icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Anti Over Budget! 9 Tips Belanja Bulanan yang Efektif
icon-lang
icon-lang

Anti Over Budget! 9 Tips Belanja Bulanan yang Efektif

By Tim Blog Amartha - 19 Mar 2024 - 3 min membaca

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, belanja bulanan menjadi alternatif yang diterapkan banyak orang. Jika kamu juga melakukannya, seperti apa cara mengatur belanja tersebut?

Apakah aktivitas belanjaan kamu setiap bulan sudah efektif? Atau justru masih dinilai over budget sehingga membutuhkan berbagai tips belanja? Nah, supaya belanja selanjutnya lebih efektif, simak berbagai tips di bawah ini!

Daftar Belanja Bulanan Agar Tidak Melebihi Budget

Supaya tidak membeli berbagai hal secara berlebihan, maka penting untuk menyusun daftar belanja yang sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusunnya, di bawah ini adalah beberapa kategori daftar belanja yang bisa menjadi referensi untuk kamu.

Kebutuhan Makanan dan Minuman

Kebutuhan pertama yang tentunya perlu masuk dalam daftar yaitu terkait makanan dan minuman. Kamu bisa membeli berbagai bahan makanan, misalnya beras, ayam, daging sapi, mie instan, telur, sayur, dan buah. Sesuaikan bahan makanan ini dengan menu andalan atau makanan favorit.

Selain itu, berbagai bumbu dapur dan pelengkap masakan juga sebaiknya dibeli. Misalnya, gula, garam, kecap, saus, lada, minyak, dan sebagainya.

Selanjutnya, untuk minuman, kamu bisa membeli minuman yang memang sering dikonsumsi, misalnya teh atau kopi.

Perlengkapan Kebersihan

Daftar belanja bulanan yang kedua yaitu perlengkapan kebersihan, mulai dari kebersihan diri hingga kebersihan lingkungan.

Kamu perlu membeli berbagai keperluan, misalnya sabun, sikat gigi, pasta gigi, sampo, dan sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan stok di rumah, supaya tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit membelinya.

Selanjutnya, perlengkapan kebersihan lingkungan juga perlu, misalnya sabun cuci piring, deterjen, pewangi, dan sebagainya.

Kebutuhan Elektronik dan Penunjangnya

Berikutnya, penting untuk memasukkan berbagai kebutuhan elektronik ke dalam daftar belanja. Ada berbagai hal yang bisa dimasukkan di sini, misalnya baterai, charger, kabel tertentu, bohlam lampu, dan sebagainya.

Vitamin dan Obat

Sebaiknya, kamu memiliki persediaan vitamin dan obat di rumah. Maka dari itu, kamu bisa memasukkannya ke dalam daftar belanja, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan stok yang masih ada. Misalnya, membeli obat maag, flu, sakit kepala, plester luka, dan vitamin C.

Perlengkapan Bayi (Jika Memiliki Bayi)

Jika kamu memiliki bayi di rumah, maka perlengkapan bayi juga perlu dimasukkan ke dalam daftar belanja supaya tidak lupa dibeli.

Baca Juga: 6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

Tips Hemat Belanja Bulanan

Setelah mengetahui daftar di atas, kini saatnya kamu memahami berbagai tips penting yang bisa dilakukan supaya belanjamu setiap bulannya jadi makin hemat. Simak dan terapkan tips belanja di bawah ini.

1. Buat Catatan Daftar Belanja

Tips pertama yang penting untuk kamu lakukan adalah mencatat daftar belanja. Di bagian sebelumnya, telah direkomendasikan apa saja yang perlu masuk ke dalam daftar belanja. Itu bisa menjadi referensi, lalu silahkan sesuaikan dengan kebutuhanmu sehari-hari.

Sebaiknya, daftar tersebut kamu catat supaya tidak lupa ketika akan mulai berbelanja. Dengan memanfaatkan catatan, kamu bisa terhindar dari lupa membeli barang penting. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apa saja yang memang dibutuhkan, sehingga terhindar dari membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

2. Susun Skala Prioritas

Tips kedua, jangan lupa untuk menyusun skala prioritas. Perlu dipahami bahwa tidak semua hal dalam daftar belanja perlu dibeli sekaligus dalam sekali belanja.

Mungkin saja, ada barang-barang yang bisa dibeli pada minggu kedua atau ketiga, sehingga belanja bulanan tidak dilakukan dalam satu waktu. Dalam hal ini, misalnya bahan-bahan makanan yang punya jangka waktu tertentu untuk penyimpanannya.

Lalu, bisa saja ada barang-barang yang tidak perlu dibeli setiap bulan sekali, sehingga bisa saja dibeli dalam beberapa bulan sekali. Jadi, sebaiknya kamu mengatur skala prioritas dalam daftar belanja.

