icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 8 Cara Menabung untuk Beli Rumah di Usia Muda yang Efektif
icon-lang
icon-lang

8 Cara Menabung untuk Beli Rumah di Usia Muda yang Efektif

By Tim Blog Amartha - 12 Jun 2024 - 3 min membaca

Memiliki rumah sendiri tentunya merupakan impian bagi semua orang. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menabung. Namun, cara menabung untuk beli rumah ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, uang tersebut seringkali gagal terkumpul sehingga target tabungan tidak kunjung tercapai.

Sebenarnya, menabung rumah bukan sebuah hal yang sulit. Kamu hanya perlu konsisten dengan komitmen tersebut meskipun butuh waktu yang cukup panjang. Nah, agar tabunganmu lekas terkumpul, cobalah beberapa tips berikut!

Cara Efektif Menabung untuk Beli Rumah

Menabung adalah salah satu langkah penting dalam mengelola keuangan untuk mencapai tujuan tertentu di masa depan, termasuk memiliki rumah pribadi. Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba agar proses menabung lebih efektif:

1. Buka Rekening Terpisah

Menyimpan uang tabungan dalam rekening terpisah merupakan langkah penting pada cara menabung untuk beli rumah. Dengan memiliki rekening terpisah khusus untuk tabungan rumah, kamu dapat dengan mudah memantau dan memisahkan dana yang disisihkan untuk tabungan dari uang untuk keperluan sehari-hari. 

Selain itu, rekening yang terpisah juga dapat meningkatkan disiplin finansial karena kamu tahu jika dana pada rekening tersebut tidak boleh digunakan untuk kebutuhan lain. Dengan begitu, tujuan kamu untuk segera memiliki tabungan rumah akan segera tercapai.

2. Tentukan Target Anggaran yang Masuk Akal

Memiliki rumah impian tentunya merupakan hal yang wajar. Namun, kamu tetap harus realistis dengan jumlah tabungan yang bisa dikumpulkan. Sesuaikan anggaran tersebut dengan gaji dan pengeluaran wajib kamu setiap bulannya.

Pastikan agar memprioritaskan kebutuhan penting seperti tagihan dan utang. Selanjutnya, baru alokasikan sebagian dari pendapatan, untuk tabungan rumah. Dengan cara menabung untuk beli rumah ini, kamu tidak akan merasa terbebani dengan kegiatan menabung itu sendiri dan kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi.

3. Sisihkan Gaji di Awal Bulan

Salah satu cara terbaik untuk memastikan kamu konsisten menabung rumah adalah dengan menyisihkan sebagian gaji di awal bulan. Saat kamu menerima gaji, langsung alokasikan sebagian untuk tabungan rumah sebelum kamu menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain. Metode ini dikenal sebagai 'pay yourself first'. 

Misalnya, kamu bisa menyisihkan 20% dari gaji bulanan untuk tabungan rumah. Dengan cara ini, kamu tidak akan merasa terbebani karena sudah terbiasa menyisihkan uang di awal bulan.

4. Hemat Pengeluaran Tidak Perlu

Langkah ini mungkin menjadi hal yang paling menantang, tetapi sangat penting dalam proses menabung. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mengevaluasi kebiasaan belanja kamu. 

Apakah kamu sering membeli kopi di kafe? Mungkin kamu bisa mulai membuat kopi sendiri di rumah. Atau mungkin kamu sering membeli barang yang kurang diperlukan, cobalah mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Setiap penghematan kecil yang dilakukan dapat berdampak besar jika dikerjakan secara konsisten. 

Baca Juga: 11 Cara Menabung di Rumah yang Paling Efektif

5. Catat Biaya Belanja Harian

Cara menabung untuk beli rumah berikutnya yang tidak kalah penting yaitu mencatat semua biaya belanja harian. Dengan mencatat pengeluaran harian, kamu bisa melihat dengan jelas ke mana saja uangmu pergi. 

Mulailah dengan membuat daftar semua pengeluaran, mulai dari belanja makanan, transportasi, hingga biaya kecil seperti membeli kopi atau jajan. Kamu bisa menggunakan aplikasi pencatat keuangan di ponselmu atau buku catatan sederhana. 

Setelah beberapa minggu, evaluasi pengeluaranmu dan cari tahu di mana kamu bisa mengurangi biaya. Misalnya, jika kamu sering makan di luar, cobalah untuk memasak sendiri di rumah. 

