icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Ini Pelajaran Finansial di Film Confession of a Shopaholic
icon-lang
icon-lang

Ini Pelajaran Finansial di Film Confession of a Shopaholic

By Team Amartha Blog - 31 Oct 2019 - 3 min membaca

Pernahkah Anda menonton film atau membaca novel Confession of a Shopaholic karya Sophie Kinsella? Film ini menceritakan tentang seorang perempuan yang bernama Rebecca Bloomwood. Dia mengalami kecanduan untuk berbelanja. Meskipun film itu dikemas dengan genre romantis-komedi, ternyata ada banyak pelajaran mengenai finansial yang dapat kita pelajari. Apa saja?

Hindari Impulsif Buying

Impulsif buying adalah salah satu kelemahan dari Rebecca Bloomwood. Dia mengorbankan seluruh rekening banknya untuk membeli pakaian. Padahal, lemari pakaiannya sudah penuh. Bahkan, sebagaian besar pakaiannya tidak terpakai. Dari hal itu, kita dapat mempelajari bahwa ada baiknya Anda berpikir terlebih dahulu sebelum membeli pakaian atau barang. Bisa saja, barang itu tidak berguna. Tanyakan beberapa pertanyaan pada Anda seperti, Apakah saya akan menggunakan barang tersebut lebih dari sekali? Apakah pembelian ini akan cocok dengan saya? Atau, Apakah barang ini cocok dipadukan dengan barang lainnya? Lalu bagaimana dengan pembelian online yang saat ini sedang tren? Cara termudahnya adalah dengan berhenti berlangganan dari email mereka. Selain itu, sediakan uang tunai, dan periksa juga suasana hati sebelum berbelanja.

Ubah Tempat Berbelanja

Mencari lokasi berbelanja sesungguhnya bisa menghemat keuangan Anda. Anda dapat membeli barang bekas yang masih layak pakai. Bahkan barang-barang milik pribadi yang tidak terpakai bisa dijual di pasar atau situs jual-beli barang bekas lho.  Ada keuntungan dengan membeli barang bekas seperti mendapatkan barang dari desainer terkenal atau barang langka dengan harga yang sangat murah. Menguntungkan, bukan?

Mencari Kerja Sampingan

Manfaatkan waktu luang Anda dengan mencari pekerjaan sampingan. Keuntungan mencari pekerjaan sampingan selain menghasilkan uang adalah dapat mengasah keterampilan dan mendapatkan pengalaman untuk peluang karir di masa depan.  Mari ingat  enggak cita-cita Rebecca di film ini yang ingin bekerja di majalah fashion Alette? Dia sempat ditolak majalah itu, tetapi diterima di majalah Successful Savings yang fokus membahas seputar keuangan. Jadi jangan pernah menyerah untuk menggapai cita-cita ya?

Artikel Terkait

embedded finance

Embedded Finance: Pengertian, Konsep, Manfaat, dan Kondisi di Indonesia

cara investasi di usia muda

5 Cara Investasi di Usia Muda yang Aman dan Menguntungkan

Keuangan
passive income 2023

Intip Peluang Raih Passive Income 2023 Bersama Amartha

Tentang Amartha

Compounding Effect: Pahami Pentingnya dan Contoh Untuk Tingkatkan Return Investasi

Tentang Amartha

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png