3. Lakukan Perbandingan Harga

Tips ketiga yaitu membandingkan harga yang ditawarkan di berbagai tempat belanja. Bisa jadi, akan lebih hemat jika kamu tidak belanja di satu tempat sekaligus, melainkan di beberapa tempat tergantung dari harga yang ditawarkan.

Ada beberapa barang yang mungkin lebih murah di tempat tertentu. Jadi, tidak ada salahnya kamu membandingkan harga di berbagai supermarket, pasar, toko kelontong, hingga toko online.

4. Atur Waktu Belanja

Waktu belanja juga merupakan pertimbangan yang sebaiknya kamu perhatikan. Ada berbagai waktu yang biasanya menawarkan harga spesial atau diskon, misalnya di akhir bulan, awal bulan, atau hari besar. Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut jika ingin lebih hemat dalam belanja.

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih waktu yang nyaman untuk belanja. Kamu bisa mengunjungi supermarket di jam tidak ramai untuk menghindari keramaian, misalnya jam 10 atau 11 pagi, sebelum masuk jam istirahat makan siang. Hal ini bisa membuatmu terhindar dari antre panjang di kasir.

Namun, hal ini mungkin akan sulit untuk kamu yang sibuk bekerja pada jam tersebut, sehingga perlu lebih teliti lagi dalam mempertimbangkan waktu belanja yang nyaman.

5. Manfaatkan Diskon, Kupon, Cashback, dan Sejenisnya

Tips selanjutnya, jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai jenis kupon, diskon, cashback, dan sejenisnya. Kamu bisa mencari informasi tentang hal ini dari berbagai sumber, misalnya aplikasi belanja atau media sosial.

Kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat belanja jika ingin lebih optimal dalam memanfaatkan diskon di berbagai tempat. Belanja di toko online yang menawarkan harga menarik pun patut untuk dipertimbangkan, namun jangan lupa perhitungan ongkos kirimnya.

6. Manfaatkan Kartu Supermarket

Berbagai supermarket atau tempat belanja lainnya bisa menawarkan kartu anggota dengan macam-macam keuntungannya. Kamu bisa memanfaatkan kartu ini ketika belanja bulanan supaya mendapatkan keuntungan, misalnya diskon spesial.

7. Hindari Membeli secara Impulsif

Membeli secara impulsif atau impulsive buying adalah sebuah keinginan untuk melakukan pembelian secara tiba-tiba. Biasanya, hal ini dilakukan tanpa pemikiran yang panjang dan matang. Jadi, barang yang dibeli pun belum tentu benar-benar dibutuhkan.

Misalnya, membeli sesuatu karena tampilannya lucu dan menarik, padahal tidak membutuhkan barang tersebut.

Untuk meminimalisir hal ini, catatan daftar belanja bisa sangat membantu, karena bisa mengingatkan kamu tentang apa saja yang memang diperlukan.

8. Memakai Uang Tunai

Saat ini, ada berbagai jenis cara pembayaran yang bisa dilakukan ketika belanja. Namun, memakai uang tunai dapat memberikan kelebihan tersendiri, yakni akan lebih membantumu ketika ingin berhemat. Dengan uang tunai, kamu semakin melihat seberapa banyak dana yang sudah dikeluarkan untuk belanja.

9. Jangan Mudah Tergiur Memakai Dompet Digital

Masih terkait dengan pemakaian uang tunai, tips selanjutnya yaitu jangan mudah tergoda untuk melakukan pembelian dengan dompet digital, kartu kredit, dan kartu debit.

Bisa jadi, meski sudah niat memakai uang tunai, kamu tetap ingin membeli barang lainnya  (di luar daftar belanja) dengan memakai metode lainnya. Sebaiknya, jangan mudah tergoda untuk melakukan pembelian secara impulsif ini.

Itulah berbagai tips yang bisa kamu lakukan jika ingin menghemat belanja kebutuhan setiap bulannya. Berbagai hal memang sebaiknya diperhatikan, supaya keuangan keluarga bisa teratur dengan baik. Jadi bagaimana, apakah sudah semakin terbayang cara mengatur belanja untuk bulan selanjutnya?

Selain penting untuk mengatur belanja bulanan, kamu juga bisa melakukan pendanaan melalui microfinance marketplace Amartha. Ini adalah pendanaan berdampak yang bisa membuatmu turut membantu UMKM dan mewujudkan kesejahteraan yang lebih merata. Dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun cuma dengan modalin Rp100.000 aja.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

Shopaholic

Waspadai Tanda-tanda Shopaholic, dan Ini Cara Mengatasinya!

Gaya Hidup
belanja bulanan

Anti Over Budget! 9 Tips Belanja Bulanan yang Efektif

Keuangan

Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Impulsive Buying?

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png