icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 9 Tips Bisnis Sayuran Menguntungkan untuk Pemula
icon-lang
icon-lang

9 Tips Bisnis Sayuran Menguntungkan untuk Pemula

By Tim Blog Amartha - 25 Mar 2024 - 3 min membaca

Sayuran adalah jenis bahan makanan yang dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi harian. Maka dari itu, bisnis sayuran pun bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk kamu. Bisnis ini bahkan bisa dijalankan oleh pemula, jika tahu berbagai tips dan strateginya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sayuran juga merupakan bahan makanan  yang diperlukan untuk para pedagang makanan. Jadi, mari simak berbagai tips untuk memulai dan menjalankan bisnis yang satu ini, lalu pastikan kamu memiliki modal untuk memulainya!

Alasan Bisnis Sayuran Menjadi Peluang Usaha yang Menguntungkan

Bisnis ini digadang sebagai salah satu usaha menguntungkan tentu saja bukan tanpa alasan. Inilah berbagai hal yang menjadi alasan mengapa bisnis menjual sayuran ini dapat menjadi peluang untukmu:

  1. Karena merupakan bahan makanan yang kaya akan serat dan nutrisi, maka kebutuhan sayuran pun cukup tinggi di Indonesia.
  2. Gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang sehat, semakin menjadi tren belakangan ini. Faktor ini menjadi aspek penting yang mendorong banyak orang semakin rutin mengkonsumsi  sayuran.
  3. Tanah di Indonesia cukup subuh, sehingga ada banyak pilihan sayur yang dapat diperdagangkan.
  4. Dapat dijual secara eceran, khususnya untuk kebutuhan rumah tangga. Namun, bisa juga dijual dalam skala besar, misalnya untuk kebutuhan bisnis atau pedagang makanan.
  5. Bisnis dapat dilakukan di berbagai lokasi, baik di desa maupun di kota.
  6. Dapat dilakukan dengan berbagai jenis metode, misalnya berjualan keliling, dijual di rumah, dijual di pasar, hingga melakukan penjualan secara online.
  7. Dapat dimulai dengan skala yang kecil atau menyesuaikan modal yang dimiliki.
  8. Tidak diperlukan keahlian khusus, selama kamu bisa teliti, tekun, dan tetap semangat untuk menjalankan usaha.

Tips Sukses dan Strategi Bisnis Sayuran

Berbagai alasan di atas bisa menjadi motivasi untuk kamu supaya semakin semangat untuk memulai usaha yang satu ini. Untuk mendukung semangat tersebut, berikut adalah berbagai tips dan strategi bisnis yang dapat kamu pakai untuk berjualan sayuran.

1. Lakukan Riset Pasar

Strategi pertama yang perlu kamu lakukan yaitu riset pasar. Kamu perlu tahu sebesar apa peluang bisnis ini untuk kamu manfaatkan. Lalu, kamu juga sebaiknya mencari tahu jenis sayuran apa saja yang sekiranya punya potensi tinggi untuk laku terjual.

2. Tentukan Lokasi dan Metode Penjualan

Selanjutnya, kamu perlu menentukan lokasi serta metode penjualan. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ada berbagai metode yang bisa kamu lakukan jika ingin menjual sayuran. Kamu bisa berjualan keliling, dijual di rumah atau menyewa kios toko, dijual di pasar, hingga hanya melayani penjualan secara online.

Lokasi penjualan juga perlu diperhatikan, hal ini berkaitan dengan target pasar yang diharapkan. Misalnya, akan lebih efektif jika kamu berjualan di lokasi yang dekat dengan keramaian dan mudah diakses.

3. Tentukan Penyuplai Berkualitas

Jika ingin menjalankan bisnis sayuran, maka tentu saja kamu perlu mencari penyuplai sayuran yang akan dijual. Pilihlah penyuplai yang bisa menyediakan berbagai sayuran yang kamu butuhkan. Lalu, jangan lupa perhatikan dan pastikan bahwa sayuran tersebut berkualitas.

Kamu bisa mencari penyuplai dari berbagai pihak, misalnya langsung dari petani atau membeli dari grosir sayuran.

4. Lakukan Pengecekan Rutin

Kualitas dari setiap sayuran perlu dipastikan dan dicek secara rutin. Jadi, pastikan bahwa pihak penyuplai telah memberikan sayuran yang berkualitas. Sebaiknya, setiap barang sampai, kamu mengeceknya dan memastikan bahwa buah masih segar.

5. Pahami Strategi Pemasaran

Tips dan strategi bisnis tentu saja tidak akan lepas dari strategi pemasaran. Jangan sampai kamu hanya berkutat pada suplai dan lokasi, lalu melupakan tentang hal ini.

Kamu perlu mengatur strategi pemasaran untuk bisnis sayuran yang akan dijalankan. Misalnya, jika kamu membuka toko sayur, maka kamu bisa memasang iklan melalui reklame. Lalu, jika kamu menjual sayur secara online, kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis media sosial.

