icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 11 Cara Menabung di Rumah yang Paling Efektif
icon-lang
icon-lang

11 Cara Menabung di Rumah yang Paling Efektif

By Tim Blog Amartha - 27 May 2024 - 3 min membaca

Cara menabung di rumah yang kurang tepat seringkali tidak membuahkan hasil. Tidak jarang uang tersebut tidak terkumpul sesuai target yang diinginkan. Ada banyak alasan seseorang ingin menabung di rumah. Mulai dari ingin berhemat, membeli barang incaran, pergi ke liburan, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat mencapai target finansial yang diinginkan, tentu kamu harus menggunakan strategi menabung yang tepat. Jangan sampai kamu gagal membeli tiket liburan ke tempat impian karena gagal menabung. Lalu, bagaimana caranya?

Cara Menabung di Rumah Paling Efektif untuk Capai Target Finansial

Meskipun tampak mudah, nyatanya masih banyak orang yang kesulitan untuk menabung di rumah. Bila kamu termasuk salah satunya, mari simak beberapa tips menabung berikut:

1. Tentukan Tujuan Menabung

Langkah pertama yang penting adalah menetapkan tujuan menabung. Apakah kamu ingin menabung untuk dana darurat, liburan impian, atau pensiun? Memiliki tujuan yang jelas akan memberikan motivasi dan fokus dalam proses menabung. 

Tentukan jumlah yang ingin kamu capai dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapainya. Menetapkan tujuan dapat membantu perencanaan yang lebih terperinci tentang berapa banyak uang yang perlu disisihkan setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Misalnya, jika kamu menetapkan tujuan untuk memiliki dana darurat senilai enam bulan pengeluaran, kamu dapat menghitung berapa banyak uang yang perlu kamu sisihkan setiap bulan untuk mencapainya dalam periode waktu yang ditentukan.

2. Buat Skala Prioritas

Setelah menetapkan tujuan menabung, cara menabung di rumah selanjutnya yaitu membuat skala prioritas. Identifikasi kebutuhan dan keinginan yang paling penting, serta seberapa cepat kamu ingin mencapai tujuan tersebut. Ini akan membantu menentukan seberapa banyak uang yang perlu disisihkan setiap bulan untuk setiap tujuan yang kamu inginkan.

Misalnya, jika kamu memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai sekaligus, seperti dana darurat, liburan, dan investasi jangka panjang, kamu dapat memberikan prioritas yang berbeda untuk setiap tujuan tersebut. 

Kamu mungkin memutuskan untuk menyisihkan sebagian besar uang untuk dana darurat terlebih dahulu, kemudian menyisihkan sisa uang untuk tujuan lainnya sesuai dengan skala prioritas yang telah kamu buat.

3. Langsung Pisahkan Dana untuk Menabung

Salah satu cara efektif untuk menabung adalah dengan langsung memisahkan dana untuk menabung sejak awal. Setiap kali kamu menerima penghasilan, alokasikan sebagian kecilnya langsung ke rekening tabungan atau investasi. 

Penting untuk memperlakukan dana menabung sebagai prioritas yang sama dengan pengeluaran rutin lainnya. Dengan cara ini, kamu akan lebih cenderung untuk konsisten dalam menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk menabung setiap bulan. Selain itu, cara ini juga meminimalisir uang tersebut terpakai untuk kebutuhan lain yang kurang mendesak.

4. Mulai dari Angka Kecil

Cara menabung di rumah berikutnya yaitu mulailah dari angka yang kecil. Jangan merasa terbebani dengan angka besar saat memulai menabung. Mulailah dari angka kecil yang sesuai dengan kemampuan. Yang penting adalah konsistensi dalam menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan. 

Seiring waktu, kamu dapat meningkatkan jumlah uang yang disisihkan saat semakin terbiasa dengan kebiasaan menabung. Memulai dengan angka kecil juga dapat membantu mengembangkan kebiasaan menabung yang kuat. Dengan memulai dari angka kecil, kamu dapat meningkatkan jumlah yang kamu sisihkan secara bertahap seiring waktu.

5. Gunakan Rekening Khusus untuk Menabung

Memiliki rekening khusus untuk menabung dapat membantu memisahkan uang yang ditabung dari uang untuk kebutuhan sehari-hari. Pilihlah rekening tabungan yang menawarkan suku bunga yang kompetitif dan tidak mengenakan biaya administrasi yang tinggi. Hal ini akan membantu uang kamu berkembang lebih cepat seiring waktu.

