icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 4 Rahasia Manajemen Keuangan Keluarga, Dijamin Lebih Hemat
icon-lang
icon-lang

4 Rahasia Manajemen Keuangan Keluarga, Dijamin Lebih Hemat

By Team Amartha Blog - 24 Mar 2023 - 3 min membaca

Manajemen keuangan keluarga akan berbeda dari satu keluarga dengan keluarga lainnya. Sebab pendapatan dan kebutuhan serta jumlah anggota keluarga akan menjadi variabel yang mempengaruhi keuangan keluarga.

Namun, beberapa keluarga tentu memiliki cara masing-masing yang tujuannya tentu hampir serupa. Yaitu, meminimalisir kerugian, dalam artian jangan sampai besar pasak daripada tiang. Keuangan rumah tangga harus diatur sedemikian rupa agar mencukupi, jangan sampai pengeluaran jadi lebih besar dari penghasilan. Intip rahasinya di sini!

Intip 4 Rahasia Manajemen Keuangan Keluarga

Untuk bisa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik tentu dibutuhkan kecermatan dan pertimbangan. Apalagi ketika semua hal menjadi serba mahal dan ancaman adanya resesi yang tidak kunjung surut. 

Untuk bisa memulai mengatur keuangan keluarga yang sehat, kamu mungkin bisa mengadaptasi langkah-langkah di bawah ini!

Terbuka Pada Pasangan Soal Kondisi Finansial

Komunikasi adalah kunci terbinanya hubungan keluarga yang baik, yang mana juga akan mempengaruhi bagaimana kinerja finansial kamu dan pasangan. Kamu perlu saling terbuka dengan pasangan, agar bisa mengetahui pendapatan kalian ada berapa dan asalnya dari mana saja. 

Kedua belah pihak perlu mengkomunikasikan kondisi finansial masing-masing tanpa ditutup-tutupi. Sehingga kemudian bisa sama-sama membuat perencanaan. Pada kondisi ini juga harus diberitahukan soal utang atau piutang sehingga semuanya juga menjadi jelas dan mudah kedepannya.

Membagi Kebutuhan Anggaran

Dalam membagi dan membuat rancangan anggaran bulanan, kamu bisa membuat tabel perencanaan keuangan keluarga bersama pasangan. Sehingga sudah kelihatan pos kebutuhan dan anggaran dari masing-masing yang diperlukan selama sebulan ke depan. Pada penyusunan ini diperlukan juga untuk mempertimbangkan skala prioritas. 

Buat juga tabel yang memang berisi kebutuhan pokok atau primer yang tidak bisa ditunda dan tidak ada kompromi. Selain itu tetap jangan lupa buat anggaran untuk kegiatan yang sifatnya rekreatif bagi anggota keluar sesekali.

Baca Juga: 6 Cara Mengatur Keuangan yang Tepat Untuk Keluarga Muda

Rekening Khusus Kebutuhan Rumah Tangga

Salah satu rahasia manajemen keuangan keluarga selanjutnya, memiliki rekening khusus. Banyak pasangan yang masih belum memahami pentingnya memiliki rekening yang dikhususkan untuk kebutuhan dan keuangan rumah tangga. Tidak selalu harus membuat rekening baru, tentukan saja rekening entah dari suami atau istri yang dipakai untuk keperluan rumah tangga saja. 

Rekening ini juga berguna untuk menyimpan tabungan keluarga nantinya. Hal ini akan berguna untuk manajemen keuangan rumah tangga khususnya bagi pasangan muda. Setiap penggunaan uang keluar dan uang masuk jadi tercatat dengan baik.

Menyisihkan Tabungan untuk Dana Darurat

Kamu dan anggota keluarga bisa saja tertimpa musibah atau keadaan darurat, tidak ada yang pernah tau. Namun cara untuk mengantisipasinya adalah dengan menyediakan dana darurat. Sehingga jika ada situasi mendadak yang sulit, kamu dan keluarga tidak perlu repot berhutang ke pihak lain. 

Tapi sudah tersedia dana darurat yang menjadi penyokongnya. Karena kebutuhan tidak terencana bisa datang kapan saja, dengan memiliki dana darurat tidak akan membuatmu mengacaukan daftar anggaran bulanan yang sudah dibuat. Selain itu, penting juga bagi kamu dan keluarga untuk memiliki asuransi.

Nah, sekarang kamu sudah mendapatkan 4 rahasia manajemen keuangan keluarga yang bisa diterapkan segera di rumah tangga kamu. Satu hal yang pasti, banyak faktor yang bisa membedakan keuangan satu keluarga dengan yang lainnya.

Bicara mengenai penghasilan tambahan, kamu bisa juga mulai mencoba untuk menjadi pendana atau lender di Amartha. Amartha adalah platform microfinance marketplace yang aman karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Di Amartha, kamu bisa mendanai UMKM di Indonesia untuk memajukan usahanya mulai Rp100 ribu saja dan nantinya kamu akan mendapatkan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Yuk, modalin perempuan tangguh di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Tips Hemat Anak Kost

6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

Keuangan
risk dan return

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Tentang Amartha

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png