icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 12 Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Mengesankan
icon-lang
icon-lang

12 Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Mengesankan

By Tim Blog Amartha - 2 Apr 2024 - 3 min membaca

Mengirim hampers lebaran unik untuk keluarga dan teman masih menjadi tradisi menyambut Idul Fitri hingga kini. Setiap tahun, jenis hampers yang dikirim pun tidak begitu berbeda jauh. Namun, sebenarnya terdapat banyak sekali ide unik yang bisa membuat hampers lebih berkesan. 

Tidak hanya kue kering saja yang bisa menjadi hampers lebaran. Terdapat barang-barang lain seperti lilin aroma terapi, pakaian muslim, hingga skincare. Untuk mengetahui apa saja barang unik yang bisa kamu jadikan hampers berkesan dan bermanfaat, simak artikel ini hingga akhir!

Daftar Rekomendasi Hampers Lebaran Unik, Bermanfaat, dan Mengesankan

Kamu bisa menjadikan Idul Fitri tahun ini berkesan melalui hampers yang unik namun tetap bermanfaat. 12 rekomendasi di bawah ini menjadi ide yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Lilin Aroma Terapi

Aromatherapy Candles

Bukan sekadar lilin, jenis barang yang satu ini akan mengeluarkan aroma menenangkan ketika dinyalakan. Terdapat beragam jenis aroma yang tersedia. Kamu bisa memilih yang akan disukai oleh semua orang jika ingin mengirim ke banyak penerima sekaligus.

Misalnya, aroma vanilla, melati, lavender, dan aroma mawar. Selain unik, lilin aroma terapi ini pun juga bermanfaat ketika mati listrik. Sebab, bisa dimanfaatkan untuk sumber penerangan. 

2. Busana Muslim

Ide unik hampers lebaran unik berikutnya yang bisa kamu terapkan yakni hampers busana muslim. Mengingat kebiasaan Idul Fitri di Indonesia umumnya mengenakan pakaian muslim terbaru. Jadi, jenis hampers ini sudah pasti bermanfaat. Terlebih jika ukurannya pas dan nyaman digunakan. 

Maka dari itu, kamu butuh persiapan yang matang bila ingin mengirim hampers ini. Alternatifnya, hampers busana muslim bisa kamu hadiahkan untuk orang-orang terdekat. Menanyakan ukuran pakaian mereka pun akan lebih mudah. Contoh busana muslim untuk hampers adalah gamis untuk perempuan dan busana tawb untuk laki-laki.

3. Skincare/Body Care

bodycare

Memberikan skincare atau body care juga menjadi hampers lebaran unik yang bisa kamu coba. Barang ini akan bermanfaat bagi penerimanya, terutama bila cocok dengan tipe kulit mereka. 

Untuk jenis skincare, kamu bisa memberi jenis yang netral saja seperti pelembab, sunscreen, serta toner. Jenis skincare tersebut biasanya dapat dipakai pada seluruh tipe kulit, dari kulit normal hingga kulit kering.

Sementara itu, body care yang cocok sebagai hampers di antaranya adalah body wash, sampo, conditioner, serta hand body. Agar lebih spesial, kamu bisa memesan custom kemasan produk tersebut dengan nama masing-masing penerima atau nama brand bisnis jika kamu seorang pengusaha.

4. Parfum 

Sunah saat melakukan salat ied ketika Idul Fitri salah satunya adalah memakai wewangian terbaik. Parfum adalah hadiah yang menyentuh sisi emosional seseorang. Memberi parfum menunjukkan kamu memperhatikan penerima dan memikirkan apa yang mungkin mereka sukai. Dengan kemasan dan keharuman yang cantik, parfum menandakan bahwa si penerima begitu istimewa dan berharga. Oleh karena itu, menghadiahkan bingkisan berisi parfum tidak hanya unik, namun juga bermanfaat bagi penerimanya.

Kamu bisa memilih parfum yang memiliki aroma netral, sehingga bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan karena tidak terikat stereotip parfum pada umumnya. Contoh aroma parfum uniseks mulai dari aroma buah, bunga, rempah-rempah, hingga aroma kayu. 

5. Perangkat Ibadah

Selanjutnya, kamu bisa memberi hampers lebaran unik dalam bentuk perangkat ibadah. Perlengkapan seperti sajadah, mukena, peci, sarung, Al-Qur’an, serta tasbih bisa kamu kombinasikan sebagai satu set hampers. Isinya yang lengkap akan bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga. 

Baca Juga: 6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

6. Peralatan Masak

cooking set

Merayakan Idul Fitri juga identik dengan masak-masak makanan khas seperti opor dan rendang. Kamu bisa mendukung kebiasaan tersebut dengan memberikan satu set peralatan masak. Misalnya, teflon, panci, hingga spatula. 