6. Manfaatkan Sistem Autodebet

Sistem autodebet adalah salah satu alat terbaik untuk menabung secara disiplin. Atur agar sebagian pendapatanmu dialihkan ke rekening tabungan secara otomatis setiap kali menerima gaji atau pendapatan lainnya. 

Dengan cara ini, kamu tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang kurang penting. Pilihlah jumlah yang realistis sesuai dengan kemampuan kamu, dan biarkan sistem bekerja secara otomatis untuk menyisihkan dana tabunganmu.

Baca Juga: Anti Boros! 9 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

7. Catat Keuangan dengan Rinci

Mencatat pengeluaran dan pemasukan secara rinci adalah langkah penting dalam menabung. Buatlah anggaran bulanan yang mencakup semua pengeluaran rutin dan biaya tetap, serta alokasikan sebagian pendapatan untuk tabungan. 

Dengan memantau keuangan secara rinci, kamu dapat mengidentifikasi area di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran dan mengalihkannya ke tabungan. kamu dapat memanfaatkan aplikasi keuangan atau spreadsheet sederhana dapat membantu melacak uang masuk dan keluar dengan mudah.

8. Hindari Berhutang

Cara menabung di rumah berikutnya yaitu memastikan bahwa kamu tidak menambahkan hutang baru. Hutang dapat menjadi beban finansial yang berat dan menghambat kemampuan untuk menabung. 

Jika kamu memiliki hutang yang belum diselesaikan, upayakan untuk membayar secara bertahap dengan mengalokasikan sebagian dari pendapatan bulanan. Dengan cara ini, kamu dapat membebaskan diri dari beban hutang dan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung.

9. Hindari Barang Mewah

Menghindari godaan untuk membeli barang-barang mewah atau tidak penting sangat penting agar menabung berjalan dengan efektif. Fokuslah pada kebutuhan yang benar-benar penting dan prioritaskan pengeluaran kamu pada hal tersebut. 

Barang mewah biasanya memiliki harga yang mahal. Jika kamu membelinya, kemungkinan uang yang diperuntukkan untuk menabung akan terpakai. Selain itu, tidak menutup kemungkinan uang yang sudah kamu tabung pun akan ikut terpakai juga untuk membeli barang mewah tersebut.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat anggaran bulanan yang jelas dan tetapkan batas untuk pengeluaran non-penting. Dengan mengurangi pengeluaran di bidang-bidang yang tidak penting, Kamu dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk menabung.

10. Konsisten

Konsistensi merupakan kunci utama dalam cara menabung di rumah. Buatlah rencana menabung yang realistis dan patuhi rencana tersebut secara konsisten. Tetapkan jumlah yang akan kamu tabung setiap bulannya dan jadwalkan penyetoran secara otomatis jika memungkinkan. 

Penting untuk tetap disiplin dan tidak mengubah rencana menabung meskipun ada godaan untuk menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain. Dengan konsistensi, kamu akan melihat hasil tabungan yang bertumbuh dari waktu ke waktu.

11. Mencari Tambahan Passive Income

Selain menabung di rekening tabungan, cara menabung di rumah lainnya yang bisa kamu coba adalah menambah penghasilan melalui passive income. Caranya mudah, kamu bisa mulai belajar untuk menginvestasikan sebagian dari penghasilan yang kamu miliki. Investasi dapat membantu uang kamu tumbuh lebih cepat daripada hanya disimpan di rekening tabungan. 

Investasi atau pendanaan dapat memberikan potensi pengembalian yang lebih tinggi daripada menabung di rekening tabungan biasa. Namun, perlu diingat bahwa investasi juga memiliki risiko. Jadi, pastikan untuk memilih platform pendanaan yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan kamu.

Jika kamu tertarik untuk mendapat passive income, salah satu platform pendanaan yang bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapat pendapatan pasif adalah Amartha. Kamu bisa modalin pengusaha mikro di seluruh Indonesia melalui microfinance marketplace Amartha. Selain mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun hanya dengan modalin Rp 100.000, kamu juga sekaligus turut membantu dukung ekonomi UMKM desa!

Tunggu apalagi, ayo download dan mulai pendanaan berdampak kamu!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

cara menabung di rumah

11 Cara Menabung di Rumah yang Paling Efektif

Gaya Hidup

5 Alasan Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Keuangan

Solusi Untuk Kamu Yang Sulit Menabung

Keuangan

4 Cara Paling Simpel Mengajarkan Investasi Pada Anak

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png