6. Cari Penghasilan Tambahan

Selain mengatur pengeluaran, mencari penghasilan tambahan juga bisa sangat membantu dalam mencapai tujuan menabung untuk rumah. Kamu bisa memanfaatkan keterampilan atau hobi yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Misalnya, jika kamu pandai membuat kue, cobalah menjualnya secara online. Atau jika kamu memiliki kemampuan desain grafis, kamu bisa mencoba proyek-proyek freelance. Penghasilan tambahan ini bisa langsung kamu masukkan ke tabungan rumah, sehingga dana yang terkumpul akan semakin cepat bertambah.

7. Evaluasi Cara Menabung

Kunci utama untuk mencapai tujuan finansial adalah menabung secara disiplin. Oleh karena itu, Anda perlu mengevaluasi cara menabung yang sudah dilakukan. Apakah kamu menabung secara rutin setiap bulan? Apakah jumlah yang ditabung sudah cukup? 

Selain itu, evaluasi juga apakah cara menabung yang kamu lakukan sudah efektif atau belum. Bila dirasa metodenya masih belum tepat, kamu bisa mencoba cara menabung untuk beli rumah yang lain.

8. Tambah Keuntungan Menabung dengan Investasi

Menabung di rekening tabungan saja mungkin tidak cukup cepat untuk mencapai target membeli rumah, terutama jika harga rumah terus meningkat. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk mengalokasikan sebagian tabunganmu ke dalam investasi yang lebih menguntungkan.

Investasi dapat memberikan keuntungan dari dana yang sudah kamu simpan. Jadi, uang tersebut tidak akan habis tergerus oleh inflasi. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risikomu. 

Estimasi Menabung Rumah dengan Gaji UMR

Memiliki gaji UMR atau di bawahnya, seringkali memberikan dilema tersendiri saat ingin mencoba cara menabung untuk beli rumah. Namun, dengan cara yang tepat kamu tetap bisa punya rumah pribadi walaupun hanya dengan gaji UMR.

Untuk estimasi besaran dana yang dapat ditabung, kamu bisa menggunakan rumus 40%, 30%, 20%, dan 10%. Cara ini cukup efektif untuk membantu mengatur pengeluaran agar lebih terkontrol. 

40% bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk membayar cicilan, 20% untuk ditabung, dan 10% untuk memenuhi keinginan kamu seperti memenuhi hobi atau yang lainnya.

Dengan rumus di atas, anggap saja kamu memiliki gaji UMR Jakarta, yaitu Rp5.000.000. Bila ingin mengalokasikan sebanyak 20% untuk tabungan rumah, berarti kamu harus menyisihkan sebanyak Rp1.000.000 setiap bulannya. 

Selanjutnya, kamu bisa memilih tipe rumah yang paling cocok dengan nominal tabungan tersebut. Misalnya, kamu ingin membeli rumah tipe sederhana dengan harga sekitar Rp300 juta. Maka, kamu butuh waktu 300 bulan atau sekitar 25 tahun untuk mencapai nominal tersebut. 

Namun, jika ingin lebih cepat memiliki rumah kamu dapat memilih KPR yang menawarkan DP terjangkau sesuai kapasitas gajimu. Misalnya, kamu memilih KPR subsidi dengan DP Rp15.000.000. Kamu butuh waktu 15 bulan untuk mencapai tarif DP tersebut. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan cicilan rumah sambil menempati rumah tersebut.

Namun, sebagai informasi saat ini angsuran bulanan KPR biasanya lebih dari Rp1 juta setiap bulannya. Jadi, perhitungan di atas dapat kamu sesuaikan kembali dengan total tabungan dan cicilan yang mungkin dapat kamu tanggung.

Demikian cara menabung untuk beli rumah yang dapat kamu coba. Untuk memaksimalkan tabungan tersebut, dianjurkan untuk mencari sumber penghasilan tambahan atau mengalokasikan dana tersebut pada investasi untuk mendapatkan passive income.

Salah satu platform pendanaan yang bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapat pendapatan pasif adalah Amartha. Hanya dengan modalin Rp 100.00, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun yang hasilnya bisa kamu gunakan untuk mencicil kpr.

Tunggu apalagi, ayo download dan mulai pendanaan berdampak kamu!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Cara Menabung untuk Beli Rumah

8 Cara Menabung untuk Beli Rumah di Usia Muda yang Efektif

Gaya Hidup

6 Cara Nabung Buat Beli Rumah, Milenial dan Gen Z Wajib Tahu

Cobain Cara Menabung Unik Ini Biar Lebih Hemat!

Keuangan

Ini Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan. Dijamin Berhasil!

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png