4 Tips Menabung Saat Bulan Ramadhan. Dijamin Terkumpul!

By Team Amartha Blog - 6 Apr 2023 - 3 min membaca

Tips menabung saat bulan ramadhan bukan tidak mungkin dilakukan. Selama ini kebanyakan orang jadi mengalami besar pasak daripada tiang pada momen ramadhan. Pengeluaran juga jadi lebih tak terkontrol lagi menjelang hari raya lebaran. 

Memang tidak ada salahnya untuk menyemarakkan lebaran dengan meriah, namun kamu juga tetap perlu mewaspadai kondisi keuangan kamu. Agar saat lebaran tidak alami boncos, maka kamu perlu menggiatkan menabung di bulan ramadhan. Berikut ini adalah tips untuk berhemat di bulan ramadhan, simak sampai bawah ya!

4 Tips Menabung Saat Bulan Ramadhan yang Bisa Diterapkan

Beberapa orang berpikir bahwa mudah saja menabung saat ramadhan, bukankah dengan berpuasa tandanya pengeluaran untuk konsumsi juga akan berkurang? 

Namun pada prakteknya justru pengeluaran makin banyak dan membengkak, setelah dicek malah banyak dialokasikan untuk pembelanjaan makanan dan minuman. 

Untuk menghindari hal demikian dan finansial tetap jaya saat hari raya, kamu bisa ikuti tips agar ramadhan tidak boros di bawah ini!

1. Mematuhi Anggaran Awal

Pada awal bulan kamu pasti sudah menyusun anggaran dana dan alokasi kebutuhan. Maka, stick to the plan! Kamu harus patuh pada rencana keuangan yang sudah kamu buat. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir adanya keperluan yang sebenarnya tidak penting. 

Tambahkan juga daftar skala prioritas, sebelum melakukan pembelian juga sebaiknya kamu mengecek dana yang tersedia. Pengeluaran dan pemasukan harus sesuai dengan dana yang ada, mengikuti anggaran yang sudah direncanakan akan membawa keteraturan pada kondisi keuangan kamu.

2. Membuat Menu Buka dan Sahur Sendiri

Selagi kamu masih bisa membuatnya sendiri, sebaiknya memasak sendiri saja di rumah. Apalagi jika untuk seluruh anggota keluarga, membeli di luar hanya akan menambah pengeluaran. Sementara dengan membuat di rumah bisa lebih menghemat pembelanjaan. 

Dengan memasak lauk pauk atau takjil sendiri di rumah maka bisa menekan budget. Begitu juga untuk makan sahur, sebaiknya membuat sendiri di rumah. Kamu juga bisa mengatur agar makanan yang disajikan di meja sesuai kebutuhan gizinya. 

Baca Juga: 7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

3. Membatasi Pengeluaran Bukber Saat Ramadhan

Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan kamu jadi kesulitan untuk menabung 30 hari di bulan ramadhan. Pasalnya ajakan bukber pasti selalu berdatangan, mulai dari teman TK hingga kolega kerja dan kerabat atau saudara. Jika sekali bukber saja mengeluarkan 50 ribu per orang, apabila menerima 5 ajakan sudah Rp250.000 yang akan kamu gelontorkan. 

Belum lagi untuk anggota keluarga lainnya yang juga akan bukber, berapa dana yang kamu habiskan hanya untuk bukber? Tentu tidak ada larangan untuk melakukannya, namun jika bisa maka jangan berlebihan dan sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

4. Menyimpan Uang Receh

Tak sedikit orang yang mengabaikan recehan, biasanya uang kembalian dalam bentuk receh atau logam kita biarkan begitu saja. Padahal bisa dikumpulkan dalam satu wadah atau celengan, dapat menjadi tambahan untuk sukseskan tips menabung saat bulan ramadhan. 

Jika rajin mengumpulkan uang receh tiap hari 1000 hingga 2000 dalam satu bulan bisa saja mencapai Rp50 ribu. Kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk sama-sama melakukan ini. Hasilnya bisa dipakai untuk membeli gas atau air galon di bulan mendatang, bukankah jadi lebih hemat?

Selagi mengaplikasikan tips-tips di atas, sebaiknya kamu juga tidak lupa untuk tetap menyisihkan sebagian rezeki untuk berbagi atau bersedekah. Selain menerapkan tips menabung saat bulan ramadhan, kamu juga bisa mendapatkan passive income dengan menjadi pendana di Amartha

Amartha adalah platform microfinance marketplace yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Mulai dari Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa jadi pendana dan bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Tunggu apalagi? Yuk, modalin di Amartha, sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

4 Tips Menabung Saat Bulan Ramadhan. Dijamin Terkumpul!

Keuangan

5 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa Biar Tak Boros!

Keuangan

Ingin Hemat di Bulan Ramadhan? Ikuti 5 Langkah Ini

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png