icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Women Empowerment Adalah: Pengertian dan Arti Pentingnya
icon-lang
icon-lang

Women Empowerment Adalah: Pengertian dan Arti Pentingnya

By Tim Blog Amartha - 22 Mar 2024 - 3 min membaca

Apakah kamu sudah familiar dengan istilah women empowerment atau pemberdayaan perempuan? Pada dasarnya, women empowerment adalah salah satu langkah untuk mendukung perempuan dalam menghadapi berbagai tantangan dan stereotip masyarakat terkait gendernya.

Sama halnya dengan laki-laki, sebenarnya perempuan juga memiliki hak yang sama untuk mengembangkan diri dalam berbagai aspek. Mari simak lebih lanjut tentang women empowerment, mulai dari pengertian, alasan pentingnya, karakteristik, serta cara aktif mendukungnya!

Definisi Women Empowerment

Pemberdayaan perempuan atau women empowerment adalah sebuah gerakan untuk memberikan perempuan untuk mendapatkan berbagai hak, tanpa perlu memandang atau merendahkan gendernya.

Hak tersebut meliputi partisipasi dan kesempatan yang sama untuk sektor pendidikan, ekonomi, politik, dan bermasyarakat. Kaum perempuan juga memiliki pilihan dalam menentukan berbagai pilihan dan mengembangkan potensi besar dalam dirinya.

Ini juga merupakan konsep self love atau mencintai diri sendiri, karena dengan adanya pemberdayaan ini, maka perempuan akan lebih merasa aman untuk menjalankan kehidupan sesuai dengan kehendaknya.

Secara umum, dapat disimpulkan bahwa women empowerment adalah sebuah usaha untuk mencapai kesetaraan gender, karena perempuan juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan.

Alasan Mengapa Women Empowerment Penting

Konsep dan gerakan pemberdayaan perempuan ini sangat penting karena memiliki berbagai manfaat yang mendasar dalam berbagai aspek kehidupan. Jika kamu bertanya bertaya tentang apa saja alasan pentingnya, maka berikut adalah beberapa alasannya.

1. Mengurangi Angka Pengangguran

Dunia kerja seringkali lebih mengutamakan kaum laki-laki dibanding perempuan, terlebih untuk posisi-posisi tertentu yang dianggap lebih penting. Masalah tentang peluang kerja yang dialami perempuan sebenarnya tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara lainnya.

Meski banyak perempuan yang memiliki potensi besar, namun seringkali kesempatannya tidak terlalu banyak. Dengan adanya nilai-nilai pemberdayaan perempuan, maka hal ini bisa diminimalisir. Perempuan akan lebih mudah untuk mendapatkan kesempatan yang setara dengan laki-laki dalam dunia pekerjaan.

2. Membangun Ekonomi Mandiri untuk Perempuan

Jika melihat dari pemikiran tradisional, laki-laki dianggap sebagai tulang punggung keluarga. Namun, jika pemberdayaan perempuan tercapai, maka perempuan pun dapat membangun ekonominya secara mandiri. Jadi, secara finansia, perempuan tidak harus selalu bergantung kepada laki-laki.

3. Potensi Perempuan Lebih Diakui

Manfaat pemberdayaan perempuan yang selanjutnya yaitu untuk mengakui berbagai potensi yang dimiliki kaum perempuan. Dengan adanya pengakuan terhadap potensi tersebut, maka taraf kehidupan kaum perempuan dapat meningkat. Kesempatan mereka untuk mencapai karier yang lebih tinggi pun semakin terbuka.

Lalu, perlu diketahui bahwa ada riset yang menunjukkan bahwa kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak itu menurun dari genetika ibunya.

Maka dari itu, penting bagi kaum perempuan untuk menuntut ilmu dan mengembangkan potensinya secara luas. Dengan begitu, genetika kecerdasan yang diturunkan pun dapat semakin potensial dan menghasilkan generasi selanjutnya yang jauh lebih baik.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

4. Meminimalisir dan Mencegah KDRT

Kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT seringkali terjadi karena salah satu pihak seakan memiliki kuasa yang lebih tinggi dibandingkan pihak lainnya. Sayangnya, perempuan sering menjadi korban dalam hal ini.

Dengan adanya pemberdayaan perempuan dan pentingnya pemahaman tentang kesetaraan gender, maka hal ini dapat diminimalisir.

5. Mengurangi Angka Kemiskinan

Perlu diketahui bahwa women empowerment adalah salah satu gerakan yang bisa mengurangi angka kemiskinan. Dengan adanya kesetaraan dalam kesempatan di dunia kerja, maka hal ini bisa berdampak pada berkurangnya angka pengangguran dan kemiskinan.

Lalu, jika mengingat tentang genetika kecerdasan yang sudah dibahas sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa perempuan dapat memiliki potensi besar untuk menghasilkan generasi penerus yang lebih cerdas. Kualitas sumber daya manusia yang lebih baik akan membuat angka kemiskinan berkurang.

6. Kesetaraan Gender

Kita sudah banyak membahas tentang pentingnya kesetaraan gender pada bagian sebelumnya. Adanya pemberdayaan perempuan memang menjadi hal baik untuk mendukung kesetaraan ini, sehingga perempuan lebih leluasa untuk menunjukkan potensi besarnya.

Karakteristik Perempuan Women Empowerment

Ada berbagai karakteristik perempuan terkait women empowerment. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa women empowerment adalah konsep yang membutuhkan berbagai karakteristik mendasar untuk bisa terciptanya kesetaraan yang ideal, misalnya sebagai berikut.