Kerabat dan kolega yang hobi masak akan dengan senang hati menerima hampers satu ini. Kamu bisa mempercantik hampers dengan memilih tone warna senada pada setiap alat masak. Jadi, hampers pun terlihat lebih menarik dan berkesan.

7. Lauk Khas Lebaran

Bila sebelumnya peralatan masak bisa dijadikan hampers lebaran unik, lauk khas lebaran pun tidak kalah menarik. Khususnya bila kamu memiliki usaha catering atau memang hobi memasak. Melalui hampers ini, kamu menyuguhkan perasaan tulus kepada mereka yang menerimanya.

Sebab, kamu menggunakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk memasak lauk khas lebaran tersebut. Rendang, opor ayam, sambal goreng, hingga ketupat bisa menjadi ide perpaduan lauk yang menarik untuk hampers. 

8. Set Alat Makan

Kamu dapat memberikan set alat makan sebagai hampers yang bermanfaat untuk sanak saudara. Pilih set alat makan dengan tema tertentu. Misalnya, set alat makan keramik, kayu, atau set alat makan minimalis. 

Tidak hanya sendok dan garpu, kamu juga bisa memasukkan sumpit, serbet, piring, hingga gelas ke dalam hampers set alat makan.

9. Suplemen Kesehatan

suplemen

Suplemen kesehatan merupakan ide hampers berikutnya yang tidak kalah unik dan bermanfaat. Ini mengingat konsumsi suplemen kesehatan belum menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan. Jadi, kamu dapat sekaligus mengajak keluarga dan teman untuk lebih menjaga kesehatan.

Suplemen herbal dengan segudang manfaat hingga jamu instan dapat menjadi opsi yang menarik. Kamu pun bisa menambahkan madu sebagai komplemen hampers suplemen kesehatan.

10. Set Kopi/Teh

Hampers lebaran unik satu ini akan sangat disukai oleh penggemar kopi dan teh. Set ini dapat berisi kopi atau teh instan serta cangkir dan piring kecil. Bila ingin bertema modern dan minimalis, cangkir dapat kamu ganti dengan tumbler

Untuk set kopi, kamu bisa membeli kopi dari roastery lokal yang lebih ekonomis. Pilih biji kopi arabika atau robusta yang populer dan diminati karena rasanya yang khas. 

Sementara itu, hampers satu set teh bisa menggunakan jenis teh lokal dari Jawa atau teh mancanegara. Terutama teh lokal Jawa yang kini mulai sulit kamu temui di supermarket. Kemasan teh tersebut pun umumnya terbuat dari besek tradisional. Jadi, hampers lebih berkesan dan unik.

11. Kit Mudik

Menyiapkan perlengkapan mudik dalam bentuk hampers juga unik namun sangat bermanfaat. Terutama bagi yang pulang ke kampung halamannya. Kamu bisa memasukkan sajadah dan mukena travel size, kotak P3K, hingga bantal leher ke dalam hampers kit mudik.

12. Toples Kue Kering

toples

Ide hampers lebaran ini cukup menarik dan bermanfaat. Memberi toples kue kering tanpa isinya sebagai hampers terdengar menyenangkan untuk dilakukan. Toples pun pasti terpakai untuk menyajikan kue kering yang telah disiapkan penerima hampers. 

Kamu tinggal memilih jenis toples yang berkualitas dengan desain menarik. Jadi, hampers akan meninggalkan kesan baik bagi penerimanya.

Dua belas ide hampers lebaran unik tersebut semoga menjadi referensi menarik untuk kamu pertimbangkan. Memberi hampers tidak hanya perihal material saja, tetapi juga menyampaikan niat tulus untuk menjalin tali silaturahmi. 

Bagi kamu yang ingin lebih optimal dalam memberikan hampers, pastikan modal yang tersedia cukup. Menambah modal membeli hampers kini bisa kamu dapatkan dari passive income melalui pendanaan di microfinance marketplace.

Cuma dengan modalin Rp100.000 aja, kamu bisa mendapat imbal hasil sebagai passive income hingga 15% flat per tahun.  Kamu bisa memulai hanya dengan Rp100 ribu saja. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download dan mulai mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

perbedaan hampers dan parcel

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Hampers dan Parcel

Tips Bisnis
Apa Itu Hampers

Apa Itu Hampers? Ini Arti, Jenis, dan Trennya

Gaya Hidup
hampers lebaran

12 Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Mengesankan

Gaya Hidup
ide hampers natal

8 Ide Hampers Natal Kekinian dan Mewah

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png