Baca Juga: 10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

6. Perhatikan Kemasan dan Penataan Sayuran

Tips selanjutnya yaitu kamu perlu memastikan bahwa sayuran yang dijual telah ditata dan dikemas dengan baik, bersih, dan rapi.

Dengan penataan yang tampak rapi dan bersih, maka calon konsumen dapat lebih yakin untuk membeli di tempatmu. Untuk lebih menarik, kamu bisa menatanya dengan model supermarket.

Kemasan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, jangan sampai pelanggan kecewa karena sayuran dikemas secara asal-asalan.

7. Pastikan Kebersihan dan Kerapian Lapak Sayuran

Selain kemasan dan penataan, perhatikan juga kebersihan dan kerapian dari lapak atau tempat berjualan. Bersihkan secara rutin, supaya tempat tidak bau dan tidak membuat sayuran menjadi mudah rusak.

8. Beri Layanan Terbaik

Bisnis sayuran dapat berjalan dengan lebih optimal jika kamu memberikan pelayanan terbaik. Jadi, bersikaplah ramah kepada pelanggan, supaya mereka nyaman dan akan datang lagi di kemudian hari.

Selain itu, jika pelanggan membutuhkan bantuan, misalnya dalam memilih jenis sayuran, berikan bantuan dan layanan terbaikmu.

9. Beri Tawaran Harga yang Kompetitif

Tips selanjutnya berkaitan dengan harga jual dari setiap jenis sayuran. Jika memungkinkan, berikan harga yang kompetitif supaya pelanggan semakin nyaman belanja di tempatmu. Namun, perlu dipastikan juga bahwa jangan sampai kamu memberikan harga yang membuatmu rugi.

Keuntungan Menggunakan Pinjaman Kelompok Amartha

Jika sudah membaca berbagai penjelasan di atas, maka kini kamu tentunya lebih terbayang tentang peluang bisnis yang satu ini. Dengan tips dan strategi yang sudah dipaparkan, kamu juga bisa mendapat referensi yang membuatmu semakin siap memulai bisnis.

Jadi bagaimana, apakah kamu mulai tertarik dengan bisnis menjual beraneka sayuran segar ini? Jika iya, apakah masih ada kendala yang terlintas di pikiranmu, terutama soal modal awal?

Bicara tentang modal, setiap usaha tentu saja membutuhkan modal. Ada berbagai cara untuk mencari modal, salah satu alternatif yang cocok untukmu yakni menggunakan pinjaman kelompok dari Amartha.

Dengan pinjaman ini, maka kamu bisa dapatkan modal usaha untuk dipakai secara produktif. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pendampingan UMKM, sehingga perjalanan bisnismu dapat menjadi lebih lancar dan terkendali.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan pinjaman kelompok ini, yaitu sebagai berikut:

1. Pengajuan pinjaman mudah

2. Pengajuan dilakukan secara berkelompok, dengan risiko yang sudah terukur

3. Pencairan dana dapat diproses dengan cepat, serta tidak ada potongan untuk biaya administrasi.

4. Akan mendapat pendampingan bekala untuk UMKM, dengan layanan yang amanah dan ramah untukmu

Wah, ternyata cukup banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari pinjaman kelompok ini. Untuk proses pinjaman modal usaha, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah berikut:

1. Membentuk kelompok dengan jumlah 15 sampai 25 orang yang memiliki domisili berdekatan.

2. Melakukan pendaftaran profil usaha, supaya nantinya bisa melakukan proses verifikasi. Lalu, setiap calon mitra diberikan skor kredit dan angka atau jumlah pinjaman yang telah disetujui.

3. Melakukan akad kredit antara mitra dengan petugas dari Amartha untuk proses pencairan dana, sesuai dengan jumlah pinjaman yang disepakati.

4. Melakukan pertemuan kelompok mingguan yang telah difasilitasi oleh Amartha. Ini dilakukan sepanjang masa peminjaman modal usaha.

Mau dapat keuntungan lebih besar? Kamu juga bisa menjadi agen Amartha, loh. Segera dapatkan berbagai informasi lebih lanjut di sini dan maksimalkan usaha ternak yang menjanjikan.

Bagaimana? Mudah, bukan? Jangan tunda lagi, segera daftarkan dirimu untuk menjadi mitra Amartha sekarang!

Artikel Terkait

bisnis sayuran

9 Tips Bisnis Sayuran Menguntungkan untuk Pemula

Tips Bisnis
ide usaha di kampung

20 Ide Usaha di Kampung Modal Kecil Beserta Keuntungannya

Tips Bisnis

5 Tips Bisnis Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran

Tips Bisnis

4 Tantangan dalam Bisnis dan Tips Menghadapinya

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png