1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Karakter pertama yaitu memiliki jiwa kepemimpinan. Pada dasarnya, perempuan pun bisa memimpin dalam berbagai lingkup kehidupan, misalnya dalam dunia kerja.

Perempuan juga bisa menyampaikan gaya kepemimpinannya sendiri, tidak harus mengikuti gaya kepemimpinan laki-laki pada umumnya. Misalnya, memiliki gaya kepemimpinan yang lebih menekankan pada aspek motivasi dan inspirasi.

2. Berpengaruh

Perempuan dapat lebih dihargai jika memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek di sekitarnya. Untuk bisa menjadi sosok yang berpengaruh, maka penting bagi kaum perempuan untuk mempunyai keahlian secara profesional sesuai dengan bidang dan potensinya.

3. Memiliki Kemampuan Komunikasi

Ketiga, perempuan perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini menjadi nilai tambah dalam dunia kerja dan kepemimpinan. Misalnya, untuk melakukan berbagai negosiasi atau persuasi.

4. Berkomitmen terhadap Perkembangan dan Inovasi

Selanjutnya, karakter untuk berkomitmen terhadap perkembangan dan inovasi adalah nilai yang sangat penting. Perempuan bisa melakukan berbagai pengembangan dan inovasi dalam berbagai hal, misalnya ketika akan mendirikan usaha sendiri.

Cara Aktif Mendukung Women Empowerment

Women empowerment adalah sebuah gerakan yang memiliki banyak manfaat, sehingga hal ini patut untuk diperjuangkan secara masif dan bersama-sama. Lantas bagaimana cara untuk turut aktif mendukung adanya pemberdayaan ini?

Tenang saja, kamu bisa melakukan berbagai langkah, bahkan bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam aktivitas sehari-hari. Di bawah ini adalah cara aktif mendukung women empowerment:

  1. Tunjukkan kepedulian terhadap perempuan dalam berbagai kesempatan.
  2. Gunakan media sosial dengan nilai-nilai yang mendukung gerakan pemberdayaan perempuan.
  3. Membantu mengusahakan akses pendidikan dan informasi yang lebih mudah untuk perempuan.
  4. Melindungi perempuan terhadap ancaman dan risiko, misalnya dari segi kesehatan, keamanan, dan finansia.
  5. Memberi dukungan terhadap kepemimpinan perempuan, misalnya di lingkungan pekerjaan atau pendidikan.
  6. Mendukung perempuan dalam mencoba dan menjalankan berbagai usaha produktif. Hal ini berlaku untuk berbagai skala, baik skala kecil, skala menengah, hingga skala besar.
  7. Mengusahakan adanya lingkungan yang nyaman bagi para perempuan untuk bebas mengekspresikan dirinya.
  8. Mendukung gerakan atau mengajak berkumpul ke dalam komunitas yang memiliki tujuan untuk memberdayakan perempuan.
  9. Membantu gerakan pemberdayaan perempuan dengan mengasah kemampuan supaya dapat disalurkan dalam berbagai aspek pemberdayaan.

Itulah berbagai langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin mendukung gerakan women empowerment secara aktif. Bagaimana, ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Lalu, jika ingin lebih aktif lagi, maka berbagai langkah dukungan yang lebih serius bisa kamu lakukan.

Pada dasarnya, perempuan butuh ruang yang nyaman untuk bisa berkembang dan berekspresi. Potensi tertingginya pun bisa dicapai jika pemberdayaan ini terlaksana, sehingga para perempuan pun bisa menebarkan manfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Selain langkah di atas, kamu juga bisa turut membantu pemberdayaan perempuan dengan mengikuti investasi pendanaan berdampak dari Amartha, yaitu investasi microfinance marketplace.

Dengan investasi ini, kamu dapat turut membantu UMKM desa, termasuk usaha-usaha produktif yang dijalankan oleh perempuan. Selain itu, sebagaimana investasi pada umumnya, kamu kamu akan mendapatkan imbal hasil.

Mendukung gerakan women empowerment adalah langkah tepat untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Kamu bisa melakukannya bersama Amartha dengan pendanaan berdampak. Amartha sebagai prosperity platform yang berdiri sejak 2010, memiliki misi untuk mendukung pemberdayaan perempuan khususnya yang memiliki usaha UMKM di desanya.  Melalui inovasi dan teknologi, kami bermimpi untuk mewujudkan kesejahteraan merata melalui akses finansial yang inklusif.

Banyaknya pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha, membuat kami tergerak untuk menghubungkan pengusaha mikro terpercaya dan pemberi modal (lender) secara online.

Karena kami percaya, kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro yang dibutuhkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi dan menciptakan kesejahteraan merata.

Amartha telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019. Hingga saat ini, Amartha telah berhasil menghubungkan pendana (lender) dan mitra usaha (borrower) dengan total dana tersalurkan per Maret 2024 sebesar 17,3 triliun rupiah, kepada lebih dari 2,1 juta mitra perempuan pengusaha mikro di lebih dari 42.000 desa. 

Ayo, join langkah berdampak bersama Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

women empowerment adalah

Women Empowerment Adalah: Pengertian dan Arti Pentingnya

Gaya Hidup

Pemberdayaan Perempuan Jadi PR Indonesia Untuk Tingkatkan Kesetaraan Gender

Cerita Mitra

Penghargaan Amartha Atas Pemberdayaan Perempuan di Indonesia

Promo Pendana

Maryah: Dari 1 Kolam jadi 14 Kolam Berkat Amartha

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png