icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / 7 Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot Pekerja, Siap-Siap!
icon-lang
icon-lang

7 Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot Pekerja, Siap-Siap!

By Team Amartha Blog - 29 Dec 2022 - 3 min membaca

Era 4.0 ini diperkirakan akan banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot pekerja. Manusia akan berdampingan dengan berbagai jenis robot yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Seperti misalnya Lucy dan Mary, robot yang berprofesi sebagai pelayan di Rong Heng Seafood Restaurant. Pemiliknya yang bernama Zhang Zhinong, menyatakan bahwa ia terinspirasi dari restoran-restoran di China yang sudah mulai menggunakan teknologi robot untuk melakukan pelayanan. 

7 Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot Pekerja

Saat ini lapangan pekerjaan semakin luas dan perusahaan akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Salah satu cara perusahaan untuk mempercepat kegiatan operasionalnya adalah menggunakan mesin dan robot karena dinilai lebih efektif.

Contoh robot yang dekat dengan kegiatan sehari-hari kita, seperti Google Assistant juga bisa dimanfaatkan untuk membantu berbagai hal. Bahkan Bill Gates juga memberikan prediksi bahwa robot akan mengambil alih pekerjaan manusia dalam 30 tahun ke depan. Karena kamu sudah penasaran, yuk simak apa saja pekerjaan yang akan digantikan oleh robot:

1. Teller Bank

Mobile Banking dan Internet Banking menjadi awal dimana robot akan menjadi pekerja dalam industri perbankan. Jika dulu kamu di ATM hanya bisa melakukan tarik tunai, saat ini kamu juga bisa melakukan setor tunai di mesin ATM. Tentu saja nantinya robot pekerja akan menjadi pegawai utama di setiap kantor perbankan untuk memberikan pelayanan kepada nasabah. 

2. Operator Telepon, Customer Service dan Resepsionis

Kamu pasti sudah sering menemukan chatbots,  sebagai salah satu contoh robot pengganti pekerjaan manusia. Saat ini operator telepon bisa digantikan oleh robot. Segala pertanyaan dan keluhan pelanggan bisa dijawab oleh robot dengan kecerdasan Artificial Intelligence (AI).  

3. Pekerja Pabrik

Tidak bisa dipungkiri juga perusahaan akan berinvestasi dengan menggunakan robot dalam memproduksi barang lebih cepat dalam jumlah banyak. Selain itu robot dengan kecerdasan AI saat ini juga bisa menggantikan teknisi yang bekerja di pabrik.

4. Sopir Kendaraan

Seperti ketika mobil listrik Tesla ketika pertama kali diluncurkan dan terdapat fitur auto drive atau self-driving juga bisa disebut kemudi otomatis. Nantinya kendaraan umum seperti bus, taksi bahkan truk akan dikendalikan oleh robot dan bukan lagi manusia. 

Baca Juga: 5 Robot Masa Depan yang Akan Menguasai Dunia Kerja 

5. Kasir

Korea Selatan telah menjadi negara yang terkenal dengan kecanggihan yang terdapat di berbagai fasilitas umum disana. Ada banyak toko yang menerapkan sistem self checkout dan tidak mempekerjakan kasir yang dilakukan oleh manusia. Toko atau mall hanya membutuhkan lebih sedikit pekerja untuk mengawasi kegiatan operasional di toko.

6. Akuntan

Kecerdasan buatan atau AI yang diprogram khusus menjalankan masalah keuangan bisa saja menggeser pekerja Akuntan. Tentu saja sudah banyak perusahaan yang mempercayai robot untuk mengatur pajak dan keuangan secara otomatis karena minim error. Teknologi kerja robot yang canggih ini membuat data semakin akurat dalam memindai informasi.

7. Pramusaji atau Waiter

Uniknya di negara China saat ini sudah banyak memanfaatkan robot bekerja untuk menjadi pramusaji di restoran mereka. China yang terkenal dengan berbagai macam makanannya itu bahkan menggunakan mesin bartender untuk melayani pengunjung disana. Tentu saja hal ini bisa menjadi bentuk kebanggaan sekaligus kekhawatiran terhadap robot yang bisa menggeser manusia. Daripada dihantui rasa takut kerjaan akan tergeser dengan robot pekerja, lebih baik kamu mulai berinvestasi di Amartha untuk mendapatkan passive income setiap minggunya.

Mulai investasi dari Rp 100.000 aja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil 15% flat per tahun nya, lho. Tunggu apalagi? Yuk, mulai mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Apa Itu Chat GPT? Simak Pengertian & Cara Menggunakannya

Produk Terbaru Bisnis

7 Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot Pekerja, Siap-Siap!

Produk Terbaru Bisnis

Canggih! 5 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

Produk Terbaru Pendana

Hati hati, Hacker Bisa Tahu Lokasi Pengguna Telegram via Fitur People Nearby

Produk Terbaru Pendana

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png